Agu 09

3 TIPS PRAKTIS MEMBANGUN PENGALAMAN PELANGGAN B2B YANG POSITIF

Memastikan pengalaman positif dalam hubungan B2B memberikan peningkatan keterlibatan dan, pada akhirnya, hasil keuangan yang lebih baik. Namun, ketika memulai, banyak orang kewalahan dengan gagasan untuk menciptakan pendekatan pengalaman antar bisnis.
Untuk mempermudah Anda, berikut ini sudah kami rangkum 4 tips praktis membangun great customer experience.

1. Kenali pelanggan Anda.
Pelanggan Andalah yang menentukan seberapa sukses Anda dalam memberikan pengalaman yang luar biasa.
Jangan berasumsi bahwa Anda telah mengetahui segalanya hanya karena Anda memiliki pelanggan bisnis yang membayar tagihan Anda tepat waktu. Meskipun hubungan B2B sering (tetapi tidak selalu) “lebih lengket”, jika Anda tidak memberikan pengalaman yang luar biasa, maka mereka secara aktif mencari, atau setidaknya merenungkan, menggantikan Anda.
Pertimbangkan apa yang dibutuhkan pelanggan. Pertama, pertimbangkan dari perspektif pelanggan secara keseluruhan. Mereka telah melibatkan perusahaan Anda untuk memecahkan kebutuhan atau masalah tertentu. Pahami mengapa mereka tidak dapat menyelesaikannya tanpa perusahaan Anda, dan gunakan itu untuk membangun pengalaman terbaik Anda.
Pertimbangan kedua mencerminkan perbedaan utama dalam B2B versus B2C: Sadarilah bahwa dalam kebanyakan kasus, manusia yang berinteraksi dengan Anda tidak menghabiskan uang “mereka”, jadi apa yang mereka hargai akan memiliki cita rasa yang berbeda dari hubungan B2C tradisional.

2. Segera memperbaiki ketika ada yang salah.
Ketika segala sesuatunya menjadi serba salah (dan kebanyakan bisnis pasti akan melakukannya, karena tidak ada hubungan atau pengalaman yang sempurna), bagaimana Anda mengatasi masalah pelanggan B2B Anda memberikan dampak yang sangat besar pada persepsi mereka tentang pengalaman.
Ada banyak hal yang sama di B2B dan B2C ketika terjadi kesalahan. Pelanggan merasakan kekecewaan, frustrasi, pengkhianatan, dan mereka ingin semuanya diperbaiki. Jika sudah seperti itu, maka Segeralah memulihkan hubungan Anda.
Saat berbisnis, jangan hanya menangani masalah khusuk. Masuk lebih dalam dan pahami apa yang pelanggan rasakan tentang berbagai masalah yang tengah mereka rasakan dan segera atasi.

3. Cobalah untuk terus akrab.
Kedengarannya sederhana, tetapi terlalu sering. Cobalah untuk terus meningkatkan level keakraban Anda dengan pelanggan Anda.
Anda bisa memulainya dengan mengetahui Apa yang paling mereka hargai? Biaya rendah? Kecepatan? Kualitas? Pertimbangkan apa yang mendorong pelanggan Anda. Pikirkan hubungan dari sudut pandang mereka dan dorong pengalaman Anda untuk memenuhi keinginan mereka.

Semua bilang “pelanggan adalah raja” dan memang hal ini benar adanya. Karena bisnis hanya bisa sukses dan berhasil jika ada pelanggan yang membeli bisnis Anda. karena itu, terus memberikan great customer experience akan semakin menghindari bisnis Anda dari kebangkrutan. Semoga artikel ini bermanfaat. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi