Feb 13

4 TIPS INBOUND MARKETING UNTUK MENARIK PELANGGAN

Pernah mendengar tentang inbound marketing? Apakah memiliki bisnis kecil yang bermimpi untuk mengembangkan bisnis Anda? Masalah utama yang sering menghambat banyak bisnis untuk naik tingkat adalah kesadaran tentang merek Anda, mengetahui dan memahami pelanggan Anda.

Apa Itu Inbound Marketing?
Inbound marketing adalah teknik pull marketing yang menggunakan strategi non-intrusif dan bertarget seperti pemasaran konten, pemasaran media sosial, pemasaran acara, dan pengoptimalan mesin telusur, untuk menciptakan kesadaran merek, menarik calon klien, dan mengubahnya menjadi prospek dan pelanggan aktual.
Ini bisa membingungkan bagi mereka yang baru mengetahui cara kerja pemasaran dan mungkin bertanya-tanya bagaimana inbound marketing berbeda dari periklanan atau strategi outbound marketing lainnya. Berikut ini 4 tips agar inbound marketing Anda berhasil.

1. Menarik Perhatian Pelanggan
Tahap pertama untuk menarik perhatian calon pelanggan adalah dengan membuat sesuatu yang menarik. Pada tahap attract (Brand Awareness) ini dibutuhkan beberapa hal agar audience mudah menemukan bisnis atau produk Anda.
Menyesuaikan konten yang dicari audiens target Anda sesuai dengan tahap saluran pemasaran yang mereka ikuti adalah strategi yang sempurna untuk menarik orang-orang yang kemungkinan besar akan berubah menjadi prospek dan akhirnya membeli penawaran Anda. Konten tersebut bisa dipublikasikan dalam bentuk blog, video, buku, dan podcast.

2. Konversi
Salah satu kunci keberhasilan dalam Inbound Marketing adalah menciptakan Brand Engagement yang baik antara brand dengan calon pelanggan potensial untuk meningkatkan konversi. Langkah apa yang harus dilakukan untuk Brand dapat implementasi demi meningkatkan Engagement / hubungan yang baik sehingga mereka dapat Convert dari Visitors menjadi Leads?
Landing Page Optimization
• Jika Anda ingin menarik potensi audience dalam sebuah campaign yang menarik gunakan sebuah minisite/landing page yang teroptimasi.
• Landing page tersebut bisa dalam bentuk kuis, selfie atau lead magnet lainnya yang dapat menarik perhatian milenials tersebut.
• Komunikasi, gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan audience.
• Terbuka, buatlah audience mengenal lebih dalam tentang produk/bisnis Anda dalam landing page tersebut. Berikan gambaran-gambaran yang cukup jelas tentang challenge yang mereka hadapi dan bagaimana produk/bisnis Anda dapat menjadi solusi bagi mereka.

3. Penjualan
Sekarang saatnya untuk mengubahnya menjadi pelanggan dengan membuatnya membeli penawaran Anda.
Tidak semua metode dapat bekerja secara efektif karena setiap bisnis berbeda. Itu tergantung pada apa yang sesuai dengan basis pelanggan Anda dan apa yang tidak.
Berikut dua metode umum yang dapat Anda gunakan:
• Email. Email masih merupakan metode termudah dan paling efektif untuk memastikan lebih banyak penjualan. Karena Anda tahu dari mana pelanggan mendaftar dan Anda dapat menggunakan informasi ini untuk mengirim email informatif yang lebih dipersonalisasi.
• CRM. Manajemen hubungan pelanggan atau Customer relationship management (CRM) mengacu pada praktik, strategi, dan teknologi yang digunakan oleh pemasar untuk mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan dan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi melalui kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.

Baca juga artikel tentang : Tips Membuat Konten Digital Marketing yang Efektif

4. Kepuasan Pelanggan
Tahap Delight ini merupakan tahap yang sangat penting. Pada tahap ini, Perusahaan harus benar-benar memastikan konsumennya mendapat kepuasan atas produk yang perusahaan berikan agar mendapatkan pelanggan yang setia atau yang dapat kita nama kan dengan fase Brand Loyalty.
Pada beberapa perusahaan besar seperti perusahaan telekomunikasi dan perbankan sudah mulai menerapkan hal ini. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat poling penilaian, survei kepuasan pelanggan dan menggunakan email marketing.

Akhir Kata
Inbound marketing, meskipun merupakan pendekatan baru dalam pemasaran digital, telah menghasilkan pembangunan merek dan memanfaatkan saluran pemasaran online dengan cara yang lebih efisien daripada strategi tradisional. Anda bisa mengikuti tips-tips diatas untuk memperbesar potesi keberhasilan inbound marketing Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900, agar kami dapat mengetahui kendala bisnis apa yang Anda alami. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi