Agu 10

4 TIPS MEMILIH PBF YANG TEPAT DAN MENGUNTUNGKAN APOTEK

Setiap aktivitas apotek sangat terikat dengan perundang-undangan seperti saat proses pengadaan, penerimaan, penyimpanan, dan pendistribusian obat. Adanya kebijakan ini membuat apotek harus mengikuti setiap peraturan yang berlaku. Salah satu peraturannya adalah apotek hanya diperbolehkan mengadakan obat dari pedagang besar farmasi (PBF).
PBF (Pedagang Besar Farmasi) sendiri adalah suatu lembaga yang telah memiliki izin legal secara hukum untuk melakukan kegiatan pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian obat dalam jumlah yang besar sesuai dengan CDOB (Cara Distribusi Obat yang Baik) yang berlaku.
Saat apotek memilih PBF pun harus berhati-hati dikarenakan jika apotek memilih PBF palsu, maka apotek akan terjerat oleh hukum yang berlaku. Dalam artikel kali ini, akan kami sampaikan beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih PBF untuk pemenuhan apotek Anda.

Baca juga artikel tentang : Cara Meningkatkan Profit Apotek Anda Pribadi

1. Legalitas PBF
Ini adalah poin pertama dan yang paling penting untuk anda pertimbangkan yaitu legalitas PBF. Anda dapat meminta bukti kelegalan diawal pertemuan Anda dengan PBF. Pastikan PBF yang Anda temui memiliki surat izin Pedagang Besar Farmasi yang dikeluarkan oleh Dirjen jika PBF pusat atau dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi untuk PBF Cabang.

2. Kualitas Produk
Poin berikutnya adalah menilai kualitas sediaan farmasi yang disediakan oleh PBF tersebut. Pastikan persediaan telah disimpan dengan prosedur yang benar. Karena jika penyimpanan dilakukan dengan prosedur yang salah, tentu akan merusak persediaan.

3. Harga Produk
Karena apotek adalah suatu unit bisnis tentunya perlu mengambil keuntungan dari proses penjualan obat atas barang dan jasa yang ia berikan. Sehingga Anda sebagai pemilik apotek perlu memilih PBF menawarkan harga bersaing atau PBF yang sering menawarkan potongan harga saat Anda membeli obat dengan jumlah banyak.

4. Pelayanan PBF
Selanjutnya juga tidak kalah penting yaitu mengenai kualitas pelayanan yang disediakan oleh PBF. Sejauh apa PBF responsif terhadap keluhan yang disampaikan oleh apotek, misalkan terkait dengan waktu kadaluarsa obat, PBF yang dapat menawarkan penukaran obat yang mendekati waktu kadaluarsa akan lebih menguntungkan untuk apotek Anda.
Anda juga bisa menilai dari segi waktu pengiriman obat, pilihlah distributor yang dapat mengirimkan obat dengan cepat. Hal ini dikarenakan lamanya waktu tunggu akan berpengaruh terhadap pelayanan apotek anda.

Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silahkan hubungi kami melalui nomor whatsapp kami 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi