Feb 04

8 PRINSIP TERBAIK UNTUK DESAIN DAN OPERASI GUDANG TERBAIK

Gudang yang dikelola secara efektif dapat membuat semua perbedaan pada produktivitas dalam bisnis Anda. Ini mudah untuk dilupakan, tetapi hanya dengan teratur dapat menguntungkan Anda dalam berbagai cara. Operasi gudang yang baik akan mendatangkan banyak manfaat diantaranya adalah:
• Membantu Anda memaksimalkan ruang penyimpanan Anda secara efektif
• Menghemat waktu Anda
• Pastikan Anda memantau stok dengan benar
• Manfaat Anda secara finansial dengan menurunkan biaya overhead Anda
Semua manfaat ini akan membantu Anda secara besar-besaran dan dapat dicapai dengan menerapkan beberapa prinsip yang tepat dalam alur kerjanya. Berikut adalah beberapa prinsip terbaik untuk mencapai inventaris gudang yang dikelola dengan lebih benar.

1. Aliran Satu Arah
Arus satu arah sangat penting, tidak hanya untuk barang di gudang, tetapi juga kendaraan di sekitar gudang. Dalam hal kendaraan, Anda bisa menjalankan truk searah jarum jam di sekitar gudang. Alasannya adalah agar pengemudi bisa mundur di sisi kanan jika harus kembali ke dermaga.

2. Kontrol Inventaris
Kontrol inventaris adalah tentang memiliki jumlah stok yang tepat untuk memenuhi permintaan pelanggan. Kami harus melacak pergerakan produk karena itulah yang mendorong proses fisik di gudang. Penting untuk melihat penjualan tetapi juga volume barang yang bergerak juga.

3. Tenaga Kerja yang Efisien
Anda harus mengoptimalkan tenaga yang Anda miliki. Anda perlu melakukannya dengan melihat jam yang Anda masukkan ke pusat distribusi dan mengukur outputnya.

4. Pembandingan
Pembandingan bisnis dipandang sebagai salah satu alat manajemen paling cerdas. Kami menggunakan proses yang bagus ini untuk mengukur kinerja kami dibandingkan dengan rekan kerja dan bahkan pesaing. Dalam hal pergudangan, Anda perlu menentukan hal-hal berikut:
• Berapa tarif pick terbaik di kelasnya untuk gudang Anda?
• Apa yang dilakukan saingan Anda?
• Bagaimana kinerja Anda dinilai terhadap standar industri?

5. Memilih Sistem Penanganan Material
Di zaman sekarang ini, kami melihat banyak hal yang kami sebut proliferasi SKU. Perusahaan meningkatkan ragam produk yang mereka pegang dan ini pertarungan nyata, karena setiap kali Anda menambah jumlah Stock Keeping Unit (SKU) yang Anda pegang, Anda harus meningkatkan aktivitas logistik di gudang. Jika Anda memiliki jumlah SKU yang rendah dan volume yang rendah, Anda akan memiliki sistem penanganan material yang sangat sederhana. Ini akan menjadi sangat mendasar.

6. Ketahui Data Anda
Di sinilah Anda melihat semua data dan informasi nilai transaksional yang masuk, seperti:
• Apa yang Anda terima
• Apa yang Anda ambil, kemas, dan kirim
• Apa yang Anda terima dalam hal pengembalian
• Aktivitas penambah nilai lainnya
Jangan pernah mendesain gudang Anda secara rata-rata. Jika Anda mendesain untuk rata-rata, coba tebak? Anda akan benar di separuh waktu tetapi salah di separuh waktu lainnya. Jadi kita benar-benar harus melihat puncak dan palung — dan di situlah statistik berperan. Kita perlu menggunakan beberapa matematika untuk memperbaikinya.

7. Perangkat Lunak Manajemen Gudang
Sangat penting bagi Anda untuk memiliki sistem manajemen untuk membantu tugas sehari-hari, terutama jika kompleksitasnya meningkat. Anda dapat menghabiskan banyak uang untuk sistem manajemen gudang, tetapi ada juga beberapa sistem yang tidak terlalu mahal. Saat ini bahkan sistem berbiaya rendah mendukung semua jenis pengambilan frekuensi radio dan juga pengambilan suara, di mana alat pilih tersebut memakai headset dan bekerja secara handsfree. Beberapa dari teknologi tersebut sangat berharga.

8. Konsultasikan Secara Luas
Yang ini sangat penting jika kita terlibat dalam proyek pengembangan pergudangan atau hanya meningkatkan operasi kita saat ini — kita harus berkonsultasi secara luas. Lama berlalu adalah hari-hari ketika kita hanya memiliki dua atau tiga orang yang duduk di sebuah ruangan mengambil semua keputusan.
Anda tahu, ketika saya bekerja dengan sebuah perusahaan, saya akan pergi dan berbicara dengan supir forklift, resepsionis, direktur pelaksana, dan bahkan pemasok hanya untuk mencari tahu apa yang terjadi dan apa persyaratan untuk gudang tersebut. Orang-orang yang membongkar kontainer di dermaga akan sering memberi tahu Anda tentang dinamika yang harus mereka hadapi setiap hari. Anda juga perlu berkonsultasi dengan arsitek, insinyur, dan orang-orang lingkungan. Penting untuk berkonsultasi secara luas agar kami mendapat masukan dari banyak sumber.
Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, dan apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut serta membutuhkan pendampingan mengenai Manajemen Gudang (WMS) beserta software WMS dan Rak Gudang, silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Atau klik http://klikwa.net/groedu.limardi . Kami siap membantu anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi