Jan 08

5 TIPS JITU MEMULAI BISNIS DENGAN MODAL KECIL.

Menjadi pengusaha besar dan sukses merupakan impian bagi kebanyakan orang, Akan tetapi tak banyak orang memiliki kesempatan untuk mewujudkan impiannya tersebut. Dikarenakan, mengembangkan usaha dari awal hingga menjadi bisnis besar, tidaklah semudah yang di bayangkan, Tapi tahukah anda ada beberapa cara untuk memulai bisnis dengan modal yang kecil.

1.Menentukan Jenis Usaha yang Akan Dipilih
Langkah pertama sebelum memulai bisnis, Anda harus terlebih dahulu menentukan bisnis apa yang akan dijalani. Cobalah pilih bisnis yang pas dan cocok dengan hobi atau hal yang anda sukai. Ketika menjalankan usaha yang cocok dengan hobi, Anda tidak akan merasa berat dan terbebani ketika menjalankannya, Dengan begitu pekerjaan akan terasa lebih mudah karena dikerjakan dengan sepenuh hati.

2.Menghitung Jumlah Modal yang Dibutuhkan.
Walaupun jumlah modal yang Anda keluarkan nantinya tidak terlalu besar, tetapi Anda bisa mencoba menghitung dahulu berapa jumlah modal yang Anda perlukan supaya modal bisa ditekan, tetapi keuntungan yang diperoleh tetap besar. Kendala di awal membuka usaha modal kecil ini, dapat diatasi dengan baik seminimal mungkin dengan menentukan biaya variabelnya terlebih dahulu.

3.Cari bahan baku berkualitas baik, Tapi dengan harga murah.
Untuk Anda yang mungkin sedang menjalani bisnis makanan dan minuman, bahan baku merupakan salat satu aset penting dalam bisnis.
Untuk mendapatkan bahan baku yang murah, cobalah untuk mencari supplier yang mempunyai bahan baku berkualitas baik, tapi harganya pas dengan budget. Anda bisa mencarinya di web store, atau mencari referensi pebisnis lainnya.

4. Manfaatkan Peralatan yang Dimiliki.
Ketika akan memulai merintis sebuah usaha, Anda tidak harus untuk membeli membutuhkan yang baru dan canggih. Anda bisa menggunakan peralatan lama yang masih layak pakai untuk menghemat modal. Jika nanti usaha Anda sudah berkembang dan ada alat yang sudah tidak layak pakai, Anda bisa membeli peralatan yang baru dan lebih canggih.
Coba bayangkan, jika Anda membeli semua peralatan baru, pasti pengeluaran untuk bisnis akan semakin besar dan membengkak. Lebih baik, Anda menggunakan modal di awal untuk mengalokasikan untuk hal-hal lainnya yang lebih urgent.

Baca juga artikel tentang : Cara Mengukur Efektifitas Iklan 

5. Manfaatkan Social Media
Apabila Anda tidak memiliki budget lebih untuk memasang iklan di billboard, atau banner, yang cukup menguras kantong, media sosial solusinya
Media sosial merupakan salah satu media yang ampuh untuk memasarkan produk Anda.Anda harus bisa memanfaatkan kecanggihan social media saat ini, karena dengan social media, Anda bisa melakukan promosi secara gratis dan menjangkau pelanggan hingga ke seluruh penjuru dunia
Cobalah mulai memposting dengan gambar atau video menarik untuk menggaet pelanggan dan berikan promo-promo menarik, pastinya akan banyak pelanggan berdatangan karena rasa penasaran ingin mencoba.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami di nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi