Sep 27

4 RAHASIA MEMBANGUN MEREK YANG MENONJOL


Hari-hari ini, kita hidup di dunia dengan persediaan tak terbatas…
Hanya dalam beberapa klik, siapa pun dapat memulai bisnis. Siapa pun dapat membuat produk, membangun toko online, menerbitkan iklan, dan menjangkau audiens secara online. Ini berarti bahwa setiap pasar dibanjiri bisnis yang menawarkan produk, fitur, dan solusi serupa.
Sehingga agar Anda terlihat menonjol, Anda perlu memiliki merek yang terhubung dengan pelanggan Anda, dan sangat diperhatikan.
Secara singkat, pengertian dari merek adalah identitas bisnis Anda, dan bagaimana perasaan orang-orang.
Sekarang, mari selami beberapa cara untuk membantu Anda membangun merek yang layak dibanggakan yang menonjol dibandingkan pesaing Anda.

1. Ketahui apa yang dipedulikan konsumen Anda
Kebanyakan orang sangat pandai menjelaskan “apa” dan “bagaimana” bisnis mereka. Misalnya, katakanlah Anda adalah perusahaan akuntansi, menjelaskan apa dan bagaimana caranya cukup sederhana…
• Apa yang Anda lakukan adalah Anda membantu individu dan bisnis untuk memastikan keuangan mereka dalam bentuk.
• Bagaimana Anda melakukannya mungkin berbeda, tetapi cenderung melibatkan beberapa bentuk manajemen akun di mana Anda membantu membuat faktur atau menyeimbangkan pembukuan setiap bulan atau kuartal.

Baca juga artikel tentang : Strategi untuk Peluncuran Produk Baru yang Efektif

Dan hal yang akan membantu satu perusahaan akuntansi menonjol dari para pesaingnya adalah bergerak dari apa dan bagaimana menjadi mengapa.
“Mengapa” inilah yang akan membuat calon pelanggan memilih bisnis Anda daripada bisnis lainnya. “Mengapa” adalah pembeda Anda.
Secara umum, konsumen tidak terlalu mempermasalahkan bagaimana Anda melakukan pekerjaan Anda — alat yang Anda gunakan, proses internal Anda, dan hal-hal seperti itu. Yang dipedulikan konsumen adalah “mengapa bisnis ini penting dalam hidup saya?”
Dan untuk kembali ke contoh akuntansi — kami telah menjelaskan apa dan bagaimana — tetapi “mengapa” mungkin tidak begitu jelas. Misalnya, jika sebagian besar perusahaan akuntansi melayani usaha kecil, “mengapa” mungkin membebaskan waktu bagi pemilik bisnis untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman.
Jadi bagaimana Anda menemukan mengapa Anda? Riset pelanggan adalah tempat yang bagus untuk memulai.

2. Temukan manfaat teknis, fungsional, dan emosional dari bisnis Anda
Setelah Anda melakukan riset pelanggan, Anda dapat mulai memikirkan berbagai jenis manfaat yang ditawarkan bisnis Anda kepada konsumen.
Anda bisa menggunakan kerangka piramida merek. Kerangka piramida merek dapat membantu Anda menentukan manfaat tersebut.
Piramida merek telah ada sejak akhir tahun sembilan puluhan, tetapi masih memainkan peran kunci dalam strategi merek. Piramida membantu Anda menjawab pertanyaan mendasar tentang bisnis Anda dan tempatnya di pasar. Berikut contohnya piramida merek dari Insead Knowledge:

Tiga elemen kunci dari setiap piramida merek adalah manfaat teknis, fungsional, dan emosional yang ditawarkan bisnis Anda kepada konsumen.

• Manfaat teknis
Di bagian bawah piramida, Anda memikirkan tentang manfaat teknis merek Anda (berlabel ‘Fitur dan atribut’ pada gambar di atas). Pada dasarnya ini akan membantu Anda untuk menentukan apa yang Anda lakukan sebagai sebuah perusahaan. Pada tahap ini Anda ingin mengajukan pertanyaan seperti: Bagaimana bisnis ini menguntungkan konsumen? Bagaimana itu akan menghasilkan uang? Apa yang kami tawarkan?
• Manfaat fungsional
Kemudian, dengan manfaat teknis dari merek Anda yang telah ditentukan, inilah saatnya untuk melihat manfaat fungsional yang dapat Anda tawarkan kepada konsumen. Manfaat fungsional pada dasarnya adalah apa yang pelanggan Anda dapatkan ketika mereka membeli produk atau layanan Anda.
Manfaat fungsional cenderung berfokus pada hal-hal seperti bagaimana suatu produk dapat meningkatkan kehidupan Anda, membantu Anda tetap terhubung dengan orang lain, atau membantu Anda membuat kemajuan.
• Manfaat emosional
Selanjutnya, adalah manfaat emosional. Dan inilah yang benar-benar membuat satu merek menonjol dari yang lain. Manfaat emosional adalah bagaimana merek Anda membuat seseorang merasa berdasarkan cerita yang Anda ceritakan kepada konsumen. Salah satu manfaat emosional Nike, misalnya, adalah peralatannya akan membuat Anda merasa seperti seorang atlet profesional.

Saat Anda mempelajari semua yang telah Anda pelajari selama fase riset pelanggan Anda, mulailah mencari kata-kata berbasis emosi yang digunakan pelanggan Anda, atau pelanggan potensial, untuk menggambarkan perusahaan Anda atau masalah yang sedang Anda pecahkan.
Setiap kali seseorang mengatakan “Saya merasa” atau “itu membuat saya.. bahagia, santai, bangga, atau sehat”, misalnya, ini membantu Anda mengidentifikasi manfaat emosional yang diberikan perusahaan Anda.

3. Buat tagline dan pesan sederhana
Lakukan saja, Pikirkan Berbeda, Saya Menyukainya…
Itu semua adalah contoh tagline merek yang bagus. Dengan mengatakan hanya dua atau tiga kata, saya yakin Anda tahu persis bisnis mana yang saya bicarakan. Dan itulah kekuatan untuk dapat meringkas pesan Anda menjadi sesuatu yang sederhana, dan mudah diingat. Tapi ini tidak mudah dilakukan.
Merebus seluruh bisnis Anda menjadi satu kalimat, atau bahkan hanya beberapa kata bisa sangat sulit. Dan Anda tidak bisa memaksanya. Salah satu cara terbaik untuk membuat tagline yang sempurna adalah dengan memfasilitasi brainstorming dan menciptakan ruang untuk berbagi ide. Terkadang ide terbaik akan datang kepada Anda di luar kantor. Jadi jangan takut untuk berpikir di luar kotak, dan jauh dari meja Anda.
Jadi untuk memulainya, tulis dengan tepat apa yang bisnis Anda berikan kepada pelanggan dengan kata-kata sebanyak yang diperlukan — ini bisa menjadi satu atau dua paragraf, bahkan mungkin lebih lama. Dan ingat untuk memikirkan manfaat emosional di sini juga, bukan hanya manfaat teknis dan fungsional yang Anda tawarkan.
Selanjutnya, Anda ingin mengambil apa yang baru saja Anda tulis dan mengeditnya menjadi hanya satu atau dua kalimat. Ulangi proses itu untuk membuatnya menjadi satu kalimat, atau hanya beberapa kata. Kemudian ambil salinan terakhir itu dan mainkan dengan sejumlah versi berbeda: Tulis ulang, ganti kata, dan bereksperimen dengan panjang yang berbeda. Proses ini akan membantu Anda menyaring semua pemikiran yang ingin Anda bagikan tentang bisnis Anda menjadi tagline yang singkat dan mudah diingat.
Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya: “Mengapa tagline begitu penting?”
Dari pengalaman pribadi, saya tahu saya belum pernah membeli Mac karena tagline mereka “berpikir berbeda.” Tetapi memiliki tagline itu berarti bahwa Apple memiliki misi yang jelas, dan semua yang dilakukannya — mulai dari iklan yang dibuatnya, hingga peluncuran utamanya — dipandu oleh visi itu.

4. Pastikan bisnis Anda hidup dan menghidupkan merek Anda
Agar sukses, dan agar konsumen memercayai pesan Anda, Anda harus menghidupkan merek Anda.
Misalnya, Nike mengatakan misinya adalah untuk “membawa inspirasi dan inovasi kepada setiap atlet di dunia.” Dan perusahaan melihat setiap orang sebagai atlet, bukan hanya profesional.
Tapi Nike tidak hanya mengatakan itu, ia hidup dengan itu.
Itulah mengapa perusahaan berfokus untuk menciptakan pakaian dan alas kaki paling inovatif, dan mengapa iklannya berkisar pada pesan dan cerita yang inspiratif.
Merek Nike tercermin dalam setiap konten yang ditampilkan di media sosial. Tepat sebelum menulis ini, saya melompat ke akun Instagram utama Nike, berikut adalah beberapa posting yang saya lihat:
• Video IGTV dengan Saquon Barkley berbagi tempat impian NFL-nya dimulai.
• Foto pemegang rekor dunia maraton wanita Brigid Kosgei dengan mantan pemegang rekor Paula Radcliffe.
• Foto Rafael Nadal berbagi ambisinya sebagai seorang anak.

Tentu saja, tidak semua bisnis akan memiliki sumber daya Nike, atau akses ke superstar global dalam hal ini. Tapi itu masih menjadi contoh yang bagus untuk memastikan esensi merek Anda bersinar di setiap platform.
Untuk kembali ke contoh akuntansi yang saya sebutkan sebelumnya. Jika “mengapa” atau manfaat emosional Anda memberi pemilik usaha kecil lebih banyak waktu luang untuk dihabiskan di luar pekerjaan, Anda dapat memastikan semua pesan dan konten Anda mendukung misi ini. Ini bisa berarti posting Instagram dengan klien menikmati diri mereka sendiri jauh dari kantor atau posting blog tentang memutuskan hubungan dari pekerjaan. Bahkan bisa berarti Anda memikirkan kembali citra dan salinan yang Anda gunakan di situs web Anda.
Seperti yang saya sebutkan di awal posting ini, merek Anda adalah identitas bisnis Anda dan bagaimana perasaan orang-orang. Jadi, setiap titik kontak di mana seseorang dapat berinteraksi dengan bisnis Anda harus mewakili apa yang Anda inginkan dari merek Anda, dan bagaimana perasaan orang-orang yang Anda inginkan.
Jika membicarakan perihal merek/brand, memiliki brand yang sudah terdaftar dan mendapat legalisasi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) merupakan satu poin penting yang tidak boleh Anda lupakan. Karen ajika Anda menggunakan merek atau brand yang sudah terdaftar di HAKI sebelumnya, Anda akan mendapat sanksi. Dan jika Anda menggunakan brand yang sudah resmi terdaftar HAKI, keamanan brand Anda akan terjamin. Jika Anda berminat untuk mendaftar ke HAKI untuk brand Anda, kami bisa membantu. Silahkan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi