Sep 01

4 TAHAPAN SALURAN PENJUALAN YANG PERLU ANDA KETAHUI

Semisal selai, untuk membuat selai, Anda membutuhkan buah dan banyak gula. Anda merebus gula dan buah bersama-sama untuk waktu yang ditentukan, dan kemudian Anda menuangkan campuran panas melalui corong ke dalam stoples mason yang disterilkan, yang Anda tutup untuk mengamankan konpeksi Anda.
Bisnis Anda adalah toples Mason, dan konsumen adalah selainya. Anda memerlukan corong penjualan untuk memasukkannya, dan dalam artikel ini akan kita pelajari semuanya.

Apa itu Corong Penjualan E-commerce?

Sederhananya, saluran penjualan eCommerce adalah representasi visual dari perjalanan pelanggan Anda. Konsumen memasuki bagian atas saluran penjualan dan bergerak ke bawah, tahap demi tahap sampai mereka menjadi pelanggan tetap.
Beberapa konsumen meluncur melalui corong dengan cepat, ada juga yang membutuhkan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Semakin mahal harga produk, semakin lama konsumen meluncur dalam corong.
Setiap bisnis memiliki saluran penjualan yang unik — tetapi anatomi dasar pipa tetap sama di seluruh papan. Jika Anda menjual barang-barang murah (misalnya produk kecantikan, pakaian jadi, mainan, atau produk hewan peliharaan), saluran penjualan Anda mungkin akan cukup pendek. Mengapa? Karena biaya tidak akan menjadi penghalang untuk membeli. Menggunakan logika yang sama, jika Anda berada di pasar mewah (jam tangan kelas atas, perhiasan mahal, teknologi mutakhir, atau kendaraan), saluran penjualan Anda kemungkinan akan lebih panjang.

4 Tahapan Saluran Penjualan E-commerce

Singkatnya, ya — Anda benar-benar membutuhkan saluran penjualan untuk toko online Anda.
Anda memerlukan data untuk membuat corong. Sebelum Anda mulai, pikirkan dari mana biasanya prospek Anda berasal. Apakah orang berinteraksi dengan perusahaan Anda di media sosial? Bisakah Anda menangkap konsumen melalui iklan Facebook atau Twitter? Jika Anda mengetahui di mana “tinggal” pelanggan potensial Anda, Anda dapat menargetkan mereka dengan tepat dan mengantarkan mereka ke puncak saluran Anda.
Sekarang kita akan melihat empat komponen corong utama.

1. Tahap kesadaran.
Konsumen dalam tahap kesadaran adalah merek baru di tempat kejadian. Mereka mengetahui tentang perusahaan Anda melalui Google (di sinilah taktik SEO terbayar), atau iklan Facebook berbayar, atau influencer. Apakah Anda perusahaan yang sah, atau Anda menjalankan scam? Apakah Anda menjual produk yang mungkin mereka sukai? Apakah mereka memiliki masalah yang dapat Anda perbaiki? Orang-orang ini belum tahu.
Anda perlu membuat kesan pertama yang hebat. Anda perlu mendidik orang-orang ini tentang bisnis Anda dan memposisikan merek Anda dengan baik. Pikirkan diri Anda sebagai tukang kebun: ini adalah fase penanaman benih dari rencana pemasaran Anda.
Situs media sosial bukanlah platform penjualan e-commerce yang efektif, tetapi merupakan tempat yang luar biasa untuk menemukan prospek baru. Situs seperti Facebook, Twitter, dan Instagram menawarkan dua alat pemasaran utama: iklan dan halaman berbayar, atau profil. Anda dapat menggunakan kedua cara untuk menumbuhkan kesadaran merek dan meningkatkan kesuksesan bisnis Anda.

2. Tahap pertimbangan.
Pada saat mereka mencapai titik ini, konsumen tahu siapa Anda dan apa yang Anda jual. Mereka telah mengidentifikasi kebutuhan — “titik nyeri” — dan mereka mencari solusi. Mereka mulai berpikir untuk membeli produk Anda. Mereka mungkin memutuskan untuk berlangganan umpan RSS di blog atau buletin Anda. Jika Anda menawarkan peningkatan konten berbayar, Anda akan melihat peningkatan minat pada tahap pertimbangan.
Ini adalah fase corong tengah. Anda harus bekerja sedikit lebih keras untuk mendapatkan hasil — ajakan bertindak tidak akan cukup di sini — tetapi Anda selangkah lebih dekat ke pembayaran. Anda perlu menunjukkan kepada orang-orang ini testimonial pelanggan, deskripsi produk yang dikuratori, dan konten menarik lainnya.
Salah satu yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan tahapan ini adalah menggunakan bukti sosial. Ini pada dasarnya adalah tekanan teman sebaya yang terbungkus dalam haluan yang lebih sopan. Ketahuilah ketika konsumen sejati memuji produk Anda, Anda mendapatkan kredibilitas yang lebih tinggi. Ulasan Google, testimonial di tempat, dan komentar media sosial adalah semua bentuk bukti sosial. Anda harus bisa memaksimalkan ini.

3. Tahap pembelian.
Tugas Anda pada tahap ini adalah membuat keputusan semudah mungkin bagi mereka. Anda perlu membuktikan bahwa Anda lebih baik daripada pesaing: Anda menawarkan produk yang lebih baik, atau opsi pengiriman yang lebih baik, atau perawatan yang lebih baik, atau harga yang lebih baik.
Coba tambahkan popup ke halaman Anda. Iklan kecil yang cerdas ini muncul saat konsumen mencoba meninggalkan situs Anda: menawarkan diskon, pengiriman gratis, atau proposal paket berbatas waktu untuk meningkatkan rasio konversi rata-rata Anda.
Selain itu, Anda juga bisa mengurangi gesekan checkout. Permudah proses checkout Anda.

4. Tahap retensi.
Saluran penjualan Anda tidak berakhir dengan pembelian pertama pelanggan. Pelanggan berulang adalah bagian tak ternilai dari kesuksesan eCommerce. Mempertahankan pelanggan jauh lebih murah dan lebih mudah daripada menarik pelanggan baru. Bagian akhir dari jalur pemasaran yang vital ini membuat basis konsumen Anda kembali lagi dan lagi.
Program loyalitas berbasis poin, akun klien berbasis nilai, penawaran khusus khusus pelanggan, dan seri email retensi pelanggan berkala semuanya membantu menjaga koneksi yang sehat. Jika Anda menjalankan perusahaan yang lebih besar, pertimbangkan untuk menggunakan platform manajemen hubungan pelanggan (CRM) untuk memelihara hubungan baik.

Kesimpulan
Untuk membuat saluran penjualan yang efektif, Anda harus memahami cara kerja setiap bagian dari perjalanan pembeli — dan mengapa. Saluran pemasaran yang terencana dengan baik dapat membantu Anda mendapatkan prospek baru, mempertahankan pelanggan yang sudah ada, dan membangun kesadaran merek untuk masa depan yang lebih cerah di e-commerce. Semoga bermanfaat. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi