Des 01

4 PENYEBAB UTAMA KEBANGKRUTAN BISNIS DISTRIBUTOR

Kita semua pasti tahu bahwa distribusi menempati peran yang sangat penting dalam kesuksesan semua bisnis. Tanpa adanya sistem distribusi yang tepat dan merata, penjualan bisnis tidak akan optimal.
Sementara suatu produk diproduksi di satu tempat, tetapi pelanggan tersebar di wilayah geografis yang luas, sehingga sulit bagi seorang produsen untuk mendistribusikan produknya ke seluruh negeri. Di situlah distributor masuk.
Distributor, juga dikenal sebagai stokis, pada dasarnya adalah seseorang yang menjalin kemitraan dengan produsen, membeli produk, menyimpannya & menjualnya kembali ke konsumen. Memiliki Distributor yang tepat, tentu akan meningkatkan eksposur perusahaan di pasar produk dan dapat memberikan keunggulan dalam hal kecepatan dan efisiensi. Namun, berbeda cerita jika Anda TIDAK memiliki distributor yang tepat dan malah berakhir bangkrut, hal ini jelas akan merugikan produsen. Untuk menghindari kerugian ini, perlu diketahui apa yang membuat distributor menjadi pasif atau bahkan bangkrut. Dalam artikel kali ini akan kami sampaikan beberapa hal yang menjadi penyebab kebangkrutan distributor.

1. Overstock
Overstock atau persediaan yang berlebihan bisa juga menjadi penyebab gagalnya bisnis distributor. Sebagai pelaku bisnis distributor, sangat perlu memahami kebutuhan pasar, sehingga mampu menyediakan stock dengan tepat.

2. Kalah Bersaing Harga
Bagi setiap bisnis, harga tentu menjadi salah satu penentu kesuksesan. Distributor yang tidak mampu menahan laju kenaikan harga, punya potensi untuk gagal dalam persaingan bisnis dan akhirnya bangkrut.

3. Pembukuan Tidak Rapi
Arus barang masuk dan keluar mesti dicatat dengan seksama sehingga akan terprediksi titik dimana akan muncul kerugian usaha. Hal ini juga untuk menghindari termakannya modal awal usaha sebagai dasar perputaran roda bisnis.

Baca juga artikel tentang : Pajak untuk Pengusaha Distributor 

4. Kurang Memahami Marketing Plan
Marketing Plan adalah serangkaian proses pemasaran yang sistematis dan terkoordinasi dengan tujuan untuk mencapai target hasil pemasaran yang diinginkan. Sehingga jika tanpa adanya marketing plan, strategi pemasaran Anda akan kacau.
Jika Anda bingung bagaimana membuat marketing plan yang benar-benar berfungi, kami bisa membantu Anda. Silahkan hubungi informasi kami di Bio.

Itulah 4 penyebab utama yang berpotensi mengakibatkan para distributor bangkrut.
1. Overstock
2. Kalah bersaing harga
3. Pembukuan tidak rapi
4. Kurang memahami marketing plan
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi