Jan 03

7 SOLUSI CERDAS MEMULAI BISNIS STARTUP

Seringkali, ketika pengusaha memulai langkah berani dari seorang karyawan perusahaan menjadi pemimpin bisnis, salah satu tantangan pertama yang mereka hadapi adalah tidak lagi memiliki seseorang atau sekelompok orang di atas mereka untuk menetapkan tujuan, tenggat waktu, dan insentif. Tanggung jawab inspirasi menjadi tugas motivasi diri. Ini bisa menjadi tantangan bagi banyak orang, terutama ketika pengalaman itu baru dan pengusaha dikonsumsi dengan bekerja dalam bisnis daripada menjadi bekerja di dalamnya. Kurangnya disiplin diri dan pengorganisasian juga dapat memengaruhi perkembangan pribadi dan keluarga, yang sering kali merupakan yang pertama kali digunakan. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu International Consultant (Lembaga Konsultan Bisnis yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, Malang, Jember, Medan dan kota besar lainnya) akan membahas beberapa tips bagaimana menatasi masalah yang sering timbul kala memulai sebuh bisnis mandiri.

Tetapkan pernyataan misi pribadi.
Setiap bisnis memiliki atau harus memiliki pernyataan misi atau visi, sesuatu yang menggambarkan tujuan organisasi yang lebih luas, budaya dan nilai-nilai inti yang mendasarinya. Ini terutama digunakan untuk menetapkan arah organisasi dan memotivasi para pemangku kepentingan. Untuk alasan yang sama ini, setiap pengusaha harus menetapkan pernyataan misi pribadinya sendiri. Yang penting di sini adalah menuliskan pernyataan misi anda, membawanya bersama anda, membacanya keras-keras, menghafalnya dan menatanya di lengan anda (yang terakhir hanya untuk pengusaha ekstrim). Ini harus berfungsi sebagai pengingat tentang tujuan anda untuk menjadi wirausaha.

Buat rencana.
Seperti halnya dalam bisnis, pernyataan misi tidak berguna tanpa rencana untuk melaksanakannya. Anda juga harus mengembangkan dan menuliskan rencana pribadi dan profesional anda, termasuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Paket ini tidak akan dan tidak boleh ditulis dan dibingkai, karena bersifat organik dan akan berubah seiring perubahan kondisi pribadi dan profesional anda. Tujuannya di sini adalah untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai secara pribadi dan bagaimana anda akan mencapainya.

Mulailah dengan rutin.
Memotivasi diri sendiri adalah tentang memulai. Untuk alasan ini, anda harus memulai setiap hari dengan rutinitas pagi yang baik, yang akan membantu pikiran dan tubuh anda untuk waspada, fokus, dan siap untuk menciptakan kebiasaan baru. Sebagai bagian dari rutinitas anda setiap pagi, anda harus meluangkan waktu meninjau dan menyempurnakan rencana anda.

Tetapkan waktu untuk diri sendiri.
Karena wirausahawan sering dapat sepenuhnya terjebak dalam bisnis mereka, penting untuk mengatur waktu pribadi di siang hari untuk diri sendiri. Selama waktu ini, biarkan diri anda fleksibilitas untuk berjalan-jalan, berpikir dan bermeditasi atau bahkan berolahraga. Selain itu, manfaatkan waktu ini untuk makan dengan benar dan minum air putih, dua kebiasaan penting yang akan membantu anda tetap fokus.

Rencanakan dan atur pengingat.
Bahkan dengan rencana, akan sulit untuk tetap dalam rutinitas. Karena alasan ini, kembangkan kebiasaan menetapkan pengingat sepanjang hari untuk tugas-tugas penting dan tujuan harian yang telah anda tetapkan. Gunakan alarm anda, dengan volume yang dapat diatur, juga untuk mengingatkan diri sendiri agar tetap fokus pada tugas. Anda juga dapat tetap berada di jalur menggunakan pemblokiran waktu, atau proses pengaturan durasi waktu tertentu dalam kalender anda untuk pekerjaan, proyek, atau tugas tertentu.

Libatkan teman.
Terkadang motivasi terbaik datang dari tekanan beberapa teman atau rekan. Libatkan teman dan kolega anda untuk membantu memotivasi anda menuju tujuan individu dan bersama.

Tidur.
Akhirnya, jangan pernah meremehkan nilai tidur nyenyak untuk motivasi pribadi. Tidak ada tugas yang belum selesai atau tujuan yang terlewatkan sebanding dengan kesengsaraan yang timbul karena kurang tidur. Dengan istirahat, tugas-tugas dan tujuan-tujuan ini menjadi lebih mudah untuk diselesaikan pada hari berikutnya.

Demikian artikel dari kami, terimakasih, dan semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel di atas, atau pendampingan bisnis stratup, desain sistem manajemen perusahaan, software accounting atau pelatihan mengenai bisnis. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap mendampingi anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi