Mei 11

4 LANGKAH UNTUK MEMASUKI PASAR BARU DAN MEMPERLUAS BISNIS ANDA MELALUI PENGEMBANGAN PASAR BARU

Manajer merek dan manajer pemasaran yang ditugaskan untuk ekspansi bisnis sering kali berupaya memasuki pasar baru dan memperluas bisnis mereka melalui pengembangan pasar.
Ekspansi bisnis tetap bisa berisiko bagi bisnis. Ini membawa tantangan asing dan pesaing baru, tetapi dengan pendekatan yang tepat dan strategi pengembangan pasar yang tepat, memasuki pasar baru dapat meningkatkan jangkauan bisnis Anda, lebih banyak kesadaran, dan lebih banyak keuntungan.
Berikut, 4 langkah untuk memasuki pasar baru dan memperluas bisnis Anda melalui pengembangan pasar baru.

1. Tentukan Tujuan Anda
Sukses hanya bisa dicapai jika Anda tahu apa yang Anda tuju. Jelaskan mengapa Anda memasuki pasar baru dan mengapa ini adalah strategi yang tepat dibandingkan opsi lain seperti pengembangan produk baru atau perluasan pasar yang ada. Dengan mampu mengartikulasikan dengan jelas mengapa, dan seperti apa kesuksesan itu, Anda akan memiliki fokus yang jelas untuk perencanaan Anda.
Sasaran-sasaran ini harus merupakan sasaran bisnis yang masuk akal dan terukur, serta berfungsi baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, Seperti ;
• Jangka waktu apa yang akan Anda tetapkan untuk meluncurkan merek Anda?
• Jangka waktu apa yang harus diukur?
• Berapa pangsa pasar yang ingin Anda peroleh dan dari mana pangsa pasar ini berasal?
• Apa yang akan disumbangkan oleh ekspansi bisnis terhadap nilai merek yang mendasarinya?
• Selain pendapatan, apa yang akan diberikan oleh ekspansi merek?

Pendapatan jangka pendek dan pencapaian target mengalahkan pandangan jangka panjang tentang pengembangan merek, nilai merek, dan ekuitas. Namun, seorang pemasar perlu menetapkan tujuan dan strategi untuk membangun kesehatan merek jangka panjang selama 5-10 tahun, dan mendukung tujuan tersebut dengan investasi untuk mencapainya.
Pastikan tim pemasaran, tim eksekutif, dan dewan semuanya selaras di sekitar tujuan bisnis Anda untuk memberikan dukungan dalam mencapai tujuan bisnis jangka pendek dan jangka panjang.

2. Teliti Pasar Baru
Bisa dibilang langkah paling kritis dalam menaklukkan pasar baru, penelitian akan mendukung pengembangan strategis dan pelaksanaan operasional ekspansi merek.
Saat berinvestasi dalam penelitian dan kecerdasan untuk pengembangan pasar baru, pahami dan tentukan titik kesulitan yang Anda selesaikan dengan produk atau layanan Anda, yang berkaitan dengan pasar baru tersebut. Sangat penting untuk membuang asumsi yang mungkin Anda miliki tentang kemampuan transfer langsung dan mudah dari produk ke ruang baru. Perbedaan budaya dan masyarakat dapat memengaruhi persepsi merek dan penawaran Anda.
Identifikasi audiens baru Anda di pasar baru:
• Masalah apa yang Anda pecahkan untuk mereka?
• Apa pekerjaan yang perlu mereka lakukan?
• Di mana mereka berada?
• Apa minat mereka?
• Apa ciri etnografis mereka?
• Bagaimana Anda mendefinisikannya secara demografis?
Sejajarkan dengan mitra penelitian yang baik yang dapat memberikan penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Baca juga : Bagaimana Cara Menciptakan Pasar untuk Anda Sendiri?

3. Awasi Persaingan
Bagian dari penelitian Anda akan menjadi penelitian pesaing.
Sangat penting untuk melakukan analisis pesaing yang mendalam untuk mempelajari bisnis yang ada di pasar baru yang Anda pilih. Pemahaman yang kuat tentang pesaing Anda, janji merek mereka, proposisi nilai mereka, dan penawaran mereka akan memastikan Anda lebih memahami pasar dan lingkungan di mana Anda perlu bersaing.
Proposisi nilai, penawaran, dan strategi go-to-market Anda harus cukup kuat untuk mengalahkan dan menahan persaingan yang sudah mapan. Jika satu-satunya pembeda Anda adalah harga, dan Anda perlu membeli kesadaran merek yang luas, itu adalah proposisi risiko yang lebih tinggi bagi bisnis untuk memasuki pasar ini.
Gunakan riset Anda untuk menentukan apakah ada sesuatu yang harus diubah atau ditingkatkan oleh bisnis Anda sebelum memasuki pasar.

4. Putuskan Bagaimana Anda Ingin Memasuki Pasar
Setelah Anda mengetahui seperti apa kesuksesan itu, siapa audiens Anda, dan seperti apa situasi persaingannya, Anda dapat membangun strategi go-to-market Anda.
Mengontrol presentasi merek dan identitas visual Anda untuk audiens baru sangat penting, untuk membantu mereka memahami dan mengenali Anda di pasar yang ramai. Platform seperti Outfit memungkinkan Anda mengambil agunan dan template yang ada dan menyesuaikannya untuk pasar baru menggunakan meta-data otomatis. Fungsionalitas seperti ini membuatnya lebih murah dan lebih cepat untuk membangun posisi pasar

KESIMPULAN
Memasuki pasar baru adalah latihan yang mahal, dua kali lipat jika dilakukan dengan buruk. Dengan merencanakan dengan baik, meneliti secara ekstensif dan mengetahui strategi go-to-market Anda, Anda akan dapat memperluas bisnis Anda dan mengembangkan bisnis anda dengan sukses melalui pengembangan pasar baru. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi