Jan 21

5 LANGKAH MENEMUKAN CERUK PASAR BISNIS YANG LEBIH SPESIFIK

Di era digital saat ini, segala informasi bisa didapat dengan mudah, dan orang semakin banyak pilihan tempat untuk mencari inspirasi bisnis agar terlihat berbeda dengan para pesaing.
Membedakan diri dari pesaing akan sangat berguna untuk memenangkan pelanggan. Namun untuk melakukan ini, pengusaha harus menemukan ceruk bisnis khusus untuk ditargetkan dan memodifikasi strategi pasar mereka untuk mengakomodasi audiens itu.
Ceruk bisnis adalah bagian terfokus di pasar saat ini di mana USP (Unique Selling Proposition) bisnis akan sangat dihargai oleh sekelompok pelanggan terpilih, atau audiens tertarget. Audiens target ini mungkin salah satu yang saat ini kurang terlayani dan/atau memiliki potensi pasar yang belum dimasuki oleh pebisnis lain.
Menciptakan bisnis di ceruk pasar terkadang memberi pengusaha kemampuan atau peluang untuk mengenakan tarif yang lebih tinggi untuk produk atau layanan mereka tawarkan. Rasio penawaran dan permintaan, terutama bagi mereka yang merintis sektor industri baru, bisa sangat menguntungkan dan memberi Anda kesempatan untuk menjadi ahli dan pemimpin pemikiran di bidang Anda.
Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana Anda membuat ceruk bisnis untuk perusahaan Anda? Berikut kami sampaikan 5 langkah yang bisa Anda pertimbangkan agar bisa membuat atau menemukan ceruk bisnis tertentu.
1. Pilih audiens target Anda. Untuk mengidentifikasi niche Anda, Anda dapat mulai dengan memilih pasar umum. Pendekatan yang baik adalah fokus pada area di mana Anda memiliki pengetahuan, dan kemudian mengidentifikasi subtopik di dalamnya.
2. Tentukan kebutuhan yang tidak terpenuhi atau kurang terlayani. Analisis audiens target Anda dan identifikasi celah di pasar. Walters mengatakan produk atau layanan Anda harus menenangkan titik rasa sakit yang dialami audiens Anda saat ini. Pilih sektor yang juga telah mengantisipasi pertumbuhan.
3. Teliti basis pelanggan Anda. Teliti audiens target Anda untuk memahami kebutuhan, tujuan, motivasi, frustrasi, dan harapan mereka. Ketahuilah bahwa melibatkan audiens Anda sejak awal pengembangan MVP (minimum viable product /produk yang layak minimum) merupakan hal yang sangat penting; meskipun ini adalah sesuatu yang harus Anda lakukan di awal bisnis Anda, Anda juga harus melakukan pemeriksaan pemeliharaan rutin untuk menilai kembali basis pelanggan dan persaingan Anda.
4. Buat rencana bisnis Anda. Anda juga perlu untuk membuat rencana di mana Anda mendefinisikan dengan tepat apa yang akan Anda berikan dan kebutuhan yang akan dipenuhi, menggambarkan pelanggan ideal Anda, dan memutuskan model penetapan harga. Sempurnakan ide bisnis Anda untuk mencerminkan apa yang telah Anda pelajari tentang audiens target Anda.
5. Pasarkan bisnis Anda ke audiens spesifik Anda. Agar berhasil, upaya pemasaran Anda pun juga harus difokuskan. Iklan bertarget, posting blog, dan podcast adalah alat yang sangat berharga untuk menyampaikan pesan Anda kepada orang-orang yang mungkin tertarik dengan ide bisnis pada niche Anda.

Baca juga artikel tentang : Panduan Melakukan Riset Pasar dengan Benar dan Tepat Sasaran

Langkah-langkah ini dapat membantu Anda berhasil melayani audiens target Anda. Kerja keras, layanan pelanggan yang baik, dan kemauan untuk menilai kembali pasar bisnis Anda secara berkala akan menempatkan Anda di jalan yang baik untuk menjalankan bisnis niche yang sukses.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, anda bisa langsung mengkonsultasikan bisnis yang anda jalankan kepada kami agar kami bisa memberikan masukan untuk bisnis yang anda jalankan. Anda bisa langsung menghubungi kami di nomor whatsapp 0812-5298-2900, kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi