Jun 18

6 KRITERIA IDE BISNIS YANG BURUK

Meski tidak ada kriteria pakem yang ditetapkan untuk ide bisnis, ada beberapa indikator bahwa skema Anda mungkin hanya membuang-buang waktu dan uang.
Berikut adalah enam kriteria bahwa bisnis Anda tidak layak untuk diperjuangkan.

1. Seseorang dengan keahlian memberi tahu Anda bahwa ide bisnis Anda buruk.
Cara pasti untuk mengetahui bahwa ide bisnis Anda bau adalah jika seorang ahli memberi tahu Anda bahwa ide bisnis Anda tidak bisa diterapkan. Tidak semua orang yang Anda ajak bicara akan memenuhi syarat untuk memberi Anda umpan balik kritis semacam itu, jadi pertimbangkan sumbernya – tetapi terkadang tanggapan negatif mungkin merupakan wawasan yang berharga.
Jika Anda mencari pendapat yang dapat Anda percayai, temukan satu atau dua ahli di bidang yang Anda geluti dan tanyakan kepada mereka, langsung saja, apa pendapat mereka tentang ide Anda.

2. Tidak ada yang membeli apa yang Anda jual.
Para ahli bukan satu-satunya yang pendapatnya harus Anda minta tentang ide bisnis Anda. Teman, anggota keluarga, dan bahkan orang asing juga dapat memberikan umpan balik berharga yang dapat membantu Anda menyempurnakan ide atau memutuskan untuk menghapusnya sama sekali.
Saat memberi tahu orang-orang tentang ide Anda, tanyakan apakah mereka bersedia membayar barang atau jasa yang Anda rencanakan untuk ditawarkan melalui bisnis Anda. Jika satu-satunya yang mau membeli apa yang Anda jual adalah ibu Anda, ide bisnis Anda mungkin tidak bagus.

Baca juga : 5 Ide Bisnis Online dengan Modal Nol Rupiah

3. Anda tidak senang dengan ide tersebut.
Sementara pendapat dari luar tentang skema bisnis terbaru Anda dapat membantu Anda memutuskan apakah akan menindaklanjuti ide Anda atau tidak, hanya ada satu orang yang dapat memberi tahu Anda dengan pasti apakah ide Anda layak untuk dikejar, yaitu Anda.
Sebagai orang yang bertanggung jawab untuk melihat ide bisnis membuahkan hasil, Anda adalah ukuran terbaik apakah ide itu berharga atau tidak. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan sederhana: Apakah Anda merasa bersemangat dengan ide Anda?

4. Tidak ada yang bersedia membantu Anda.
Beberapa pengusaha memulai bisnis tanpa meminta (dan menerima) bantuan. Baik bantuan itu datang dari investor, pakar industri, atau teman dan anggota keluarga, dukungan dari luar sangat penting untuk bisnis baru.
Namun, jika Anda tidak dapat menemukan dukungan yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis Anda, itu mungkin pertanda bahwa ide Anda tidak bagus.

5. Tidak memenuhi kebutuhan pasar.
Tentu, Anda mungkin telah menemukan produk baru atau menemukan solusi berbeda untuk masalah lama, tetapi itu tidak berarti Anda harus memulai bisnis. Bisnis dengan daya tahan tidak bisa hanya menawarkan sesuatu yang baru, mereka harus menawarkan sesuatu yang benar-benar dibutuhkan orang.

6. Niche Anda terlalu kecil.
Banyak bisnis yang sukses mengeksploitasi pasar dalam industri tertentu. Tetapi jika ceruk yang Anda pilih terlalu kecil, Anda mungkin ingin memikirkannya kembali. Beberapa jenis produk mungkin sedang populer saat ini, tetapi jika ide bisnis Anda terikat dengan tren yang sedang berlangsung, itu bisa menjadi kegagalan total.
Pastikan pasarnya cukup besar dan Anda dan tim Anda dapat melayani pelanggan tersebut lebih baik daripada alternatifnya.

Ide memang bisa dating dari mana saja. Namun sebagai pelaku bisnis, Anda tidak bisa melupakan satu factor penting dalam bisnis yaitu “menguntungkan”. Jika bisnis Anda tidak menunjukkan tanda-tanda profit yang menjanjikan, alangkah lebih baik untuk Anda menganti ide bisnis Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi