Jun 28

10 STRATEGI PERTUMBUHAN BISNIS KECIL

Statistik menunjukkan bahwa sekitar setengah dari usaha kecil gagal dalam lima tahun pertama dan hanya satu dari tiga yang bertahan dalam 10 tahun terakhir. Sementara statistik ini serius, mereka tidak putus asa. Selalu ada risiko yang terlibat ketika memulai sebuah bisnis, tetapi juga selalu ada cara untuk meningkatkan peluang untuk sukses.
Strategi pertumbuhan bisnis hanya mewakili metode yang Anda gunakan atau tindakan yang Anda ambil untuk mengembangkan bisnis Anda dari satu tahap ke tahap lainnya.
Pertumbuhan bisnis memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda. Sementara beberapa menganggapnya sebagai peningkatan penjualan dan pendapatan, yang lain menafsirkannya sebagai pembukaan lokasi lain atau perluasan pasar.
Tidak peduli bagaimana Anda mendefinisikan pertumbuhan, rencana pertumbuhan bisnis Anda harus didasarkan pada riset pasar. Anda harus mempertimbangkan struktur bisnis Anda, produk atau layanan yang Anda tawarkan, dan audiens target Anda. Anda juga ingin menguraikan tujuan Anda—baik jangka pendek maupun jangka panjang—untuk pertumbuhan bisnis di berbagai tahap; garis waktu untuk mengukur kemajuan; dan strategi pertumbuhan bisnis yang ingin Anda gunakan selama setiap fase.
Strategi pertumbuhan bisnis yang berbeda bekerja pada tahap pertumbuhan yang berbeda, dan setiap strategi pertumbuhan memiliki tingkat risikonya sendiri. Berikut adalah 11 strategi pertumbuhan bisnis yang dapat membantu menyiapkan Anda untuk sukses.

1. Ekspansi Produk
Strategi pertumbuhan ini melibatkan pemasaran produk dan layanan baru di pasar Anda yang ada untuk menangkap pangsa pasar yang lebih besar.
Contoh ekspansi produk meliputi:
• Menciptakan variasi dari produk yang sudah ada; misalnya, perusahaan minuman ringan yang memproduksi minuman ringan utamanya dalam berbagai rasa
• Memperbarui produk yang sudah ada ketika fitur-fiturnya tidak lagi menarik bagi calon pelanggan
• Memperkenalkan lini produk baru ke bisnis Anda
• Bundling layanan Anda ke dalam paket dan tingkatan yang berbeda

2. Pengembangan atau Perluasan Pasar
Untuk perusahaan yang sedang berkembang berjuang untuk menemukan kakinya di pasar saat ini (mungkin karena persaingan yang ketat), pengembangan pasar adalah strategi pertumbuhan yang dapat membantu.
Juga dikenal sebagai perluasan pasar, ini melibatkan penjualan produk dan layanan yang ada di pasar baru untuk meningkatkan pangsa pasar. Untuk hasil terbaik, Anda perlu melakukan riset pasar menyeluruh untuk mendapatkan pemahaman yang kuat tentang pasar baru dan basis pelanggannya.
Beberapa contoh pengembangan pasar meliputi:
• Menjual produk atau layanan Anda di negara bagian atau negara lain
• Menjual ke grup pengguna atau audiens target yang berbeda
• Waralaba, dengan memberikan peluang waralaba kepada bisnis atau individu lain

Baca juga : 11 Aplikasi untuk Memudahkan Usaha Kecil Anda

3. Segmentasi Pasar
Strategi pertumbuhan bisnis ini membagi pasar menjadi segmen yang berbeda, seperti geografi, demografi, perilaku pasar, atau perilaku pelanggan. Jika Anda adalah bisnis kecil yang beroperasi di pasar yang dipenuhi dengan pesaing yang lebih besar, strategi pertumbuhan ini dapat membantu. Dengan melakukan segmentasi pasar, Anda dapat mengidentifikasi dan fokus pada sektor yang belum berhasil dijangkau oleh pesaing Anda.

4. Saluran Alternatif
Menggunakan saluran alternatif adalah strategi pertumbuhan bisnis yang populer untuk usaha kecil, terutama di era digital. Ini melibatkan penggunaan saluran atau platform lain untuk mempromosikan bisnis Anda, terhubung dengan pelanggan, dan menjual kepada mereka.
Contoh saluran alternatif meliputi:
• Jual online melalui situs web Anda
• Mengklaim Halaman Bisnis Yelp Anda
• Menjual melalui platform seperti Amazon, Etsy, dan eBay
• Menggunakan iklan penelusuran berbayar untuk mempromosikan bisnis Anda
• Menjual melalui grosir ketika Anda biasanya menjual melalui pengecer

5. Kemitraan
Ini adalah strategi pertumbuhan bisnis di mana dua atau lebih bisnis memutuskan untuk bergabung demi keuntungan dan keuntungan bersama. Berdasarkan sifat bisnis kecil Anda, bermitra dengan perusahaan lain dapat membantu Anda mengelola proyek besar dengan mudah, atau bahkan mentransfer pengetahuan, keterampilan, dan teknologi dengan sedikit atau tanpa biaya.
Jika bisnis Anda melibatkan berurusan dengan pemasok dan distributor, Anda juga dapat menjajaki peluang kemitraan dengan mereka.
Untuk kemitraan yang sukses, cari bisnis yang bukan pesaing tetapi memiliki budaya bisnis dan nilai merek yang mirip dengan milik Anda. Juga, pertimbangkan jangkauan dan reputasi bisnis mitra yang diusulkan sehingga Anda dapat mempertimbangkan manfaatnya.

6. Diversifikasi
Diversifikasi adalah strategi pertumbuhan di mana produk dan layanan baru dijual ke pasar baru. Strategi pertumbuhan ini hadir dengan tingkat risiko yang tinggi. Ada sumber daya keuangan yang signifikan yang diperlukan untuk melakukannya, tetapi juga dapat menghasilkan pengembalian yang tinggi.
Berbagai jenis diversifikasi meliputi:
• Diversifikasi horizontal. Ini melibatkan pembuatan lini produk baru untuk basis pelanggan Anda saat ini
• Diversifikasi vertical. Ini terjadi ketika bisnis mulai bersaing dengan beberapa pemasok atau pelanggannya
• Diversifikasi konsentris. Situasi di mana perusahaan menciptakan produk atau layanan baru yang serupa atau terkait dengan produk atau layanan yang sudah ada
• Diversifikasi konglomerat. Dalam hal ini, produk atau layanan baru dirancang untuk audiens target yang berbeda

7. Akuisisi dan Merger
Dengan strategi pertumbuhan ini, sebuah bisnis dapat membeli bisnis lain (akuisisi) atau dua perusahaan dapat memutuskan untuk bergabung menjadi satu (merger). Karena jumlah sumber daya yang biasanya dibutuhkan, ini dilihat sebagai strategi pertumbuhan untuk bisnis yang matang.
Berikut adalah tiga jenis yang berbeda:
• Akuisisi hulu. Dalam hal ini, bisnis yang lebih kecil bergabung dengan bisnis yang lebih besar untuk membentuk satu bisnis
• Akuisisi hilir. Ini adalah saat bisnis membeli yang lain dan perusahaan yang diakuisisi menjadi bagian dari bisnis pembelian
• Akuisisi lateral. Ini terjadi ketika dua perusahaan dengan ukuran yang sama memutuskan untuk membentuk bisnis yang lebih besar

8. Pengurangan Biaya
Pengurangan biaya adalah strategi pertumbuhan bisnis untuk meningkatkan laba Anda dan membuat lebih banyak dana tersedia untuk pertumbuhan. Ketika Anda menjaga biaya bisnis tetap rendah tanpa mengorbankan kualitas, bisnis Anda kemungkinan besar akan bertahan dan berkembang.
Berikut adalah beberapa strategi pengurangan biaya untuk dipertimbangkan:
• Gunakan perangkat lunak akuntansi untuk melacak pengeluaran
• Pergi tanpa kertas sebanyak mungkin
• Evaluasi semua proses bisnis Anda dan pertimbangkan otomatisasi jika memungkinkan
• Kurangi metode pemasaran tradisional, dan arahkan sebagian besar upaya pemasaran Anda secara online
• Pertimbangkan outsourcing bila perlu
• Waktu adalah uang, jadi dorong praktik manajemen waktu yang efisien dalam bisnis Anda

9. Retensi Pelanggan
Sebagai strategi pertumbuhan,retensi pelanggan adalah tentang bagaimana Anda memelihara dan mengubah pelanggan lama dan baru menjadi pelanggan tetap dan setia. Agar ini berhasil, Anda perlu mendapatkan kepercayaan pelanggan Anda.
Mempertahankan pelanggan dapat menurunkan biaya bisnis Anda karena mempertahankan pelanggan lebih murah daripada mendapatkan pelanggan baru. Pelanggan tetap juga cenderung membelanjakan lebih banyak, dan pelanggan setia yang berbagi tentang merek Anda melaluidari mulut ke mulut dapat menjadi bagian penting dari pertumbuhan bisnis Anda.
Anda dapat membangun kepercayaan pelanggan dan mempertahankan pelanggan saat Anda:
• Berkomunikasi secara teratur dengan pelanggan Anda melalui email dan media sosial yang dipersonalisasi
• Menepati setiap janji yang Anda buat kepada pelanggan—misalnya, melakukan pengiriman ke rumah dalam waktu 24 jam ketika Anda berjanji 48 jam
• Ekspresikan apresiasi pelanggan dengan diskon loyalitas, hadiah gratis dengan pembelian, peningkatan layanan gratis, dan tindakan bijaksana lainnya
• Dapatkan umpan balik reguler dari pelanggan melalui survei, kuesioner, dan ulasan pengguna
• Hadiahi advokat dan duta besar yang setia untuk setiap pelanggan baru yang mereka rujuk ke bisnis Anda
• Memberikan yang sangat baikpengalaman layanan pelanggan melalui obrolan langsung, layanan mandiri, atau dukungan telepon

10. Pemasaran Online
Pemasaran online mengacu pada semua upaya pemasaran yang dilakukan secara online untuk mengiklankan bisnis Anda kepada masyarakat umum. Jenis pemasaran ini menghubungkan Anda dengan lebih banyak orang, termasuk audiens target Anda.
Penelitian menunjukkan bahwa ada hampir 4,57 miliar pengguna internet aktif di seluruh dunia. Dengan demikian, pemasaran online adalah alat yang ampuh dan strategi pertumbuhan yang menarik untuk usaha kecil.
Anda dapat mengembangkan bisnis Anda menggunakan strategi pemasaran online berikut:
• Buat situs web bisnis. Memiliki situs menambah kredibilitas merek Anda dan membuat bisnis Anda tetap buka 24/7.
• Terlibat di media sosial. Ada banyak situs media sosial, tetapi Anda tidak harus aktif di semuanya untuk mengembangkan bisnis Anda. Alih-alih, identifikasi di mana mayoritas audiens target Anda dapat ditemukan dan buatstrategi pemasaran media sosial untuk memandu Anda.
• Aktif di situs ulasan. Di situs ulasan, pengguna mencari bisnis, menilai mereka, dan memposting ulasan. ketika kamubuat halaman bisnis Anda dan aktiflah di situs ulasan seperti Yelp, bisnis kecil Anda dapat ditemukan dengan lebih mudah secara online. Ini juga memungkinkan Anda terhubung langsung dengan pelanggan yang ada (dan calon) dengan membalas komentar, menambahkan foto, dan berbagi informasi terbaru.

Kembangkan Bisnis Anda Dengan Percaya Diri
Meskipun banyak usaha kecil tidak bertahan lebih dari lima tahun pertama, masih ada jutaan lainnya yang tumbuh dengan sukses dari waktu ke waktu. Selain dedikasi dan praktik bisnis yang baik, menerapkan strategi pertumbuhan bisnis yang tepat sangat penting untuk membantu bisnis Anda berkembang.
Ketika Anda mengidentifikasi tahap pertumbuhan bisnis Anda saat ini—dari benih dan pengembangan hingga kedewasaan—Anda akan lebih siap untuk memilih strategi pertumbuhan bisnis terbaik untuk maju ke fase berikutnya.
Meskipun banyaknya strategi pertumbuhan mungkin membuat kepala Anda pusing, 10 opsi yang diuraikan secara sederhana ini semoga membantu Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi