Sep 03

BAGAIMANA CARA SUKSES MEMULAI USAHA KECIL SELAMA PANDEMI

Apakah COVID menghambat peluncuran start-up baru Anda? Kamu tidak sendiri.
Anda mungkin seorang pengusaha yang sudah lama bercita-cita tinggi yang telah bekerja keras untuk membuka bisnis pertama Anda. Atau Anda mungkin baru saja jatuh ke dalam peran pemilik usaha kecil secara alami. Apapun situasi Anda, Anda telah mengambil risiko dalam memulai bisnis Anda sendiri. Selamat—itu membutuhkan keberanian dan tekad!
Sayangnya, setelah sekian lama membangun kepercayaan diri, keterampilan, dan uang yang dibutuhkan untuk menjalankan dan menjalankan bisnis kecil Anda sendiri, pembatasan pemerintah yang baru pada operasi bisnis mungkin tampak seperti tamparan di wajah.
Tapi, hanya karena COVID-19 adalah akhir dari kehidupan sosial Anda, bukan berarti itu akhir dari bisnis baru Anda!
Memulai bisnis kecil baru di saat terbaik datang dengan banyak ketidakpastian. Melakukannya selama pandemi membuat tugas menjadi lebih menakutkan daripada yang seharusnya. Tidak perlu khawatir – tidak seorang pun yang baru mengenal bisnis kecil akan tahu jalan melalui perairan yang sangat keruh ini sendirian. Berikut adalah 10 saran & tip bisnis kecil ramah pandemi untuk memanfaatkan situasi yang tidak mungkin.
Ikuti daftar periksa ini untuk memastikan munculnya COVID-19 tidak mengakhiri bisnis kecil Anda.

1. Tetap up-to-date dengan perubahan pemerintah.
Pastikan Anda mengikuti aturan dan peraturan pemerintah yang baru saat diluncurkan. Meskipun perubahan ini sering terjadi, penting untuk citra dan fungsionalitas bisnis kecil Anda agar Anda mematuhi perubahan ini.
Pada catatan yang lebih positif, ada juga banyak inisiatif dan hibah pemerintah yang dapat membantu keuangan usaha kecil. Ini hanya tersedia untuk periode terbatas, jadi nantikan deal dan pembaruannya!

2. Tetap teratur dan berpikir ke depan.
Cobalah untuk tidak terjebak dalam semua hal negatif yang dibawa oleh pandemi. Alih-alih, fokuskan energi kreatif Anda pada apa yang akan terjadi sesudahnya. Jika Anda memikirkan sesuatu yang ingin Anda bawa ke bisnis kecil Anda, tetapi tidak mungkin melakukannya untuk saat ini – tulislah. Waktunya akan tiba, dan ketika itu terjadi, Anda akan siap.

3. Belajarlah untuk berkompromi.
Tentu, bisnis kecil Anda yang baru mungkin tidak sesuai dengan visi Anda saat ini. Tentu saja ini bisa membuat frustrasi dan sulit diterima, tetapi penting untuk diingat bahwa ini terjadi pada banyak orang lain di posisi Anda dan Anda tidak bisa disalahkan.

Baca juga artikel tentang : Melakukan Manajemen Krisis pada Bisnis saat Pandemi Covid 19

4. Gunakan waktu ini untuk membangun jaringan.
Bangun nama untuk merek bisnis kecil Anda di komunitas selama ini. Meskipun mungkin tidak terasa seperti itu, ingat – Anda tidak sendirian. Semua orang (bahkan pesaing Anda) menemukan jalan mereka melalui ini bersama-sama. Manfaatkan lapangan permainan yang saat ini seimbang dan ciptakan ikatan dan jaringan yang kemungkinan akan bertahan jauh lebih lama daripada pandemi.
Cara terbaik untuk menemukan kontak baru dalam industri lokal Anda adalah dengan bergabung dengan komunitas bisnis kecil di media sosial, seperti di Facebook dan LinkedIn. Jika Anda mencari sesuatu yang santai dan ramah, kelompok kewirausahaan di Facebook adalah cara yang tepat. Jika koneksi yang lebih profesional adalah yang Anda cari, lihat LinkedIn.
Ada banyak nasihat bisnis kecil yang bisa didapat dari mereka yang sudah mengikuti pembicaraan. Coba ikuti tagar bisnis yang relevan dengan industri Anda untuk menemukan siapa yang membuat keributan tentang topik yang Anda minati di grup media sosial.
Alihkan fokus Anda dan pikirkan masa-masa sulit ini sebagai kesempatan untuk membangun kecakapan bisnis Anda. Kemampuan untuk beradaptasi dan fleksibel adalah keterampilan yang bagus untuk dimiliki pada saat-saat terbaik. Belajarlah untuk berkompromi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan Anda sambil tetap setia pada misi Anda.
Coba ikuti tagar bisnis yang relevan dengan industri Anda untuk menemukan siapa yang membuat keributan tentang topik yang Anda minati di grup media sosial.

5. Tetap positif.
Ini mungkin tampak seperti nasihat paling klise yang pernah ada, tetapi ini adalah mantra karena berhasil. Memiliki pola pikir positif akan membuat Anda tetap tenang dan fokus, dan sikap ini akan mengalir ke bisnis Anda.
Pemikiran negatif mungkin muncul lebih mudah selama penguncian dan isolasi sosial untuk sebagian besar, terutama ketika Anda tidak melihat keuangan usaha kecil Anda mengalir sebebas yang Anda inginkan. Luangkan lebih banyak waktu untuk fokus pada diri sendiri, bahkan jika itu berarti mengurangi skala bisnis Anda untuk saat ini. Potong biaya di mana Anda bisa, dan isi ulang untuk tetap termotivasi untuk operasi pasca-pandemi.

6. Bangun kehadiran online Anda.
Sebagai pemula, Anda mungkin tidak memiliki sumber daya untuk membangun kehadiran online Anda. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menemukan suara Anda, membuat gambar, dan menghasilkan konten yang brilian.
Jika Anda belum memiliki situs web untuk bisnis kecil Anda, maka buatlah. Mulai beberapa akun media sosial untuk bisnis Anda—anggap itu sebagai pemasaran gratis! Instagram, Facebook, dan LinkedIn adalah tempat yang bagus untuk memulai, tetapi putuskan apa yang paling cocok untuk merek Anda. Apa pun identitas bisnis kecil Anda—pastikan untuk membangunnya dengan suara online Anda. Pemirsa dapat mulai mengenal Anda bahkan sebelum mereka menginjakkan kaki di toko.

7. Tetap tenang.
Pasang surut permintaan adalah bagian alami dari bisnis, dan Anda telah terlempar ke jurang yang dalam. Bisnis kecil Anda pasti akan mengalami penurunan selama pandemi. Jangan panik! Ini terjadi pada semua orang, dan hal-hal tidak akan selalu seperti ini. Ketahuilah bahwa penting untuk tetap tenang dan terus bergerak maju.

8. Promosikan keamanan dalam komunitas Anda.
Kembangkan praktik kesehatan yang baik selama pandemi dan tunjukkan kepada basis pelanggan Anda betapa Anda peduli. Ikuti pedoman dan rekomendasi pemerintah tentang kebersihan saat ini, manajemen tingkat di dalam toko, dan jarak sosial.
Jangan lupa untuk memimpin dengan memberi contoh! Ingat, kesehatan dan keselamatan Anda juga penting karena tanpa Anda, tidak ada usaha kecil yang terus berjalan.

9. Pelajari sesuatu yang baru.
Kita semua memiliki daftar ‘tugas’ yang sudah berjalan lama di belakang pikiran kita yang sepertinya tidak pernah kita temukan waktunya. Jika Anda tidak menghabiskan banyak waktu untuk benar-benar berbisnis seperti yang Anda pikirkan, gunakan waktu ini untuk mempelajari sesuatu yang baru.
Pikirkan tentang sesuatu yang istimewa yang selalu ingin Anda kerjakan, dan selami! Fokus pada area yang selama ini Anda abaikan. Itu bisa berupa membaca buku, mengambil alat musik, atau mempelajari program atau bahasa baru. Kemungkinannya adalah Anda dapat menemukan cara untuk menggabungkan atau mentransfer pengetahuan tentang keterampilan yang baru ditemukan ini ke dalam bisnis pemula Anda ketika semuanya sudah berjalan kembali.

10. Dukung komunitas lokal Anda.
Sumbangkan waktu Anda untuk tujuan baik untuk membangun hubungan baik dengan klien masa depan Anda. Jika Anda menemukan diri Anda memiliki waktu untuk menjadi sukarelawan, itu adalah cara yang bagus untuk secara bersamaan membantu mereka yang kurang beruntung dan berjejaring pada saat yang bersamaan.
Jika Anda memiliki terlalu banyak stok di tangan Anda yang mendekati akhir masa simpannya, sumbangkan untuk tujuan yang dekat dengan rumah dan sebarkan merek Anda. Komunitas mungkin tidak dalam posisi untuk mendukung bisnis Anda sebagai imbalan saat ini, tetapi mereka tidak akan melupakan amal Anda di masa depan.

Sikap Anda selama masa-masa sulit—seperti pandemi—adalah yang akan menentukan identitas dan kesuksesan bisnis Anda. Semakin Anda berpikir positif, Anda akan menemukan berbagai jalan menang yang Anda perlukan.
Saat Anda membangun sebuah bisnis, tentu merek yang Anda pakai harus asli dari pemikiran Anda sendiri, karena jika Anda menjiplak dari merek lain, jelas saja beberapa sanksi akan menghampiri Anda. Selain itu, jika Anda sudah memilih merek yang akan Anda gunakan hingga akhir, Anda perlu mendaftarkan merek Anda agar mendapatkan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). Jika Anda belum tahu atau tidak memiliki banyak waktu untuk mendaftar HAKI untuk merek Anda, kami siap membantu Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi