Jun 09

4 TIPS PENGUJIAN KINERJA APLIKASI E-COMMERCE YANG BERHASIL

Untuk berhasil dalam lingkungan e-commerce saat ini, penggunaaan web dan aplikasi e-commerce harus lebih diutamakan.
Untuk menjamin pengalaman pelanggan terbaik, situs web dan aplikasi harus menawarkan pengalaman pengguna yang konsisten dan tanpa hambatan. Dalam hal ini, pengujian kinerja memainkan peran kunci.
Pengujian kinerja ditujukan untuk mengukur stabilitas, skalabilitas, dan kecepatan atau respons aplikasi. Adanya pengujian kinerja ini dapat mengidentifikasi masalah yang dapat menyebabkan aplikasi berfungsi dengan buruk (halaman yang dimuat lambat, fungsi yang tidak responsif, penghentian situs web, aplikasi macet, dll.) karena peningkatan lalu lintas atau permintaan.
Berikut beberapa tes atau pengujian yang perlu dipertimbangkan:
• Load Testing: Mengukur kinerja aplikasi di bawah beban kerja normal.
• Stress Testing: Memeriksa perilaku aplikasi di bawah beban kerja yang berat untuk menentukan titik putus aplikasi.
• Spike testing: Mengevaluasi kinerja aplikasi ketika ada peningkatan mendadak dalam beban kerja aplikasi.
• Scalability Testing: Menilai kemampuan aplikasi untuk ditingkatkan sebagai respons terhadap peningkatan beban kerjanya.
• Volume Testing: Mengukur throughput aplikasi dengan menggunakan sejumlah besar data dalam alur kerja pencarian.
• Endurance Testing: Menghitung kinerja aplikasi saat berada di bawah beban kerja tertentu dalam jangka waktu yang lama.

Saran Pengujian Kinerja
Dalam e-commerce, rencana pengujian kinerja juga harus memasukkan sejumlah elemen yang dapat memengaruhi kecepatan dan skalabilitas situs web dan aplikasi.

1) Uji di Berbagai Lokasi Geografis
Untuk ritel dengan basis pelanggan internasional, tes kinerja harus dilakukan untuk memastikan lokasi geografis pembeli online tidak mempengaruhi kecepatan situs atau aplikasi.

2) Uji Semua Transaksi
Karena beberapa transaksi, seperti pencarian produk, bisa lebih intensif jaringan daripada yang lain, pengujian semua transaksi sangat penting. Pada saat yang sama, transaksi perlu diuji di berbagai perangkat dan browser untuk memastikan kecepatan transaksi sesuai standar.

3) Uji Di Berbagai Perangkat dan Konfigurasi
Konsumen online saat ini menggunakan banyak perangkat sebelum akhirnya melakukan pembelian, baik di dalam toko maupun online. Untuk menawarkan pengalaman pengguna yang optimal, pengujian kinerja sangat penting untuk memperhitungkan berbagai perangkat (laptop, tablet, dan smartphone) yang digunakan konsumen untuk berbelanja online.
Selain itu, menggunakan browser, sistem operasi, model ponsel cerdas atau tablet yang berbeda, dll., penting untuk menentukan apakah konfigurasi tertentu memengaruhi kinerja aplikasi atau situs web secara negatif.

4) Uji Sistem Pembayaran
Situs web dan aplikasi e-commerce harus dapat menangani banyak transaksi secara bersamaan. Menguji sistem pembayaran adalah langkah penting lainyya. Menguji kinerja sistem pembayaran akan membantu untuk mengungkap masalah apa pun yang dapat mengganggu atau memblokir transaksi, terutama saat sejumlah besar pengguna melakukan pembayaran secara bersamaan.

Baca juga : Peran Penting Personalisasi Ecommerce

Akhir Kata
Karena penjualan online terus tumbuh dan mewakili saluran penting bagi ritel, pengujian kinerja akan terus memungkinkan mereka untuk memberikan aplikasi dan situs berkualitas tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi