Des 05

5 TIPS SUKSES BISNIS MELALUI CUSTOMER SERVICE YANG SANGAT BAIK

Customer Service adalah salah satu model dukungan yang perlu anda tawarkan kepada para pelanggan anda. Baik itu dukungan sebelum dan sesudah mereka menggunakan produk atau layanan anda. Layanan ini akan membantu mereka memiliki pengalaman menyenangkan dengan anda. Pengalaman yang penting dengan pelanggan anda merupakan faktor kunci dalam pengembangan bisnis anda. Model layanan pun kini sudah lebih canggih, tidak hanya melalui telepon atau sms. Namun dapat juga melalui email, web, dan media sosial. Semakin banyak dukungan yang anda berikan pada pelanggan anda, maka semakin besar pula timbal balik positif yang akan anda dapatkan. Sehingga semakin mendorong anda untuk senantiasa berinovasi. Pada kesempatan kami ini, tim GroEdu International Consultant (Lembaga Konsultan Training Pemasaran yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan membahas bagaimana cara dukungan pelanggan yang baik untuk meningkatkan level bisnis anda dengan lebih baik.

Jujur Tentang Apa Yang Anda Tidak Tahu
Tidak ada orang yang suka dibohongi, tak terkecuali diri anda sendiri. Seorang pelanggan tidak bisa mengharapkan lebih daripada kebenaran. Ketika anda mempertahankan dialog terbuka dan memberi tahu pelanggan anda setiap saat, anda akan mendapatkan komitmen mereka terhadap bisnis anda. Jika staf anda tidak yakin bagaimana cara memecahkan masalah, tidak apa-apa bagi mereka untuk memberi tahu pelanggan bahwa mereka akan menghubungi orang yang tepat dan akan menghubungi kembali ketika mereka telah memiliki jawaban. Pertahankan dialog terbuka dengan pelanggan anda, itu akan memicu rasa hormat dan komitmen pelanggan terhadap anda.

Tingkatkan Product Knowledge Anda
Semakin banyak tim Customer Service anda tahu tentang produk anda, semakin baik mereka akan melakukan pelayanan. Jadikan pelatihan sebagai bagian penting dari operasi dukungan pelanggan anda. Beberapa perusahaan menyertakan setiap karyawan baru tidak hanya tenaga penjualan mereka dengan kamp pelatihan produk selama satu minggu untuk memastikan mereka mengetahui produk dengan jelas. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi anda.

Baca juga : tips menghadapi 7 komplain yang sering dilakukan oleh customer

Lakukan Pelayanan Dengan Ramah
Robot memang keren, tetapi orang jarang memilih untuk berkomunikasi dengan robot. Tunjukkan pada pelanggan bahwa anda bukan mesin. Pada akhirnya, itu adalah bagaimana anda membuat pelanggan anda adalah orang yang paling penting. Jangan takut untuk menambahkan sisi kepribadian ke layanan anda, maksudnya berkomunikasi selain tentang produk anda. Coba untuk menanyakan bagaimana cuacanya atau apa olahraga favorit pelanggan anda, pada dasarnya segala sesuatu yang menambah wajah pribadi dan ramah pada operasi dukungan akan membantu anda dalam menciptakan rasa loyal oleh pelanggan.

Jadilah Pendengar Yang Baik
Sebagai seorang customer service atau pemberi dukungan layanan pada pelanggan, penting agar anda mau mendengarkan segala cakap yang diucapkan oleh pelanggan. Jangan sampai anda mencoba untuk mencela mereka. Luangkan waktu untuk memahami masalah dan cobalah temukan solusi yang tepat untuk mereka. Ketika orang tahu anda menghargai kebutuhan mereka, mereka cenderung bertahan dengan merek anda. Dorong staf layanan anda untuk mengajukan pertanyaan saat berinteraksi dengan pelanggan. Semakin banyak staf anda tahu tentang pelanggan anda dan kebutuhan mereka, semakin banyak aset untuk perusahaan anda dan pelanggan Anda. Tim customer service anda juga dapat menjadi sumber inovasi produk yang luar biasa. Beberapa startup yang sukses meminta tim customer service menyajikan umpan balik pelanggan di setiap pertemuan perusahaan.

Lakukan Pelayanan Dengan Cepat
Pelanggan benci menunggu. Mereka mendapatkan kepercayaan diri ketika anda merespons dengan cepat dan menyelesaikan masalah mereka untuk selamanya, dan kemudian lebih cenderung memiliki hubungan yang berkelanjutan dengan merek anda. Jadi berikan staf anda alat yang mereka butuhkan untuk mendukung pelanggan seefisien mungkin. Lagi pula, mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membantu pelanggan secara langsung akan mengurangi waktu yang harus ditunggu pelanggan lain juga. Pada saat yang sama, pastikan untuk memotivasi staf untuk menyelesaikan setiap masalah sepenuhnya. Kecepatan itu penting, tetapi waktu penyelesaian seharusnya tidak pernah mengalahkan kepuasan pelanggan.

Demikian artikel dari kami, terimakasih dan semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel diatas, strategi pemasaran produk, distributorship management, supply chain management, atau jasa content marketing, Training Customer Service. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi