Apr 05

BAGAIMANA CARA TEPAT MENGELOLA BISNIS KELUARGA?

Mendirikan bisnis keluarga atau ingin meningkatkan manajemen perusahaan keluarga Anda memang memiliki tantangan tersendiri.
Bisnis keluarga masih berkembang pesat dalam ekonomi kompetitif saat ini. Karena kebanyakan bisnis keluarga yang sukses tidak hanya mapan tetapi juga berjalan dengan baik.
Bisnis keluarga kental dengan tradisi dan kebanggaan. Meskipun perusahaan tampaknya menguasai dunia bisnis, beberapa bisnis yang dijalankan keluarga berkembang pesat berkat manajemen yang kuat. Membuat rencana manajemen meningkatkan kemungkinan bisnis keluarga akan bertahan selama beberapa generasi. Kesinambungan dalam pengelolaan bisnis kecil memperkuat nilai-nilai intinya dan membimbing generasi mendatang saat mereka mengambil peran kepemimpinan. Lalu bagaimana cara manajemen ini? Simak artikel ini hingga akhir.

1. Kembangkan rencana bisnis keluarga yang solid yang menguraikan posisi bisnis saat ini dan rencana masa depan. Tuliskan semua detail ini secara tertulis dan diskusikan dengan anggota keluarga yang pada akhirnya akan mengambil alih bisnis. Tinjau kembali rencana bisnis secara teratur untuk menyesuaikannya.
2. Kembangkan lingkungan komunikasi terbuka. Ini membangun kepercayaan dan kerja tim di antara semua anggota keluarga. Ini juga membantu dalam transisi saat bisnis diturunkan ke generasi kepemimpinan berikutnya.
3. Tentukan peran dalam bisnis dengan jelas. Buat deskripsi pekerjaan tertulis yang menyoroti harapan dan tanggung jawab untuk posisi tersebut. Pegang semua karyawan pada standar tersebut, bahkan karyawan keluarga. Ini menciptakan lingkungan yang adil untuk semua karyawan dan memastikan standar kualitas yang tinggi.
4. Adakan pertemuan rutin dengan karyawan untuk menangani masalah pekerjaan. Hindari mendiskusikan pekerjaan di rumah. Simpan masalah sampai rapat jika memungkinkan. Ini membantu membangun pemisahan antara pekerjaan dan kehidupan rumah tangga.
5. Mengamankan layanan penasihat keuangan atau akuntan di luar keluarga untuk menangani aspek keuangan bisnis. Ini memberikan sumber nasihat yang tidak bias yang akan membantu membuat keputusan keuangan yang tepat untuk bisnis.
6. Bekerja sama untuk memenuhi tujuan bisnis keluarga.
Semoga artikel pendek diatas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai manajemen bisnis dan layanan lainnya silahkan hubungi kami di email : groedu@gmail.com. atau hubungi https://wa.me/6281252982900.  Kami siap mendampingi anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi