Nov 20

5 STRATEGI UNTUK MEMBANTU PEMASOK MENGHINDARI BAD DEBT

Bukan hal asing bagi pengecer untuk meminta waktu tambahan membayar tagihan mereka. Namun, jika pengecer tidak dapat membayar, itu menempatkan hutang buruk pada pembukuan pemasok.
Selama resesi ekonomi, pemasok berada dalam posisi yang bahkan lebih genting: pendapatan ritel turun, dan pengecer mungkin lebih mungkin gagal memenuhi syarat pembayaran di bulan-bulan mendatang, dan akhirnya menyerahkan sejumlah besar bad debt kepada pemasok mereka.
Untuk membatasi risiko ini, pemasok dari semua ukuran harus mempertimbangkan strategi berikut:

1. Periksa pengecer baru secara menyeluruh.
Selesaikan pemeriksaan kredit dan bisnis secara menyeluruh. Selain sumber-sumber ini, gunakan wawasan dari data pelanggan saat ini dan prediktif yang dapat mengungkapkan bagaimana keuangan bisnis pengecer telah terpengaruh dan untuk berapa lama pendapatan dapat terpengaruh. Kemudian, perluas cakupannya dan periksa data industri untuk mendapatkan pandangan yang lebih komprehensif tentang kesehatan keuangan pengecer. Bersama-sama, metode ini secara akurat menilai kemampuan pelanggan Anda untuk menjaga agar faktur tetap terkini dan mengurangi risiko aktivitas penipuan.

2. Tinjau batas kredit pelanggan
Jika batas kredit jauh melebihi persyaratan pembelian bulanan, kurangi. Hal ini mencegah pengecer dari kelebihan dan mendorong pembayaran prioritas untuk menjaga saldo rendah — mengurangi hari penjualan yang luar biasa (DSO) tanpa menghambat pembelian.

3. Buat dan terapkan persyaratan pembayaran yang ketat.
Komunikasikan persyaratan pembayaran yang jelas dan buat mudah ditemukan di situs web atau portal Anda. Anda juga dapat menyesuaikan syarat pembayaran jika diperlukan berdasarkan riwayat pembayaran pelanggan. Untuk lebih mendorong pembayaran yang cepat, terapkan hukuman untuk pembayaran yang terlambat dan hadiahi yang dilakukan tepat waktu. Lebih penting lagi, tetap berpegang pada persyaratan yang Anda tetapkan. Anda selalu dapat meninjau persyaratan nanti setelah pengecer terbukti dapat dipercaya atau situasi keuangan mereka membaik.

Anda bisa mengunjungi : Konsultan Manajemen Pajak

4. Kurangi perselisihan dengan faktur yang akurat.
Tiga puluh sembilan persen tim A/R mengatakan 26 persen atau lebih dari keterlambatan pembayaran mereka disebabkan oleh perselisihan. Untuk membatasi perselisihan, pastikan faktur cepat dan akurat, dan item baris, penghitungan pajak, informasi perbankan, dan alamat pelanggan dicantumkan dengan benar. Mengirim, membuat, dan menerima faktur secara manual menimbulkan kesalahan, terutama ketika tim A/R memiliki persentase tinggi dari persyaratan penagihan pelanggan yang unik. Jika ini adalah masalah berulang yang menyebabkan perselisihan, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam otomatisasi A/R untuk mengurangi kesalahan.

5. Outsource A/R untuk akun bernilai tinggi.
Mitra pembayaran dapat menangani semua strategi di atas — dengan asumsi risiko kredit, memberikan kredit atas nama Anda, melakukan pemeriksaan kredit menyeluruh, dan menawarkan opsi faktur digital. Ini tidak hanya mengurangi risiko modal kerja jika pengecer gagal membayar, tetapi juga membebaskan waktu bagi tim A/R Anda untuk fokus di area lain. Terlebih lagi, lapisan tambahan layanan pelanggan tingkat atas yang disediakan oleh mitra dapat dengan ahli memandu pelanggan bernilai tinggi melalui proses pembayaran.
Sebagai pemasok, menjaga loyalitas pelanggan dan mendorong pembelian berulang sangat penting — tetapi juga melindungi keuntungan Anda. Lima strategi ini dapat membantu Anda mencapai misi itu dan menjaga keuangan tetap aman. Hutang macet selalu menjadi risiko saat memperpanjang jangka waktu, tetapi jika dikelola dengan baik, Anda membatasi risiko itu dan mengambil keuntungan lebih baik dari manfaat jangka waktu bersih.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami di nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi