Feb 04

5 TIPS MENINGKATKAN OMSET BISNIS ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19

Menjalankan bisnis melalui via online di masa pandemi Covid-19 tampaknya memberikan perjalanan yang sulit bagi pebisnis dan para pelaku UMKM. Memang tidak mudah, sebab dari hari ke hari pelaku usaha yang memanfaatkan internet untuk bisnis mereka semakin bertambah banyak.
Artinya, bisnis online saat ini yang mungkin sedang kamu jalankan memiliki banyak kompetitor untuk mendapatkan konsumen. Pandemi covid-19 Tak hanya berdampak pada penurunan omset, tetapi juga terhambatnya proses penyaluran modal. Lalu, masihkah ada harapan bagi para pemilik bisnis untuk bangkit dan meningkatkan omset pasca pandemi?
Jika ingin meningkatkan omset dari bisnis online, tentu saja kamu harus memikirkan matang-matang apa saja strategi yang harus disiapkan untuk mendapatkan banyak pelanggan. Di artikel kita kali ini ada beberapa tips yang mungkin dapat kamu terapkan untuk meningkatkan omset bisnis online yang sedang kamu jalankan di masa pandemi.

1. Fokus Meningkatkan Kualitas Produk
Kesalahan yang kerap dilakukan oleh banyak pebisnis online adalah hanya tertuju pada pemasaran tanpa melihat kualitas produk yang mereka jual. Akibatnya, konsumen tidak memiliki ketertarikan untuk membeli produk yang ditawarkan. Solusinya, ubahlah fokusmu dari pemasaran bisnis sampai dengan meningkatkan kualitas produk juga.
Buatlah kredibilitas yang baik di mata konsumen. Dengan memberikan kualitas produk yang terbaik, pelanggan tidak akan meragukan produkmu sekalipun mereka harus membayar lebih. Bila perlu, sediakan produk paket lengkap untuk meningkatkan kuantitas penjualan. Sesuaikan harga seminimal mungkin agar penawaranmu bisa menjadi pilihan terbaik bagi pelanggan.

2. Membuat Website Bisnis
Salah satu dasar penting untuk memulai pemasaran digital adalah memiliki website sendiri. Situs web ini bisa disebut sebagai pondasi paling bawah dalam internet marketing. Pengoptimalan website ini bisa dimulai dari desain situs yang ramah user, tata letak yang enak dilihat dan selalu update setiap harinya. Optimasi website tidak hanya rutin untuk mengeluarkan konten. Namun, konten yang diterbitkan harus SEO-Friendly.
Dengan mengoptimalkan situs web dengan SEO kamu dapat meningkatkan pendapatan atau omset bisnis. Produk bisnis dapat mudah dikenali jika pencarian konten situs web dioptimalkan. Hal ini juga melibatkan penelitian kata kunci yang ekstensif, pengembangan konten yang berfokus pada kata kunci, serta frasa yang sering digunakan oleh target bisnis untuk menemukan produk bisnis.
Penggunaan kata kunci yang luas dalam sebuah konten justru memiliki tingkat persaingan yang tinggi dibandingkan kata kunci spesifik atau berekor panjang. Sehingga hal tersebut perlu diperhatikan dengan seksama agar konten tetap bisa kompetitif dan bisa berada di halaman pertama mesin pencarian Google. Jika konten sudah sering muncul di halaman pertama mesin pencari Google, maka produk bisnis akan lebih mudah dikenal. Semakin bisnis kamu terkenal, omset bisnis juga akan meningkat.

Baca juga artikel tentang : Mengapa Manajemen Reputasi Anda Perlukan?

3. Menerapkan SEO dan SEM
Biasanya disebut dengan SEO (Search Engine Optimization) ini adalah teknik menempatkan website anda di urutan pertama mesin pencari seperti google dengan kata kunci yang kita inginkan.
Pengunjung hanya akan berkunjung ke website yang tampil di peringkat atas hasil pencarian. dengan kata lain website bisnis anda akan ditemukan 1 x 24.
Ada 4 Langkah Mudah Sukses dengan Search Engine Optimization
• Riset Kata Kunci
• Tingkatkan Kualitas Konten
• Tambahkan Lebih Banyak Landing Page
• Naikkan Jumlah Backlink

Jika kata kunci yang anda incar untuk bisnis anda sudah berada di halaman petama mesin pencari Google maka Anda akan mendapatkan banyak penjualan.
Sedangkan SEM adalah cara meningkatkan penjualan bisnis online anda yang paling murah jika anda mengerjakannya sendiri. Jika anda tidak punya waktu untuk mengerjakan SEM maka anda harus punya uang untuk menggunakan Search engine marketing. dikarenakan ini serupa iklan online di mesin pencarian.
Tidak perlu tehnik SE untuk mengoptimasinya, dengan membayar sejumlah uang maka website anda akan berada di halaman pertama dalam waktu yang di tentukan.
Secara sederhana, Search Engine Marketing adalah iklan di mesin pencari
Ada 3 hal yang harus anda perhatikan dalam rangka menggunakan SEM ini.
• Riset kata kunci penjualan anda
• Gunakan kata kunci yang tepat agar mudah mendapatkannya
• Optimasi agar mendapatkan kualitas skor yang baik.

Dahulu SEM ini hanya digunakan oleh perusahaan besar untuk meningkatkan penjualan onlinenya namun saat ini bahkan bisnis rumahan pun telah banyak bersebaran di menggunakan SEM ini.
Salah satu cara meningkatkan traffic adalah dengan menerapkan SEO. Traffic adalah istilah yang digunakan untuk kunjungan web. Tujuan dari menerapkan SEM sendiri adalah meningkatkan jumlah produk yang terjual.
Dengan metode ini akan membuat bisnis anda dapat tampil pada urutan pertama pada halaman hasil pencarian Google. Satu hal yang penting untuk diketahui bahwa, 98% pencari akan memilih bisnis yang berada pada halaman pertama mesin pencari. Dan hal itu berarti potensi SEO sangat besar bagi peningkatan omset bisnis anda. Untuk mempelajarinya silakan menuju link berikut.

4. Perkuat Tim Untuk Mempromosikan Produk
Tips selanjutnya yang sama pentingnya untuk diperhatikan adalah optimisasi tim. Jika bisnis Anda terdiri dari tim atau pegawai yang membantu Anda, ada cara yang bisa Anda dilakukan.
Ingatkan mereka bahwa apa pun posisi mereka di dalam tim, tujuan akhir adalah untuk meningkatkan performa bisnis Anda sehingga nantinya dapat membantu meningkatkan omset penjualan Anda.
Dengan kata lain, dengan cara mereka masing-masing perlu kiranya untuk membantu usaha dan meningkatkan penjualan, baik dari segi kualitas produk, pemasaran, maupun interaksi dengan konsumen di media sosial. Dengan cara ini bisnis Anda akan bisa bergerak maju dengan baik secara internal.

5. Perluas Pasar, Cari Pelanggan Baru
Semua pelaku usaha pasti sudah memiliki rencana termasuk target pasar yang hendak dituju. Tetapi, saat Anda memulai dan tidak terlihat tanda-tanda meningkatnya omset, sepertinya ada cara lain yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah dengan memperluas target pasar untuk dapat mencari pelanggan atau konsumen baru.
Ini berarti Anda juga harus mempersiapkan strategi jitu pemasaran untuk target pasar baru yang hendak disasar. Selain dari segi kelompok pasar tertentu, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memperluas pasar secara geografis. Salah satu caranya dengan menawarkan pengiriman produk ke luar kota atau luar pulau contohnya.

Akhir Kata
Mengingat pandemi COVID-19 memaksa masyarakat untuk lebih banyak berdiam diri di rumah. Sebagian besar aktivitas berlangsung secara online di rumah, baik bekerja, sekolah, maupun berbelanja. Para pelaku bisnis diharapkan dapat mempelajari strategi digital marketing untuk memajukan bisnisnya di masa pandemi seperti ini.
Inilah saat yang tepat bagi pemilik bisnis untuk memaksimalkan proses pemasaran dengan bantuan digital marketing atau layanan pemasaran online yang akan memberikan banyak manfaat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis silakan hubungi kami langsung di nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi