Nov 22

5 KESALAHAN UMUM DALAM PEMBUATAN RENCANA PEMASARAN

Mengembangkan rencana pemasaran adalah bagian penting dari peluncuran bisnis. Namun, merencanakan strategi pemasaran juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan dengan ide dan niat terbaik, masih ada aspek dari rencana Anda yang bisa salah.
Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan kami bagikan beberapa faktor yang menimbulkan kegagalan dalam rencana pemasaran.

1. Tidak Mendapatkan Wawasan Pasar yang Tepat
Bila Anda tidak memiliki wawasan pasar yang cukup atau wawasan yang tepat, rencana tersebut didasarkan pada pandangan samar tentang pasar yang ingin Anda jangkau dan tidak cukup dalam. Mulailah dengan memahami pelanggan Anda. Ikuti rapat penjualan; mendengar tantangan pasar secara langsung di lapangan. Wawasan tentang apa yang memicu pelanggan untuk membeli dari perusahaan Anda akan memungkinkan Anda membangun rencana pemasaran yang benar-benar berhasil.

2. Tidak Mencocokkan Saluran Pemasaran Dengan Preferensi audiens
Satu-satunya aspek yang ingin Anda jelaskan adalah audiens Anda. Siapa mereka? Apa yang membuat mereka tergerak? Masalah apa yang mereka hadapi? Memiliki pemahaman mendalam tentang demografi target membantu Anda memfokuskan pesan dan memutuskan saluran mana yang akan ditargetkan.

3. Kehilangan Tujuan Keseluruhan Anda
Terlalu sering, pemasar dikejutkan oleh taktik trendi. Kehilangan tujuan adalah satu hal yang sering terjadi pada rencana pemasaran apa pun. Ide cerdas tidak dibuat oleh rencana pemasaran. Dapatkan gambaran audiens Anda dengan jelas dan tetapkan tujuan Anda.

4. Melebih-lebihkan Penjualan
Di satu sisi, sangat bagus untuk membidik hasil terbaik. Di sisi lain, penting juga untuk bersikap realistis dengan perkiraan penjualan Anda. Jika Anda terlalu yakin untuk menjual produk atau layanan tertentu, Anda mungkin menghabiskan terlalu banyak anggaran untuk margin yang lebih sedikit daripada yang Anda harapkan.

Baca juga artikel tentang : Pentingnya Manajemen Pemasaran Dalam Dunia Bisnis

5. Menjalankan Rencana
Memikirkan dan merencanakan banyak ide memang mengasyikkan, tetapi memastikan memiliki waktu dan sumber daya untuk mengeksekusi ide ini adalah bagian tersulit yang pernah ada. Dalam rapat pemasaran, biasanya banyak muncul ide-ide yang luar biasa, tetapi ketika sampai pada eksekusi, terkadang sulit untuk menemukan sumber daya yang tepat untuk membuat semua rencana terealisasikan.

Membuat rencana pemasaran bisa menjadi proposisi yang rumit jika Anda mencoba memasarkan barang dan jasa Anda seperti yang Anda inginkan daripada mendasarkan rencana pemasaran Anda pada apa yang ingin dilihat pasar. Untuk membuat rencana pemasaran yang memastikan Anda menerima manfaat maksimal dari pengembangan produk, penjualan, periklanan, promosi, dan hubungan masyarakat, berusahalah untuk memenuhi kebutuhan pasar.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami di nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi