Apr 21

4 KESALAHAN YANG SERING TERJADI SAAT MEMPERLUAS PROSES DISTRIBUSI

Memilih tempat yang tepat untuk menjual produk Anda sangat penting untuk strategi pertumbuhan yang sukses. Namun, memilih campuran produk, saluran, dan pasar yang tepat bukanlah tugas yang mudah. Bekerja dengan organisasi barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG) di seluruh dunia, kami sering menemukan bahwa mereka yang bertanggung jawab untuk memahami tren saluran dan menetapkan strategi distribusi menghadapi tantangan yang sama, yang mengakibatkan kesalahan umum. Pada artikel kali ini akan kami sampaikan beberapa kesalahan yang sering terjadi.

1. Jangan berasumsi e-commerce adalah satu-satunya jalan ke depan secara keseluruhan.
Ya, e-commerce adalah saluran yang berkembang di banyak negara, di banyak industri. Apakah ini kesempatan yang tepat dalam setiap situasi? Belum tentu. Pertumbuhan yang lambat pada pendorong seperti adopsi ponsel cerdas atau pembangunan infrastruktur jalan raya dapat menghambat pertumbuhan di pasar tertentu. Dan bahkan pada mereka dengan pertumbuhan ritel internet yang tinggi, perlu ada pertimbangan yang cermat atas pertanyaan-pertanyaan seperti:
• Apakah e-commerce tumbuh dengan mengorbankan saluran lain penting untuk penjualan saya?
• Apakah ini pendekatan yang tepat untuk setiap kategori?
• Apa pendorong pertumbuhan yang memengaruhi saluran dan apa yang dapat saya lakukan untuk memanfaatkannya / melindungi dari perubahan di dalamnya?

2. Jangan berasumsi bahwa apa yang terjadi di masa lalu akan terjadi di masa depan.
Membuat asumsi berdasarkan tren masa lalu adalah kesalahan umum yang kita lihat saat perusahaan memperkirakan saluran untuk bisnisnya. Masalah dengan pendekatan ini adalah Anda mengasumsikan sebab dan akibat antara variabel tidak akan berubah dan kondisi saat ini mungkin tetap statis untuk bergerak maju. Ada beberapa variabel yang perlu dipertimbangkan saat mengembangkan model perkiraan dan jarang ada hubungan di antara mereka yang statis. Pendekatan ini juga mengabaikan pencilan kualitatif yang dapat membentuk prakiraan, misalnya perdagangan gelap, fluktuasi mata uang dan peningkatan cakupan broadband.

3. Jangan berasumsi bahwa sumber dan mitra Anda memberikan gambaran lengkap tentang ritel dan ekonomi makro.
Klien sering kali memberi tahu kami bahwa mereka memperkirakan kinerja saluran menggunakan kombinasi dari tiga hal: angka penjualan internal, apa yang dikatakan tim penjualan / distributor lokal kepada mereka, dan data panel tersindikasi. Meskipun ini dapat membantu memberikan beberapa wawasan terarah, penting untuk menanyakan:
• Bagaimana kita memastikan bahwa kita melihat seluruh lanskap persaingan dan distribusi?
• Bagaimana kita bisa menguji apa yang kita dengar dari mitra / tim yang mungkin memiliki kepentingan pribadi?
• Bagaimana kami menjelaskan perbedaan dalam definisi / cakupan / metodologi di seluruh sumber sindikasi untuk memastikan sumber distandarisasi

4. Jangan lupa untuk menggunakan tren saluran untuk menginformasikan area bisnis lainnya, seperti pengembangan produk.
Setelah Anda memiliki perkiraan saluran yang solid, apa lagi yang Anda lakukan dengannya? Banyak organisasi menggunakan ini hanya untuk menginformasikan distribusi hilir, tetapi bagaimana dengan pengembangan hulu? Jika model perkiraan saluran Anda memberi tahu Anda bahwa toko swalayan adalah pilihan yang tepat untuk pertumbuhan, dan bahwa pendorong utama dalam pertumbuhan ini adalah kepemilikan mobil, bukankah ini seharusnya digunakan untuk membantu menginformasikan pengembangan produk dan kemasan untuk meningkatkan peluang Anda keberhasilan? Atau katakanlah m-commerce adalah taruhan terbaik Anda untuk pertumbuhan – akankah mengembangkan aplikasi untuk berinteraksi langsung dengan konsumen membantu mempersingkat jalur pembelian itu?
Semoga artikel ini membantu kelancaran bisnis anda, kami juga memiliki layanan untuk membantu bisnis anda dengan menghubungi tim kami melalui whatsaap 0812-5298-2900. Tim kami siap membantu bisnis anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi