Jul 23

3 TIPS EFEKTIF PELUNCURAN PRODUK BARU DI ERA PANDEMI SAAT INI

Peluncuran produk yang Efektif dan rebranding direncanakan secara menyeluruh sesuai dengan timeline tertentu – waktu terbaik untuk mengumumkan nama, acara dengan audiens terbesar, taktik yang mendapatkan traffic terbanyak. Jarang sekali perencanaan peluncuran produk memiliki rencana darurat untuk pandemi global.
Krisis COVID-19 kini telah mencapai satu tahun dan banyak menciptakan perubahan signifikan dalam lingkungan bisnis dan telah memicu pertanyaan penting. Seperti apa peluncuran produk di tahun 2021? Lalu, bagaimana Anda memanfaatkan rencana Strategis yang tidak bisa lagi diterapkan seperti yang direncanakan sebelumnya? Dalam artikel kali ini akan kami sampaikan beberapa penyesuaian strategi pemasaran Anda untuk 2021 dan seterusnya.

Baca juga artikel tentang : Strategi untuk Peluncuran Produk Baru yang Efektif

Pikirkan kembali Konferensi dan Pameran Dagang.
Secara global, pameran perdagangan dan acara telah dibatalkan, menciptakan tantangan penjualan bagi banyak perusahaan. Ketika pameran dagang dibatalkan, perusahaan harus menemukan cara alternatif untuk tetap berbagi perkembangan terbaru mereka dengan pelanggan dan prospek, sehingga mereka mengubah pameran dagang menjadi konferensi virtual yang diselenggarakan sendiri.
Pindah ke forum online masih diperbolehkan untuk peluang bisnis dan beberapa kemiripan praktik bisnis normal selama keadaan tidak pasti. Karena acara aslinya begitu terkenal, organisasi ini mempertahankan beberapa aspek pertunjukan yang sama, menyesuaikan dengan keakraban peserta:
• Tanggal: Konferensi virtual diadakan pada minggu yang sama dengan yang direncanakan untuk pertunjukan langsung.
• Lokal: Tim mengatur latar belakang layar mereka untuk menampilkan kota tuan rumah acara dan menggunakan citra serupa dalam desain promosi.
• Tema: Mereka mendorong presentasi serupa yang telah mereka jadwalkan untuk konferensi, dengan manfaat tambahan menjadi fokus tunggal para peserta.
Meskipun mereka tidak memiliki interaksi tatap muka yang sama, Anda masih mampu membuat konferensi lebih pribadi dan tetap mempresentasikan produk dan kemampuan yang akan mereka miliki di pameran tatap muka.

Perkuat Merek Anda Secara Online.
Rebranding biasanya diakhiri dengan pengungkapan besar perubahan. Pembatalan pertunjukan menghilangkan salah satu peluang terbesar bagi perusahaan untuk membuat percikan dengan merek baru mereka yang didukung oleh wajah-wajah yang dikenalnya. Meskipun garis waktu yang diubah berfungsi untuk kepentingan pembuatan situs web, mereka membutuhkan strategi baru untuk membangun kesadaran merek.
Saluran yang biasa digunakan untuk pengumuman branding masih digunakan – media sosial, siaran pers, iklan – tetapi memastikan adanya kehadiran online yang signifikan menjadi semakin penting untuk peluncuran rebranding. Pembatalan acara dan keadaan COVID-19 lainnya memberikan peluang konten online yang unik. Publikasi dan asosiasi industri mulai menyoroti dampak virus corona pada pasar dan produsennya menjadi salah satu sumber teratas untuk konten video tentang masalah ini, yang berubah menjadi peluang utama untuk membangun kesadaran seputar merek mereka:
• Video unggulan di situs industri dan milik mereka sendiri
• Peluang pesan utama dari kepemimpinan perusahaan
• Artikel dan editorial dalam publikasi industri

Bangun Kesadaran Produk Pra-Peluncuran.
Jadwal dan keadaan yang tidak pasti membuat peluncuran produk juga tidak pasti – pertemuan bisnis tidak dapat terjadi sesuai rencana, demo tidak dapat dilakukan secara langsung, rantai pasokan dapat diubah. Meluncurkan produk selama krisis global bukanlah apa yang semua orang rencanakan, tetapi masih bisa dilakukan. Garis waktu yang bergeser dan acara yang dibatalkan karena COVID-19 berpotensi menguntungkan peluncuran produk. Terlalu sering perusahaan meluncurkan produk baru tanpa rencana yang kohesif atau sebelum produk sepenuhnya siap karena mereka ingin mencapai waktu permintaan pasar atau mereka merencanakan pengumuman bertepatan dengan peristiwa industri besar. Dengan tidak terburu-buru memenuhi tenggat waktu ini, peluncuran produk bisa menjadi lebih efektif.
Misalkan sebuah pabrikan terkemuka di pompa tekanan tinggi dan booster gas meluncurkan terobosan teknologi kompresi awal tahun ini dan sedang mempersiapkan peluncuran besar lainnya dari tim hidrogen mereka di bulan-bulan berikutnya. Ketika pembatalan dan penutupan terjadi, taktik dan jadwal mereka harus berubah. Dengan berfokus pada aktivitas pra-peluncuran yang lebih kuat, pabrikan membangun basis data prospek yang solid dan kesadaran produk. Beberapa cara mereka mencapai ini:
• Berbagi nama produk lebih cepat
• Hosting presentasi virtual dan webinar yang awalnya direncanakan untuk pameran dagang
• Menciptakan berbagai aset pemasaran yang dapat digunakan secara lintas saluran
Anda bersemangat untuk membagikan produk baru Anda kepada dunia. Tetapi peluncuran produk yang sukses membutuhkan lebih dari sekadar memposting pengumuman dan melihat pelanggan masuk. Pemasaran produk melibatkan banyak pemikiran, strategi, dan perencanaan.
Itu mungkin terdengar luar biasa. Namun, jangan panik dulu – ini jauh lebih bisa dilakukan daripada yang Anda pikirkan, dan pada akhirnya akan mengarah pada pengenalan produk yang lebih baik dan lebih berdampak. Coba lakukan 3 tips diatas. Jika Anda masih bingung dan ingin mendapat informasi lebih jelas. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi