Mei 29

4 MANFAAT STRATEGI PEMASARAN OMNICHANNEL YANG WAJIB ANDA KETAHUI

Anda mungkin sudah sering mendengar dan membaca keyword ini berkali-kali. Keyword Omnichannel.

Pemasaran Omnichannel berperan penting karena mampu menciptakan dan membangun reputasi merek melalui pengalaman positif yang dirasakan oleh pelanggan.
Mari kita ambil contoh.

Bayangkan, saat Anda merasa tidak bertenaga karena lelah bekerja dan menginginkan secangkir kopi sebelum pulang.
Anda tahu bahwa kedai kopi favorit Anda akan ramai, dan Anda tidak punya tenaga untuk mengantri.
Bukankah lebih baik jika kedai kopi memiliki opsi untuk memesan kopi melalui aplikasi, sehingga Anda dapat memasuki toko, mengambil pesanan Anda dan bisa langsung pergi? Itulah yang dilakukan Starbucks. Itu membuat pemesanan dan pembayaran lebih mudah bagi pelanggan.

Selain itu apalagi manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menerapkan pemasaran omnichannel?

1. Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik
Yang paling diinginkan oleh pelanggan adalah pengalaman terpadu.
Pemasaran omnichannel akan meningkatkan jumlah titik kontak yang saling terintegrasi. Dan dengan adanya interaksi di antara banyak saluran bisnis ini, konsumen akan merasa lebih diperhatikan.

2. Peningkatan Penjualan dan Lalu Lintas
Sebuah studi oleh Harvard Business Review terhadap 46.000 pembeli menunjukkan bahwa pelanggan omnichannel menghabiskan lebih banyak uang daripada pelanggan saluran tunggal.
Dan dengan setiap saluran tambahan yang mereka gunakan, pembeli omnichannel menghabiskan lebih banyak uang di toko.
Pelanggan yang menggunakan 4+ saluran menghabiskan rata-rata 9% lebih banyak di toko dibandingkan dengan mereka yang hanya menggunakan satu saluran tunggal.

Baca juga artikel tentang : Strategi Penjualan Omny Channel

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Studi yang sama menunjukkan bahwa dalam 6 bulan setelah pengalaman belanja omnichannel, pelanggan ini mencatat 23% lebih banyak perjalanan belanja berulang ke toko pengecer.
Mereka juga lebih cenderung merekomendasikan merek tersebut kepada keluarga dan teman daripada mereka yang menggunakan satu saluran.
Dengan ini Anda dapat berhenti mendorong kupon diskon, kampanye penjualan menengah, dan trik pemasaran tradisional lainnya. Fokus pada loyalitas pelanggan dan merek Anda akan aman.

4. Pengumpulan Data yang Lebih Baik
Pebisnis yang dapat melacak pelanggan mereka melalui saluran yang berbeda dapat melayani konsumen mereka dengan lebih baik dengan pengalaman yang lebih dipersonalisasi.
Pendekatan omnichannel memungkinkan bisnis mendapatkan wawasan tentang cara membuat konten dan penawaran yang akan mendorong pelanggan mereka untuk lebih terlibat dalam berbelanja – tidak hanya secara online tetapi juga di toko fisik.

Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk menerapkan cara omnichannel dalam pemasaran bisnis Anda. Anda mungkin sudah tertarik dari dulu, tapi Anda mungkin masih bingung mau memulai dari mana. Tenang saja akan kami bantu. Silahkan diskusi dengan kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Mari kita bicarakan cara omnichannel terbaik untuk bisnis Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi