Agu 04

5 KPI KEUANGAN UNTUK MELACAK PERTUMBUHAN PERUSAHAAN

Manajemen keuangan adalah salah satu proses internal terpenting untuk bisnis apa pun. Faktanya, manajemen keuangan yang cermat memastikan stabilitas, kepatuhan pajak, dan pencatatan yang baik, dan pada akhirnya memfasilitasi pertumbuhan bisnis.
Tapi itu hanya puncak gunung es. Mengelola keuangan bisnis dengan hati-hati dan menggunakan alat penganggaran yang tepat sangat penting dalam mendorong pertumbuhan di seluruh organisasi.
Untuk mengelola keuangan Anda secara efisien dan mencapai hasil yang lebih baik dari waktu ke waktu, Anda perlu memiliki key performance indicators (KPI) yang tepat ke dalam proses keuangan Anda.
KPI ini membantu memastikan bahwa Anda mencapai tujuan Anda, dan memungkinkan Anda mengambil pendekatan terperinci untuk pemantauan, alokasi sumber daya, dan perkiraan. Singkatnya, KPI membantu menghasilkan ROI positif pada investasi Anda.
Berikut adalah KPI yang Anda butuhkan dalam strategi keuangan Anda untuk mendorong pertumbuhan Anda di tahun 2022.

1. Tingkat pertumbuhan penjualan
Salah satu KPI paling penting yang harus diperhatikan oleh setiap tim penjualan dan setiap pemilik bisnis adalah tingkat pertumbuhan. Ini menunjukkan tingkat di mana Anda menutup lebih banyak penjualan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Ini pada gilirannya menyoroti area strategi penjualan Anda yang berkinerja terbaik, serta yang perlu Anda sesuaikan dan optimalkan.
Penting untuk diingat bahwa Anda perlu memantau ini dan metrik pertumbuhan lainnya dari waktu ke waktu untuk menghasilkan data yang relevan dan mengekstrak wawasan yang andal.

2. Pengeluaran keuangan per departemen
Setiap departemen di perusahaan Anda dapat menghasilkan atau merugikan. Kasus seperti kebocoran keuangan sering kali tidak diketahui, terutama jika Anda tidak memantau pengeluaran departemen Anda. Pantau investasi departemen Anda dan bandingkan dengan revenue yang dihasilkan.

3. Margin laba bersih
Margin laba bersih Anda adalah indikator penting dari keseluruhan profitabilitas perusahaan Anda dalam jangka waktu tertentu. Ini adalah keuntungan yang dihasilkan perusahaan Anda setelah biaya operasional dan non-operasional.
Biaya operasional termasuk sewa dan utilitas, sedangkan biaya non-operasional termasuk pajak dan pembayaran utang. Margin laba bersih adalah bagian penting dari pengendalian anggaran, dan pemantauan KPI ini memberi tahu Anda seberapa menguntungkan bisnis Anda dan menunjukkan potensi jumlah yang dapat dibawa pulang.

4. Perputaran piutang usaha
Apakah pelanggan Anda membayar tepat waktu? Perputaran piutang adalah KPI yang memberi tahu Anda jika pelanggan Anda membayar faktur mereka secara teratur dan segera, dan ini dapat memberi tahu Anda mana yang menyeret kaki mereka dan menghambat arus kas Anda.
Kerangka waktu yang diberikan untuk faktur adalah 30 hari. Dan penting bahwa setiap pelanggan membayar faktur mereka sebelum akhir periode pembayaran. Itulah uang yang dapat Anda andalkan setiap bulan, yang menghasilkan arus kas yang stabil dan stabil yang dapat Anda gunakan untuk memastikan efisiensi operasional dan berinvestasi kembali ke perusahaan Anda.
Memantau KPI ini memungkinkan Anda untuk terhindar dari keterlambatan pembayaran dan mengoptimalkan proses faktur Anda, sehingga Anda mempertahankan kontrol arus kas dan memaksimalkan pengeluaran bisnis Anda tanpa membahayakan modal kerja Anda.

5. Modal kerja
Terakhir, modal kerja Anda adalah uang yang Anda keluarkan untuk proses dan operasi sehari-hari. KPI ini menentukan keadaan dan kesehatan keseluruhan neraca Anda, memberi tahu Anda jika Anda beroperasi dalam defisit dalam periode tertentu – yang dapat memiliki konsekuensi negatif bagi perusahaan Anda dalam jangka panjang.
Jika Anda beroperasi dalam keadaan defisit, Anda mungkin perlu memperoleh utang untuk mempertahankan efisiensi operasional sampai Anda meningkatkan tingkat pertumbuhan penjualan Anda.
Memantau KPI ini akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik untuk meningkatkan arus kas Anda. Ini dapat mencakup memberi insentif kepada pelanggan Anda untuk membayar sebagian dari faktur mereka di muka, mengurangi inventaris Anda untuk hanya menyimpan produk yang diminta, atau dengan mengidentifikasi dan memotong pengeluaran yang tidak perlu.

Kesimpulan
Menetapkan dan melacak KPI keuangan yang tepat dapat membuat semua perbedaan untuk bisnis Anda dalam industri yang kompetitif. Dengan mengingat KPI penting ini, Anda akan memiliki perkiraan keuangan yang aman dan terukur, menghilangkan pengeluaran yang tidak perlu, dan mencapai tujuan keuangan Anda pada tahun 2022 dan tahun-tahun mendatang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis. Silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi