Feb 08

BAGAIMANA LANGKAH MEMULAI BISNIS HOME INDUSTRI YANG MENGUNTUNGKAN

Kali ini Konsultan bisnis Surabaya akan membahas artikel mengenai bisnis rumahan, semoga artikel ini bermanfaat bagi klien yang ada di Surabaya, Yogyakarta, Semarang, bandung, Jakarta, Palembang, Medan, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Menado, Denpasar, Mataram dan kota-kota lainnya yang ada di Indonesia. Bisnis berbasis rumahan terbaik adalah bisnis yang dimulai dengan tangan anda sendiri, bukan bisnis yang dipromosikan oleh orang lain. Jadi, bagaimana anda memulai bisnis yang sukses di rumah anda? Rahasia kesuksesan bukanlah berhenti di tengah proses seleksi bisnis seperti yang dilakukan oleh banyak orang. Ikuti enam langkah ini untuk memulai bisnis berbasis rumahan untuk anda.

Pahami Bakat Anda
Pikirkan bakat apa yang anda miliki sebagai hal yang benar-benar anda kuasai. Mereka seperti ciri-ciri kepribadian. Misalnya, anda mungkin orang yang sangat kreatif atau orang yang sangat piawai memperhatikan detail atau orang yang memiliki bakat berkomunikasi. Bakat anda adalah basis untuk setiap usaha bisnis yang sukses, termasuk bisnis berbasis rumah. Jika anda belum pernah terjun kedunia bisnis, maka anda perlu melakukan penilaian mandiri lebih lanjut untuk menentukan apakah anda memiliki kepribadian yang tepat untuk menjadi seorang wirausaha. Ciri-ciri umum untuk pemilik bisnis yang sukses adalah memiliki motivasi, kemandirian, ketekunan, inisiatif, dan kemampuan untuk menghadapi ketidakpastian.

Pahami Keterampilan Anda
Keterampilan adalah hal-hal yang dapat anda lakukan. Perbedaan antara bakat dan keterampilan adalah bahwa bakat bersifat pasif dan keterampilan bersifat aktif. Atau, dengan kata lain, anda dilahirkan dengan bakat tetapi anda mengembangkan keterampilan seiring waktu saat anda belajar. Misalnya, orang yang kreatif mungkin memiliki keterampilan yang sangat baik untuk menggambar, menulis, atau mendesain. Seseorang yang memiliki bakat untuk menghadiri detail mungkin memiliki keterampilan akuntansi atau organisasi yang kuat. Anda harus memanggil bakat dan keterampilan anda untuk memulai bisnis berbasis rumah yang sukses.

Temukan Ide dari Penyatuan Bakat dan Keterampilan
Prosedur yang diuraikan di sini akan bekerja untuk memulai bisnis apa pun, namun pertanyaannya adalah, “dengan bakat dan keterampilan ini, bisnis rumahan apa yang bisa saya mulai?” misalkan anda salah satu dari orang-orang yang memiliki keterampilan akuntansi dan organisasi dan bakat untuk mendukung mereka. Beberapa ide bisnis berbasis rumah yang anda buat dapat meliputi: persiapan pajak, pembukuan, manajer bisnis, penyelenggara profesional, atau asisten virtual. Dan itu masih 5. Ketika anda melakukan latihan ini, tentu saja anda akan memiliki lebih dari satu atau dua keterampilan, sehingga anda akan menemukan bahwa daftar ide bisnis yang lebih banyak. Jangan membatasi diri sendiri saat anda memulai untuk mendaftar semua ide bisnis berbasis rumah milik anda.

Lakukan Tes Terkait Ide Bisnis Anda
Ketika memulai bisnis rumahan, anda harus ingat bahwa tidak semua bisnis akan berfungsi dengan baik sebagai bisnis berbasis rumah, dan beberapa tidak akan berfungsi sama sekali.  Misal, anda tidak akan dapat memulai bisnis manufaktur di lingkungan perumahan. Kembalilah ke daftar anda dan mulai coret semua ide bisnis yang tidak akan berfungsi sebagai bisnis berbasis rumahan. Jika anda bermaksud memulai bisnis di mana anda benar-benar bisa bekerja di rumah, singkirkan juga bisnis apa pun yang dapat dioperasikan sebagai bisnis berbasis rumahan tetapi tidak sangat kurang efisien jika anda untuk melakukan itu. Banyak orang yang ingin memulai bisnis berbasis rumah berhenti di sini. Mereka datang dengan ide untuk bisnis yang mereka sukai dan merasa mereka akan pandai, jadi mereka terjun ke dalamnya pada saat ini. Jangan membuat kesalahan ini! Jika ya, anda berisiko sangat tinggi menginvestasikan waktu, energi, dan uang anda selama berbulan-bulan dalam usaha yang merugi dan melihat bisnis rumah yang anda punya harapan gagal.

Ketahui Sudut Keuntungan Anda
Ini adalah ujian bagi siapa pun yang ingin memulai bisnis apa pun. Anda mungkin memiliki talenta hebat untuk sesuatu dan keterampilan yang memungkinkan anda mengekspresikannya, tetapi jika orang tidak mau membayar anda untuk produk atau layanan, itu tidak akan berfungsi sebagai bisnis. Untuk setiap ide bisnis berbasis rumahan, anda perlu mengetahui jawaban atas dua pertanyaan, yaitu : Berapa orang yang bersedia membayar saya untuk produk atau layanan ini? Dan bisakah saya mendapat penghasilan yang cukup dari itu? Meski begitu banyak orang yang menempatkan diri mereka dalam posisi tanpa mempertimbangkan sudut keuntungan. Bisnis adalah tentang laba, dan tanpa laba yang cukup, anda tidak akan pernah memiliki penghasilan yang cukup untuk membayar tagihan, apalagi menghasilkan kekayaan. Kembali ke daftar ide bisnis rumahan anda dan nilai masing-masing potensi keuntungan. Jika jawaban salah satu dari dua pertanyaan di atas tidak memuaskan, singkirkan ide itu dari daftar anda.

Mulai Lakukan Penilaian Kelayakan pada Bisnis Rumah Anda
Alasan utama melakukan rencana bisnis adalah untuk mengetahui apakah ide bisnis anda memiliki peluang untuk menjadi bisnis yang sukses. Jadi, begitu anda memilih ide bisnis rumahan yang anda sukai, tulislah sebuah rencana bisnis. Penelitian dan pemikiran yang anda lakukan saat mengerjakan rencana bisnis akan melakukan lebih dari apa pun untuk memastikan bahwa bisnis yang anda mulai berhasil. Dan jika rencana bisnis anda menunjukkan kepada anda bahwa ide anda tidak dapat bertahan, simpanlah, pilih ide bisnis berbasis rumah lainnya dan ulangi prosesnya. Bukan hal yang aneh untuk mengerjakan bagian dari setidaknya tiga rencana bisnis sebelum anda menemukan ide yang akan berkembang menjadi bisnis yang berkembang yang ingin anda jalankan.

Demikian 6 langkah memulai bisnis rumah untuk anda. Terimakasih dan semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lebih detil tentang artikel diatas, atau membutuhkan konsultan untuk membantu scale up bisnis anda, atau pun start up mulai dengan mendesain sistem manajemen, mencari SDM, sampai perusahaan running & profit. Silahkan anda bisa hubungi kami melelui email groedu@gmail.com atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami Konsultan Bisnis Surabaya siap membantu anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi