Okt 18

5 CARA MENCIPTAKAN STRATEGI DIFERENSIASI MEREK

Setiap merek pasti ingin tampil beda. Jadi itu menonjol bagi pelanggan di pasar yang berantakan – dan memaksa mereka untuk membeli dari Anda dan bukan dari pesaing Anda. Pikirkan Apple, H&M dan Ikea. Di permukaan, mereka adalah perusahaan yang membuat komputer, smoothie, pakaian, dan furnitur – dan produk mereka mungkin sangat mirip dengan produk pesaing mereka. Tetapi masing-masing organisasi ini memiliki strategi diferensiasi merek yang dipertimbangkan dengan cermat, menjadikannya unik dari yang lain di pasar. Berikut adalah beberapa dari beberapa strategi diferensiasi merek yang umum digunakan dan sangat efektif:

Inovasi untuk diferensiasi
Merancang teknologi atau cara kerja baru dapat memberikan diferensiasi merek. Konsep kedai kopi Starbuck mengubah cara kita mendapatkan kafein. Ini paling terlihat dengan merek teknologi seluler yang terus-menerus memperkenalkan fitur baru agar tetap relevan dan menarik.
Berinovasi akan menarik perhatian tetapi perlu terus-menerus menciptakan kembali untuk memimpin pasar; jika tidak, merek bisa jatuh di pinggir jalan, seperti mantan pemimpin pasar Microsoft dan Nokia, yang berjuang untuk bersaing dengan merek yang berpikiran lebih gesit. Anda tidak ingin diferensiasi merek dicapai melalui kurangnya inovasi.

Strategi harga
Anda dapat menangkap pangsa pasar yang cukup besar melalui harga yang lebih rendah, tetapi bisa sulit untuk mempertahankannya dari waktu ke waktu, karena selalu ada seseorang yang dapat melakukannya dengan lebih murah. Ini dapat menyebabkan churn pelanggan yang tinggi juga, karena orang terus-menerus mencari penawaran yang lebih baik. Pertimbangkan apakah Anda benar-benar ingin strategi diferensiasi merek Anda didasarkan pada perlombaan ke bawah.

Diferensiasi melalui kualitas produk
Diferensiasi merek produk membentuk ikatan emosional yang kuat dengan konsumen (orang-orang masih berbicara tentang pakaian M&S sebagai kualitas, bahkan ketika mereknya sedang terpuruk). Tapi itu bisa luar biasa jika fitur dan spesifikasi terlalu terlibat, seperti di pasar teknologi. Bang & Olufsen melengkapi strategi diferensiasi mereknya dengan memperkenalkan sub-merek Play yang lebih terjangkau, yang ditujukan untuk pemirsa seluler yang lebih muda. Dengan melakukan itu, ia memperluas daya tariknya dan memperkuat intinya.

Baca juga artikel tentang : Strategi untuk Peluncuran Produk Baru yang Efektif

Layanan pelanggan untuk diferensiasi
Beberapa merek mendasarkan strategi diferensiasi merek mereka pada penawaran layanan pelanggan yang luar biasa, termasuk Amazon. Itu dapat menciptakan loyalitas yang kuat berdasarkan kontak pribadi, dan sebuah merek dapat membangun reputasi untuk keandalan dari waktu ke waktu. Mudah bagi pesaing untuk menyalin. Ini bisa mahal untuk sebuah merek dalam hal pelatihan dan staf, serta kebutuhan untuk iklan atau pesan lainnya. Membuat ini menjadi proses yang panjang dalam mencapai status diferensiasi merek.

Merek didorong oleh kepribadian
Menggunakan bahasa dan citra untuk berdiri terpisah dari orang lain mengarah ke tingkat pengenalan dan ingatan merek yang tinggi. Apakah merek teman terbaik Anda? Seorang pendidik? Khawatir dengan kesejahteraan Anda? Atau seorang motivator yang ingin Anda berlari lebih cepat, mendaki lebih tinggi dan mengambil risiko? Pepsi sering dianggap oleh konsumen lebih muda, Coke lebih nyata dan jujur, Dr. Pepper lebih non-konformis. Tali pengikat, logo, citra, dan salinan merek mewujudkan perbedaan kepribadian ini, yang seharusnya mengarahkan semua kreativitas dan seringkali cara perusahaan berperilaku.
Jenis strategi diferensiasi merek ini dapat menciptakan karakteristik seperti manusia untuk membuat merek lebih diinginkan, bertekstur dan khas, tetapi juga dapat membatasi pengembangan merek.

Proposisi merek
Akhirnya, salah satu cara paling sukses untuk mencapai diferensiasi merek adalah melalui pengembangan proposisi yang unik. Merancang pernyataan pemosisian yang efektif yang mengungkapkan pandangan, visi, atau filosofi merek Anda – dan mencerminkan apa yang diinginkan pelanggan Anda. Mereka meneliti nilai individu, aspirasi, dan minat sosial untuk menentukan apa yang mendorong pelanggan untuk membeli, serta apa yang menarik, menggairahkan, atau memuaskan mereka.
Proposisi yang unik dapat menciptakan pengikut yang kuat, setia, atau bahkan penginjilan merek (pikirkan Apple dan Harley Davidson), tetapi mungkin membutuhkan waktu dan uang untuk mencapainya.

Akhir kata
Membangun merek yang kuat membutuhkan strategi diferensiasi merek yang tepat untuk menciptakan preferensi pembelian, loyalitas pelanggan, dan pada akhirnya lebih banyak penjualan. Dan itu membutuhkan pemikiran yang berbeda.
Mengingat akan merek, Anda perlu mendaftar untuk mendapat Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Anda ingin mendapatkan HAKI untuk merek Anda? atau ada yang ingin Anda tanyakan perihal HAKI untuk merek Anda? Silahkan hubungi kami, kami siap membantu Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi