Jan 17

5 LANGKAH MUDAH MEMBANGUN TOKO KOSMETIK SECARA ONLINE

Kini pasar produk kosmetik semakin berkembang dengan pesat. Ada permintaan yang terus meningkat untuk semua jenis produk kosmetik dari berbagai lapisan masyarakat. Ada permintaan yang sangat besar untuk produk kosmetik kualitas premium dari kelas menengah yang berada di negara berkembang.
Industri kosmetik mencakup berbagai macam produk yang digunakan dalam berbagai jenis bisnis seperti di salon kecantikan, salon rambut, toko kosmetik, dll. Memulai bisnis kosmetik online dapat menjadi ide yang sangat baik karena cakupannya sangat luas.
Tidak perlu stres tentang cara memulai toko perlengkapan kecantikan. Sebab dalam artikel kali ini akan kami sampaikan beberapa langkah agar Anda bisa membangun toko kosmetik online Anda dengan mudah.
Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara memulai toko perlengkapan kecantikan, tidak perlu mencari lagi. Panduan ini memecah proses menjadi lima langkah mudah. Segera setelah Anda mengambil langkah-langkah ini, bisnis toko perlengkapan kecantikan Anda akan siap diluncurkan.

1. Temukan tema toko kosmetik online Anda.
Saat Anda memulai perjalanan toko kecantikan online, mulailah dengan mengidentifikasi suara unik toko Anda atau permintaan khusus yang akan dilayani oleh bisnis Anda. Langkah penting ini akan menginformasikan setiap keputusan lainnya, mulai dari memilih nama untuk toko Anda hingga mendesain logo dan situs Anda. Sebagai beauty enthusiast, Anda sudah memiliki cita rasa yang unik. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut untuk membayangkan bagaimana Anda dapat mengkomunikasikannya kepada pelanggan Anda:
• Siapa target audiens Anda? Apakah produk Anda mengarah pada Gen Baby Boomer, Gen Z atau Gen X? Tampilan dan nuansa toko Anda harus menarik bagi demografis target Anda.
• Apa identitas merek Anda? Apakah Anda ingin pelanggan beralih ke umpan media sosial Anda untuk mendapatkan inspirasi kecantikan murni, postingan yang tidak sopan, atau penjelasan resmi tentang bahan aktif dalam produk kecantikan Anda?
• Apa fokusmu? Apakah Anda tertarik untuk menjual rangkaian lengkap produk perawatan rambut atau kulit alami, satu lip gloss pink sempurna, atau produk perawatan kuku? Menjaga lini produk salon kecantikan Anda kecil, sebagai permulaan, dapat membantu mengembangkan merek khusus, tetapi Anda juga perlu menyisakan ruang untuk pertumbuhan.

Saat Anda mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang fokus toko Anda, Anda akan dapat menemukan nama yang pendek dan menarik yang merangkum apa yang Anda tawarkan. Dengan mengingat nama, Anda akan mengembangkan merek Anda. Merek ini kemudian akan memengaruhi segalanya mulai dari sudut penjualan Anda hingga logo.

2. Rancang dan bangun platform Anda
Bahkan tanpa keterampilan coding apa pun, Anda dapat menggabungkan selera estetika Anda dengan berbagai tools web builder yang tengah trend saat ini untuk membuat situs yang mencerminkan tampilan dan nuansa unik merek Anda dengan mudah.
Selanjutnya adalah menciptakan konten untuk halaman Anda. Setelah Anda menetapkan tampilan situs Anda, mulailah mengisi halamannya dengan konten. Saat Anda membuat situs web, Anda akan mulai dengan tiga halaman utama sebelum Anda mengerjakan tugas membangun toko Anda:
• Home page
• About page
• Contact page

Saat merek Anda sudah sangat bertumbuh di industri kecantikan ini, Anda mungkin ingin membuat halaman FAQ, portofolio, dan banyak lagi. Untuk memulainya, fokuslah pada tiga halaman ini. (Anda selalu dapat menambahkan lebih banyak nanti.)
a. Kesan pertama Anda adalah Home Page.
Halaman beranda atau home page biasanya berisikan konsep seperti berikut ini:
• Sertakan menu – Meskipun halaman gulir berkelanjutan tampak bagus di beberapa perangkat, halaman tersebut tidak ideal untuk toko, di mana menemukan produk yang tepat dapat memerlukan banyak pengguliran.
• Gabungkan teks – Beri tahu pembaca apa yang dapat mereka harapkan dari toko Anda. Pastikan untuk:
• Sertakan deskripsi singkat tentang merek Anda, atau bahkan beberapa ulasan dan testimonial. Cobalah untuk membidik kurang dari 300 kata teks, dan bahkan kurang jika Anda menggunakan pendekatan minimalis.
• Pastikan semua teks muncul sebelum pengunjung harus menggulir.
• Sertakan “ajakan bertindak” (CTA): tombol atau tautan untuk menunjukkan di mana pengguna dapat menemukan produk terbaru Anda atau menjelajahi seluruh lini Anda.
b. Perlihatkan profil Anda pada About Page.
Saat mengembangkan sebuah brand kosmetik, Anda akan menghabiskan waktu untuk mempertimbangkan keunikan produk dan pendekatan yang Anda tawarkan. Gunakan About Page Anda untuk menuliskannya, dan tingkatkan peringkat pencarian Anda dalam prosesnya. Bagaimana? Pemasar menyebut proses meningkatkan halaman web Anda di hasil mesin pencari: optimisasi mesin pencari (SEO). Untuk mengoptimalkan halaman Tentang Anda:
• Tulis setidaknya 300 kata
• Sertakan kata kunci atau pertanyaan yang mungkin ditelusuri pelanggan Anda, terutama jika itu adalah sesuatu yang hanya dapat ditawarkan oleh merek kecil Anda: “sabun buatan lokal”, “Buatan Korea”, “Bisnis sabun Alami”, dll.
Setelah Anda selesai menulis 300 kata, lanjutkan dengan proses pengoptimalan pada SEO Anda:
• Klik widget “preferensi” untuk halaman tersebut
• Beralih dari “Setelan” ke “SEO”
• Tambahkan deskripsi singkat tentang halaman Tentang Anda secara keseluruhan, termasuk kata kunci dan pertanyaan tersebut
• Periksa pratinjau hasil penelusuran Google untuk memastikan deskripsi Anda terbaca seperti yang Anda inginkan
c. Biarkan pelanggan menjangkau Anda dengan Contact Page.
Saat pelanggan Anda berbelanja kosmetik, produk salon rambut, dan perawatan kuku, mereka mungkin memiliki pertanyaan. Secara potensial tentang produk dan pengiriman Anda, atau mereka bahkan mungkin memiliki distributor pemasok atau pertanyaan PR. Untuk memastikan pihak yang berminat dapat menghubungi toko perlengkapan Anda, termasuk:
• Tautan media sosial (Facebook dan Instagram)
• Cara menghubungi melalui email (Anda dapat memilih untuk menyertakan formulir langsung di halaman Anda)
• Email kontak
• Alamat dan nomor telepon jika sesuai

3. Pilih nama domain yang tepat untuk situs web baru Anda
Nama domain Anda akan menetapkan panggung pengalaman pelanggan Anda dengan toko Anda. Untuk membuat debut yang sukses, pilih nama yang terkait erat dengan teks di logo Anda. Jika toko Anda berbagi namanya dengan bisnis lain, tambahkan beberapa kata yang terkait dengan lokasi Anda di akhir nama Anda. Cari nama domain yang Anda inginkan dan lihat harga tahunan untuk setiap opsi. Setelah Anda mengunci pasangan sempurna Anda, dan dengan platform Anda dibangun, yang tersisa hanyalah menyimpan toko Anda dan mulai menjual.

4. Tampilkan toko e-commerce dengan produk kosmetik Anda
Ini adalah bagian yang tentu tidak kalah penting. Bayangkan bagaimana Anda memiliki toko tapi Anda tidak menampilkan produk dan menjelaskan deskripsinya dengan baik. Pasti pelanggan akan bingung. Apalagi Anda kini bermain secara online, yang mana banyak pesaing lain yang juga ikut turut serta. Jika toko Anda terlihat meragukan, pelanggan akan dengan mudah untuk beralih ke toko lain yang terlihat meyakinkan.

5. Jangkau dan hubungkan dengan pelanggan Anda
Sebagai bisnis kecil, Anda memerlukan cara untuk terhubung dengan pelanggan Anda, baik itu pelanggan yang sekarang atau pelanggan baru Anda. Dan memberi tahu mereka tentang penjualan, promosi, produk baru, dan perubahan pada bisnis Anda. Ketika Anda membuat toko online, Anda dapat menyiapkan buletin yang mana akan Anda bagikan pada pelanggan Anda. Dengan daftar kontak yang terisi penuh, Anda siap menjalankan penjualan pembukaan toko baru Anda.

Mulailah melakukan penjualan dengan toko kosmetik online Anda. Anda tidak perlu risau meski Anda adalah seorang yang sangat gaptek perihal pengurusan pembuatan website. Karena sudah terdapat banyak layanan yang bisa membantu Anda dengan instan. Anda bisa terima jadi dan siap berjualan, sedang untuk pembuatan websitenya sudah ada pihak lain yang mengerjakan. Demikian beberapa step dalam membangun toko kosmetik online. Semoga bermanfaat. Dan jika Anda membutuhkan informasi lain perihal pembuatan web, pemasaran toko online, optimasi toko online Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900.  kami siap mendampingi anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi