Sep 15

6 LANGKAH MEMBUKA APOTEK MANDIRI MILIK ANDA

Membuka apotek independen yang sukses adalah tugas yang menantang bagi setiap apoteker, terutama dengan daya saing pasar apotek ritel saat ini. Membangun apotek baru dari awal tidak menjamin lalu lintas pejalan kaki, dan menyewa atau memiliki properti tidak berarti Anda siap membuka bisnis.
Jalan menuju apotek independen yang sukses dimulai dengan rencana bisnis yang terperinci, saran yang sangat baik dari sumber yang dapat dipercaya, dan pembiayaan yang baik. Menurut pendapat kami, perencanaan yang tepat dan nasihat yang baik adalah ciri dari praktik bisnis yang sehat yang merupakan kunci untuk membangun dan memelihara apotek independen yang sukses. Terlepas dari alasan Anda untuk membuka apotek independen Anda sendiri, ada beberapa langkah yang harus diambil untuk memastikan kesuksesan Anda.

1. Mulai Lebih Awal
Meskipun lokasi dan saran dari orang lain merupakan aspek penting yang harus dipertimbangkan saat membuka apotek, waktu adalah pertimbangan yang paling penting. Perencanaan dan persiapan yang tepat adalah dua hal yang akan menyelamatkan apoteker, tetapi tidak dapat terjadi tanpa cukup waktu. Umumnya, proses perencanaan harus dimulai setidaknya enam bulan sebelumnya.
Dengan memulai lebih awal, Anda dapat menghindari perasaan terburu-buru untuk mencari lokasi, memiliki lebih banyak waktu untuk mencari saran, dan memiliki waktu untuk menyelesaikan banyak aplikasi yang diperlukan untuk mendapatkan lisensi, izin, mendapatkan kontrak, dan mendaftar layanan.
Anda juga dapat menggunakan waktu ini untuk mengembangkan rencana bisnis. Calon pelanggan Anda saat ini mengunjungi lokasi lain untuk kebutuhan apotek mereka, jadi rencana Anda harus membahas beberapa hal:
• Pertimbangkan populasinya. Apakah area tersebut dapat mendukung apotek lain? Bagaimana demografi daerah tersebut? Apakah ada cukup pasien untuk layanan yang Anda rencanakan untuk ditawarkan?
• Pikirkan masa depan. Tidaklah cukup untuk menilai hal-hal sebagaimana adanya. Apotek Anda harus disiapkan untuk memperbaiki keadaan pasien dari waktu ke waktu. Apotek yang sukses adalah apotek yang dapat menyediakan dan tumbuh dengan basis pelanggannya.
• Cari tahu kebutuhan masyarakat. Bicaralah dengan orang-orang di komunitas untuk mempelajari apa yang mereka cari di apotek dan apa yang dilakukan apotek mereka saat ini yang membuat mereka frustrasi.
• Memetakan persyaratan dan jadwal perizinan. Jangka waktu apa yang Anda perlukan untuk bekerja dalam mengajukan permohonan lisensi, entitas apa yang dapat Anda mulai bekerja dengan sebelum peletakan batu pertama, dan item apa yang tidak dapat diselesaikan sampai pintu terbuka?

Baca juga artikel tentang : Merapikan Manajemen Penjualan Pedagang Besar Farmasi

2. Dapatkan Saran
Mustahil untuk membuka dan memelihara apotek independen yang sukses tanpa berkonsultasi dengan orang lain yang dapat menawarkan nasihat berharga. Mintalah referensi dari orang-orang yang sudah Anda percayai seperti kolega, pedagang grosir, atau asosiasi profesional untuk mengidentifikasi orang lain yang dapat membantu memandu Anda selama seluruh proses mulai dari perencanaan dan pembangunan hingga pembukaan dan pemeliharaan apotek Anda.
Ini juga merupakan ide bagus untuk berbicara dengan apoteker lain yang sebelumnya telah membuka apotek mereka sendiri. Mereka dapat memberikan saran dan wawasan yang tidak dapat diberikan oleh orang lain. Selain itu, mereka dapat menawarkan saran solusi untuk tantangan yang mungkin Anda hadapi.

3. Lokasi
Semua orang tahu betapa pentingnya lokasi apotek independen, tetapi langkah ini seringkali lebih rumit daripada yang disadari kebanyakan apoteker.
Ketika saatnya untuk benar-benar melihat lokasi, visibilitas sangat penting. Jika apotek Anda terselip di sudut atau di sisi jalan yang tidak memiliki visibilitas dari area lalu lintas tinggi, itu bisa menjadi masalah besar. Sudut biasanya merupakan lokasi terbaik untuk apotek karena alasan ini.
Anda perlu memilih tempat yang strategis, dan bisa dekat dengan beberapa fasilitas kesehatan seperti puskesmas, klinik, atau rumah sakit.

4. Bekerja dengan Orang yang Tepat
Setiap pemilik apotek independen perlu membentuk tim yang dapat mengarahkan mereka untuk sukses. Tim ini harus memahami cara memandu apotek baru melalui proses hukum, bisnis, dan kepatuhan. Anggota tim dapat mencakup seorang pengacara, akuntan, penasihat keuangan, dan agen asuransi. Sekali lagi, gunakan referensi dan lakukan riset sebelum membuat keputusan.

5. Perizinan
Selanjutnya adalah pengurusan Surat Keterangan Izin Tempat Usaha, setelah itu dilanjutkan dengan surat izin apotek. Biaya yang perlu Anda keluarkan untuk perizinan tersebut biasanya berbeda tergantung kota masing-masing, namun estimasinya sekitar Rp. 3.000.000.

6. Pengadaan Obat
Anda perlu mengadakan berbagai jenis obat untuk kelengkapan apotek Anda. Usahakan Anda juga menyediakan obat-obat yang sering digunakan oleh masyarakat sekitar lokasi apotek Anda. Sebelum membeli obat, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut ini:
• Melakukan tinjauan terhadap masalah kesehatan yang seringkali terjadi.
• Menyediakan obat yang pasti dibeli dengan anggaran masyarakat sekitar.
• Membeli obat dengan standar atau berkualitas tinggi.

Bahkan dengan perencanaan terbaik, hal-hal diatas bisa salah, dan kemunduran bisa terjadi. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk memiliki profesional yang sudah sangat berpengalaman dibidang ini. Untuk peran ini, Anda bisa percayakan pada kami, kami akan siap membantu pendirian apotek Anda. Silahkan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi