Mar 29

5 TIPS MENUMBUH KEMBANGKAN BISNIS PRODUK CUSTOMIZE

Produk custom, atau produk yang dipersonalisasi bukanlah produk atau jenis bisnis baru. Bisnis ini sudah mulai dijalankan oleh banyak pebisnis, terutama pebisnis yang memiliki kemampuan desain. Berkat kemajuan teknologi modern, proses produksi berbagai produk kini menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, semakin banyak pebisnis yang menawarkan produk custom, yang unik dan sesuai dengan keinginan pelanggan mereka. Jenis bisnis ini merupakan salah satu jenis bisnis popular karena konsumen melihat produk yang mereka beli sebagai cerminan kepribadian mereka, baik itu mobil, furnitur, pakaian, sepatu, atau aksesori lainnya. Bahkan perusahaan-perusahaan bermerek telah memasuki kustomisasi, di mana konsumen sekarang menjadi bagian dari konseptualisasi produk. Ini dibuat lebih mudah karena informasi dapat dengan mudah disebarluaskan melalui berbagai platform dan media. Ini membuka jalan bagi kelanjutan pertumbuhan bisnis produk custom, yang menarik lebih banyak pelanggan, terutama pada generasi muda. Meski termasuk bisnis yang popular dan banyak orang yang melakukannya, masih banyak para pebisnis ini yang gagal untuk meneruskan bisnis custom mereka. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa tips yang perlu dilakukan agar bisnis custom bisa terus tumbuh dan semakin berkembang.

Buatlah Kisah pada Bisnis Anda
Sebelum anda terlalu jauh dengan produk anda, tulis dan kembangkan kisah merek anda. Perlu anda ingat bahwa bisnis akan terasa umum dan biasa tanpa sejarah, nilai-nilai, misi, visi dan kepribadian yang mendorong merek anda. Untuk membuat kisah tersebut, tanyakan pada diri anda sendiri beberapa pertanyaan ini, keyakinan apa yang mendorong anda dan perusahaan anda? Apa yang membuat bisnis dan produk anda unik? Bagaimana anda ingin melihat bisnis beberapa tahun dari sekarang? Bagaimana produk anda dapat mengubah kehidupan konsumen anda?
Setelah menjawab ini, anda akan lebih mudah untuk menuliskan kisah merek anda.

Berikan Persona pada Produk Anda
Jangan menganggap desain paket hanya sebagai cara biasa untuk mengirimkan produk Anda. Untuk benar-benar menyampaikan pesan, cerita, atau identitas merek melalui produk Anda, Anda harus menganggapnya seolah memberikan secara pribadi pada para pelanggan anda. Selain memberikan persona pada packaging anda, anda juga perlu memberikannya pada produk anda.
Dengan memikirkan persona pada produk, anda akan lebih mudah untuk merancang kemasan yang mencerminkan kepribadian merek dan beresonansi dengan target audiens anda. Calon pembeli akan melihat keaslian itu dan tertarik pada produk tersebut sebelum mereka menyadari apa itu. Mereka akan tahu bahwa itu dirancang untuk mereka.

Jangan Berfokus pada Kerumitan Desain
Para pebisnis custom akan mudah menyerah pada godaan ini. Mereka mencoba membuat produk yang paling menarik atau unik, beberapa perusahaan terlalu memperumit desain. Kadang-kadang, produk-produk ini beruntung dan laris, tetapi mereka tidak berbuat banyak untuk membangun atau memperkuat merek perusahaan. Jangan terlalu terbawa oleh hiasan produk atau desain kemasan anda. Tetap dengan konsep sederhana dan jelas yang mudah dipahami audiens anda. Seringkali, desain yang paling sederhana dan dipikirkan dengan baik yang akan memenangkan hati dan pikiran pelanggan.

Bersikap Konsisten
Segala sesuatu yang anda lakukan akan menciptakan pengalaman merek. Sama pentingnya untuk menjaga konsistensi merek dalam pemasaran anda, penting untuk merancang kemasan produk yang konsisten dengan identitas dan nilai-nilai merek anda. Kami tidak mengatakan anda harus meletakkan logo di semua tempat. Tetapi anda perlu merancang konsep-konsep yang mencerminkan merek anda, konsep-konsep yang dapat diinformasikan oleh logo, tipografi, warna, dll. Bahkan jika produk anda tidak memiliki karakteristik estetika merek anda, ia harus terasa sesuai dengan nilainya.

Berinvestasilah pada Kemasan
Jangan meremehkan kekuatan yang dimiliki desain pada kemasan merek anda. Karena kemasan anda sering memicu hubungan pertama antara pelanggan dan produk anda, sering kali itu adalah pengalaman pertama yang mereka miliki dengan merek anda. Selain waktu dan uang yang dihabiskan untuk desain produk, anda juga harus mempertimbangkan kemasan anda dengan cermat. Desain kemasan yang membangkitkan emosi bahagia, kesenangan atau keheranan. Setelah anda membuat kemasan yang langsung terhubung dengan pelanggan anda, kesadaran dan pengakuan merek anda akan mendapat manfaat.

Merek yang efektif akan membantu menjual produk dan menarik pelanggan. Jika anda ingin pelanggan bersemangat tentang produk baru anda bahkan sebelum diumumkan, bangun merek anda dengan kuat dan tetap memperhatikan kesan pelanggan.  Demikian informasi tips bagaimana menjalankan bisnis produk custom, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih detil tentang artikel ini atau ingin berkonsultasi, ingin bertanya-tanya terkait bisnis custom yang anda jalani saat ini. Silahkan hubungi kami melalui email atau langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi