Jan 14

ASEAN GUIDE INDONESIA SUMMARY

Kali ini konsultan bisnis Jakarta sedang mengulas Asean Guide Indonesia, merupakan pemaparan mengenai kondisi ekonomi tahun 2018 yang menjadi cerminan ekonomi sehingga bisa dipakai oleh para pebisnis sebagai acuan di tahun 2019.

Percepatan ekonomi

Setelah menghadapi krisis ekonomi global pada tahun 2008 silam, Indonesia telah menunjukan pertumbuhan ekonomi yang begitu impresif. Pendapatan nasional mengalami peningkatan dari USD857 pada tahun 2000 menjadi USD3.603 di tahun 2016. Pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagian besar disebabkan oleh besarnya populasi dan banyaknya kelompok kelas menengah yang memiliki disposable income terbesar di Asia Tenggara.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia berperan dalam peningkatan GDP pada sektor Industri, Konstruksi, wholesales dan retail, Komunikasi dan Informasi, asuransi dan keuangan, perkebunan, kehutanan dan perikanan. Tidak dapat dielak bahwa sumbangsi tax amnesty mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi melalui percepatan pembangunan infrastruktur di Nusantara. Pertumbuhan ekonomi juga tidak lepas dari kebijakan yag dibuat pada e-commerce, Financial Technology, Cyber security, transaksi dan transaksi elektronik yang mempermudah proses dan perlindungan transaksi keuangan

Demi mempercepat pertumbuhan pemerintah memberikan perlindungan bagi investor dan meminimalkan resiko partnership yang membangun proyek infrastrukstur melalui Indonesian Investment Guaranted Fund (IIGF) yang didanai bersama Bank Dunia. Pertumbuhan pada sektor industri logam, minyak, gas alam, produksi mesin, perkebunan, kehutanan, perikanan, telekomunikasi, informasi, transportasi laut, mendapatkan Tax Holiday. Pembebasan pajak juga diterapkan pada perusahaan yang mengimpor barang modal dan bahan baku.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia juga tidak lepas dari kerjasama dalam perdagangan Internasional baik kerjasama bilateral maupun multilateral. Kerjasama dagang baik bilateral maupn multilateral memberikan keuntungan bagi Indonsia untuk memasuki pasar Global sebab terdapat kesepahaman untuk memberikan batasan bea masuk yang relatif ringan masing-masing anggota bahkan bebas (Free Trade Agreemnet).

Beberapa kesepahaman perdaganagan Bebas yakni :

  • Asean Free Trade Area
  • ASEAN-AustraliaNew Zealand Free Trade Agreement
  • ASEAN-People’s Republic of China Comprehensive Economic Cooperation Agreement
  • ASEAN-India Comprehensive Economic Cooperation Agreement
  • ASEAN-Japan Comprehensive Economic Partnership
  • ASEAN-(Republic of) Korea Comprehensive Economic Cooperation Agreement

Sebagian besar kesepahaman yang disepakati oleh angggota yakni lebih dari 80% produk dibebaskan dari tarif dan menyediakan kemudahan dalam proses transfer / pengiriman barang dagang.

Memperkuat pondasi-pondasi pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi Indonesi tidak lepas dari peningkatan konsumsi domestik yang sebagin besar terdiri food and beverage, Informasi dan komunikasi, Keuangan dan perbankan, asuransi dan retail. Perubahan pola konsumsi nampaknya akan terjadi ketika teknologi baru menjadi daya pikat terlebih bagi masyarakat menenagah keatas. Bagi masyarakat menengah kebawah khususnya di pedesaan, membuka rantai distribusi lebih mereka butuhkan. masalah ini nampaknya tengah diatasi oleh pemerintah Indonesia.

Pemerintah Indonesia melakukan investasi pada sektor infrastruktur di nusantara, dan memperbaiki akses di indonesia bagian timur untuk menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi diluar tantangan untuk mengatasi banjirnya komoditi dan pelemahan ekonomi global. Misal di pulau jawa telah dibangun kereta trans Jakarta-Bandung. Sementara kota Surabaya tetap menjadi salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi selain Medan, Palembang, Batam, Jawa Tengah, Balik Papan dan Makasar.

Anda membutuhkan konsultasi seputar manajemen outopilot, sistem manajemen ISO 9001 : 2008, Software accounting, SOP ritel modern, Distributor, Manufacturing, lembaga keuangan, serta segal jenis usaha yang kegiatan seharai-harinya terdapat penjualan, pembelian, inventory, Kas dan bank. Silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 (Wa)

GD Star Rating
a WordPress rating system

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi