Jan 17

16 LANGKAH MENGUMPULKAN PROSPEK PELANGGAN MELALUI INSTAGRAM

Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana mengubah pengikut menjadi pelanggan? Apakah Anda mencari panduan untuk membantu Anda membangun saluran penjualan di Instagram?
Dalam artikel ini, cobalah temukan cara memaksimalkan pemasaran Instagram Anda di setiap tahap perjalanan pelanggan.

BAGAIMANA CARA KERJA SALURAN PENJUALAN INSTAGRAM?
Saluran penjualan yang khas mencakup empat tahap: kesadaran, pertimbangan, konversi, dan loyalitas. Bahkan jika menghasilkan pendapatan adalah prioritas utama Anda, strategi Instagram Anda harus mengatasi keempat tahap tersebut. Lagi pula, Anda harus menarik dan mengembangkan calon pelanggan sebelum mereka berkonversi dan kemudian mendorong mereka untuk menjadi pembeli tetap.

SALURAN PENJUALAN INSTAGRAM: TAHAP KESADARAN
Pertama, Anda harus menarik pelanggan potensial dan memperkenalkan mereka ke bisnis Anda. Mari kita lihat empat cara untuk menargetkan pengguna Instagram pada tahap kesadaran.

1. Optimalkan Bio Instagram Anda Dengan Jalur Pembelian yang Mudah
Pikirkan bio Instagram Anda sebagai beranda untuk bisnis Anda. Di sinilah calon pelanggan pergi untuk mempelajari segala sesuatu mulai dari apa yang dilakukan perusahaan Anda hingga cara menghubungi tim Anda.
Beberapa elemen terpenting dari bio Instagram Anda meliputi:
• Pengantar singkat yang memberi tahu pelanggan tentang bisnis Anda
• Tautkan ke situs web perusahaan Anda tempat pelanggan dapat berbelanja atau mempelajari lebih lanjut
• Hashtag atau tag yang dapat digunakan pelanggan untuk ditampilkan di konten Instagram Anda
• Detail kontak untuk bisnis Anda seperti email atau tombol telepon
• Sorotan cerita yang menampilkan berita atau koleksi produk terbaru Anda
• Tombol toko yang memungkinkan pelanggan menelusuri dan membeli di Instagram

2. Publikasikan Konten yang Bermanfaat atau Menghibur
Untuk menarik minat calon pelanggan pada tahap kesadaran, publikasikan konten yang mendidik atau menghibur audiens target Anda.
Setelah mempublikasikan konten yang berfokus pada kesadaran, gunakan Instagram Insights Anda untuk mengidentifikasi postingan, reel, dan cerita dengan performa terbaik. Untuk menjangkau lebih banyak orang, Anda dapat meningkatkan konten terbaik Anda dengan menambahkannya ke kampanye kesadaran di Facebook Ads Manager.

Baca juga artikel tentang : Pentingnya Personalisasi dalam Digital Marketing

3. Dorong Penemuan dengan Menambahkan Tagar ke Konten Instagram
Instagram juga menawarkan opsi hebat untuk memperluas audiens Anda secara organik. Dengan menambahkan tagar ke konten Anda, Anda dapat mendorong penemuan dan meningkatkan kesadaran.
Instagram memungkinkan hingga 30 tag per posting atau reel dan hingga 10 tag per cerita. Mulailah dengan menambahkan tagar bermerek unik untuk bisnis Anda dan tagar kampanye untuk promosi khusus. Anda juga dapat menambahkan lokasi, deskriptif, industri, viral, dan jenis tagar Instagram lainnya.

4. Bermitra dengan Influencer Instagram yang Relatif
Untuk memperluas audiens Anda lebih jauh, bangun hubungan dengan influencer Instagram. Dengan bermitra dengan tokoh berpengaruh di niche atau industri Anda, Anda dapat menempatkan bisnis Anda di radar lebih banyak orang.
Anda mungkin meminta influencer untuk membuat konten yang menyoroti lini produk Anda, berbagi ide untuk menata produk Anda, atau menunjukkan cara memasak dengan produk Anda. Untuk mendapatkan lebih banyak lagi dari kemitraan influencer, pikirkan untuk memasukkan kontes atau hadiah. Jenis konten ini dapat menumbuhkan audiens Anda dan meningkatkan kesadaran secara eksponensial.

SALURAN PENJUALAN INSTAGRAM: TAHAP PERTIMBANGAN
Setelah meningkatkan kesadaran, langkah selanjutnya adalah mendorong orang untuk mempercayai bisnis Anda dan berpikir serius tentang solusi yang Anda tawarkan. Itu berarti membuat konten yang lebih mendalam yang dikemas dengan informasi yang dibutuhkan prospek untuk membuat keputusan.

5. Bagikan Saran Ahli untuk Membangun Kredibilitas
Sebelum prospek membeli dari bisnis Anda, mereka biasanya membutuhkan alasan untuk mempercayai Anda. Berbagi kiat ahli secara gratis adalah cara terbaik untuk meningkatkan kredibilitas Anda. Setelah prospek menyadari nilai yang Anda berikan dan yakin dengan solusi yang Anda bagikan, kemungkinan besar mereka akan membayar untuk apa yang Anda tawarkan.

6. Buat Tutorial untuk Mendemonstrasikan Cara Kerja Produk Anda
Pada tahap pertimbangan, orang sering kali ingin mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja produk Anda atau bagaimana produk itu dapat membantu mereka. Dengan membuat postingan petunjuk dan video tutorial, Anda dapat memberikan wawasan yang mereka butuhkan.

7. Biarkan Pelanggan Menguji Produk Anda Secara Gratis
Bahkan jika prospek masih mencari solusi, konten Instagram yang tepat dapat mendorong mereka untuk mempertimbangkan bisnis Anda lebih serius—atau bahkan membuatnya menjadi yang teratas dalam daftar. Dengan membantu pengguna memulai secara gratis, Anda mengizinkan mereka menguji produk Anda dan mempermudah mereka untuk berkonversi.

8. Jalankan Kampanye Traffic dan Lead Generation
Apakah Anda ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial untuk mempertimbangkan membeli dari bisnis Anda? Jika Anda memiliki anggaran untuk kampanye berbayar, Anda dapat menjalankan iklan Instagram untuk mendorong pertimbangan.
Dengan tujuan lalu lintas, Anda bisa membuat audiens target Anda mengunjungi situs web Anda untuk mempelajari tentang penawaran Anda atau mencoba alat gratis. Kemudian Anda dapat menambahkan prospek ini ke audiens pemasaran ulang untuk kampanye yang berfokus pada konversi.
Dengan tujuan menghasilkan prospek, Anda dapat mengumpulkan detail kontak prospek dengan imbalan sesuatu yang berharga. Misalnya, Anda mungkin menawarkan panduan terperinci, studi kasus, atau riset industri untuk menghasilkan prospek.

SALURAN PENJUALAN INSTAGRAM: TAHAP KONVERSI
Pada tahap konversi, saatnya untuk mendapatkan prospek untuk bertindak. Itu berarti memberikan peluang kepada calon pelanggan untuk mendaftar atau melakukan pembelian, terkadang tanpa meninggalkan aplikasi Instagram.

9. Manfaatkan Belanja Instagram untuk In-App Storefronts and Checkout
Jika Anda memproses pesanan atau menjual produk melalui situs web Anda, maka mendapatkan prospek untuk dikunjungi sangatlah penting. Meskipun Instagram tidak mengizinkan tautan dalam kiriman atau reel, mengirim pelanggan ke situs Anda lebih mudah daripada yang Anda pikirkan.
Jika Anda menjual produk fisik, Anda dapat menggunakan alat belanja asli Instagram untuk mendorong konversi. Dengan Instagram Shopping, Anda dapat membuat etalase dalam aplikasi untuk bisnis Anda, lengkap dengan koleksi dan listingan produk. Anda dapat menawarkan pembayaran dalam aplikasi atau mengarahkan pelanggan ke situs web Anda untuk melakukan pembelian.
Setelah Anda menyiapkan alat Belanja Instagram, Anda juga dapat menandai produk di konten Anda. Pelanggan dapat mengetuk produk atau spanduk di postingan Anda untuk langsung menuju toko Anda.
Jika tidak bisa menggunakan Instagram Shopping, Anda masih bisa menggunakan link di bio untuk mendapatkan penjualan dan konversi. Daripada menautkan ke situs web Anda, gunakan alat halaman arahan Instagram pihak ketiga. Dengan begitu, Anda pada dasarnya dapat menambahkan tautan yang dapat diketuk ke setiap pos.

10. Buat Penawaran Waktu Terbatas
Untuk mendorong lebih banyak penjualan di Instagram, gunakan taktik konversi seperti penawaran waktu terbatas, harga khusus, atau pengurangan jumlah. Dengan menciptakan rasa urgensi, Anda bisa membuat calon pelanggan mengambil tindakan dan melakukan pembelian.

11. Hasilkan Buzz Dengan Penurunan Produk dan Belanja Langsung
Anda juga dapat menggunakan alat Instagram bawaan untuk meningkatkan minat pada produk Anda. Dengan Instagram Drops, Anda dapat mengumumkan produk yang akan datang beberapa hari atau minggu sebelum Anda berencana untuk meluncurkannya. Pelanggan dapat memilih pengingat untuk menyimpan item ke daftar keinginan mereka dan mendapatkan pemberitahuan saat produk diluncurkan.
Untuk memberi pelanggan tampilan yang lebih personal pada produk Anda, Anda juga dapat menyelenggarakan acara belanja langsung di Instagram. Anda dapat menambahkan produk unggulan ke video sebelum ditayangkan sehingga pengikut dapat menelusuri dan berbelanja selama acara berlangsung. Kemudian Anda dapat menyimpan video ke profil Instagram Anda sehingga terus mendorong konversi.

12. Jalankan Konversi dan Kampanye Penjualan Katalog
Untuk mendapatkan lebih banyak perhatian pada produk Anda dan meningkatkan penjualan, gunakan tujuan yang berfokus pada konversi di Pengelola Iklan. Tujuan konversi sangat ideal untuk mendapatkan penjualan dan langganan di situs Anda, sedangkan tujuan penjualan katalog memungkinkan Anda mempromosikan katalog eCommerce Anda.
Anda dapat menggunakan audiens pemasaran ulang untuk beriklan ke prospek yang telah terlibat dengan bisnis Anda. Misalnya, Anda dapat memasarkan ulang kepada orang-orang yang telah berinteraksi dengan konten Instagram Anda, mengunjungi situs web Anda, atau menelusuri item di toko Anda.

SALURAN PENJUALAN INSTAGRAM: TAHAP LOYALITAS
Terakhir, Anda dapat menargetkan tahap loyalitas saluran penjualan Instagram. Itu berarti mengundang pelanggan untuk melakukan pembelian berulang dan menjadi bagian dari komunitas bisnis Anda yang berharga.

13. Tunjukkan Rasa Terimakasih
Tidak peduli ukuran bisnis Anda, pelanggan Anda adalah salah satu aset terpenting Anda. Dengan menunjukkan penghargaan, Anda dapat memperjelas seberapa besar Anda menghargai basis pelanggan Anda.
Jika klien Anda telah membantu bisnis Anda mencapai pencapaian baru, Anda juga dapat mengungkapkan seberapa besar kontribusi mereka terhadap pertumbuhan Anda. Ketika Anda membuat pelanggan merasa seperti bagian dari komunitas perusahaan Anda, mereka mungkin akan membeli lagi.

14. Bagikan Kisah Sukses Pelanggan
Jika bisnis Anda telah membantu pelanggan sukses, berbagi cerita mereka adalah cara yang bagus untuk menginspirasi loyalitas. Menyoroti pelanggan dapat membuktikan hasil yang dapat dihasilkan produk Anda dan menyoroti kemenangan klien dapat mencerminkan investasi perusahaan Anda dalam kesuksesan mereka. Video atau studi kasus yang menarik dapat membantu Anda menarik pelanggan seumur hidup.

15. Sorot UGC Pelanggan Anda
Apakah pelanggan Anda membuat konten yang menampilkan merek Anda? Dengan izin, Anda dapat membagikan konten buatan pengguna atau user-generated content (UGC) di profil Instagram Anda. Dengan memposting ulang UGC, Anda dapat berterima kasih kepada pembuat konten atas kontribusi mereka dan menekankan peran mereka sebagai pelanggan yang berharga.

16. Jalankan Kampanye Pemasaran Ulang ke Pelanggan yang Ada
Untuk beriklan ke pelanggan yang sudah ada di Instagram, manfaatkan daftar pemasaran ulang Anda. Menggunakan Pengelola Iklan, Anda dapat membangun pemirsa khusus dari orang-orang yang telah membeli dari toko Instagram atau situs web Anda. Dengan upselling, cross-selling, atau membuat penawaran khusus untuk pelanggan saat ini, Anda dapat berhasil mengubah pembeli satu kali menjadi penggemar setia.

Kesimpulan
Saat Anda ingin menggunakan Instagram untuk membangun bisnis Anda, corong sangat penting. Dengan membuat konten organik dan berbayar untuk keempat tahap saluran penjualan, Anda dapat terus mengembangkan audiens, menghasilkan prospek dan konversi, serta menumbuhkan pelanggan yang puas.
Semogar artikel ini bermanfaat untuk anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami di nomor whatsapp 0812-5298-2900, agar kami bisa mengetahui apa kebutuhan anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi