Mar 31

BAGAIMANA MENGOTOMATISKAN PROSES PIUTANG DENGAN MENEMUKAN ALAT MANAGEMEN YANG TEPAT

Apa itu akuntansi? Apakah ini sekadar penghitungan angka dan entri data, atau apakah secara strategis memikirkan keuangan bisnis Anda dan bagaimana cara memperbaikinya?
Menurut sebuah survei, tim akuntansi menghabiskan 90% dari waktu mereka pada financial close dan hanya 10% yang menganalisis angka. Dengan membiarkan teknologi menangani input data, tim akuntansi dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengolah angka dan lebih banyak waktu menganalisis arti sebenarnya dari angka-angka itu. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan arus kas yang dramatis bagi perusahaan Anda.
Dan jika dalam accounting, Anda tengah membicarakan AR, Ada beberapa langkah penting yang harus Anda ambil terlebih dahulu untuk mempersiapkan tim dan perusahaan Anda untuk otomatisasi AR.

Perhatikan Alur Kerja AR Anda Saat Ini
Sebelum Anda dapat memulai transformasi digital, Anda perlu mendapatkan pemahaman lengkap tentang proses manajemen piutang Anda saat ini. Dari sana, Anda dapat memilih sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan unik Anda.
Pertimbangkan pertanyaan berikut untuk membantu Anda menganalisis alur kerja AR Anda saat ini:

• Apa status arus kas Anda saat ini? Lakukan lebih dari sekadar “baik” atau “buruk” dan pikirkan tentang elemen spesifik yang memengaruhi arus kas Anda. Buatlah daftar area yang perlu diperbaiki. Ini akan membantu Anda memilih perangkat lunak piutang dagang otomatis mana yang tepat untuk Anda.

• Bagaimana Anda mengirim faktur ke pelanggan? Metode pengiriman faktur dapat memengaruhi bagaimana — dan jika — faktur itu dibayar, bersama dengan ketepatan waktu pembayaran.

• Bagaimana Anda mengingatkan pelanggan tentang keterlambatan pembayaran? Penting untuk selalu mengetahui pembayaran yang terlambatmengendalikan piutang Anda. Jika Anda mengandalkan spreadsheet untuk mengingatkan karyawan agar mengirim email koleksi secara manual, proses Anda memakan terlalu banyak waktu dan tenaga.

• Metode pembayaran apa yang Anda terima? Semakin mudah proses pembayaran, semakin besar kemungkinan pelanggan membayar tepat waktu. Dengan membatasi pelanggan pada metode pembayaran tertentu, Anda memaksa mereka untuk meninggalkan zona nyaman mereka.

• Input data apa yang Anda gunakan untuk penagihan? Buat daftar semua masukan Anda sehingga Anda dapat memilih perangkat lunak yang dapat mengotomatiskan proses yang Anda butuhkan.

Alat Otomasi AR
Setelah Anda memahami alur kerja AR Anda saat ini, inilah saatnya untuk mulai melihat alat otomatisasi. Saat mencari alat otomasi, Anda dan tim Anda harus:
• Diskusikan rencana Anda. Bicarakan tentang jadwal, anggaran, persyaratan perangkat lunak, dll. Buat sedetail mungkin untuk memastikan transisi yang lancar.
• Libatkan tim Anda dalam proses pengambilan keputusan. Anda tidak akan menjadi satu-satunya orang yang menggunakan perangkat lunak baru. Dapatkan masukan dari tim Anda karena mereka mungkin menawarkan wawasan yang belum Anda pertimbangkan.
• Minta demo. Coba demo untuk platform AR yang menarik bagi Anda. Periksa kualitas perangkat lunak dan lihat kesesuaiannya dengan kebutuhan bisnis Anda.
• Teliti semua platform AR yang tersedia. Lihat opsi apa yang tersedia dan teliti biaya, anggaran, lokasi, dan informasi lain yang mungkin penting bagi bisnis Anda. Pertahankan daftar platform yang luar biasa.
• Tinjau biaya. Periksa dua kali dan tiga kali biaya penerapan. Bisnis Anda harus berkembang dari transisi ini, bukan hancur lebur.
• Tetapkan tujuan yang jelas. Tujuan keseluruhan adalah untuk meningkatkan arus kas, tetapi di bidang mana Anda paling membutuhkan bantuan? Apakah Anda ingin menyederhanakan proses, mendapatkan wawasan tambahan, atau mengotomatiskan tugas? Menetapkan tujuan yang jelas dan nyata akan mempersempit pencarian Anda untuk menemukan perangkat lunak piutang dagang otomatis yang akan bekerja paling baik untuk bisnis Anda.

Jalankan dan Otomatiskan Proses Piutang Anda
Setelah Anda menyelesaikan setiap langkah dan melakukan penelitian yang tepat, inilah saatnya untuk menarik pemicu dan menerapkan perangkat lunak otomatisasi AR baru Anda.
Dengan memanfaatkan otomatisasi dalam proses piutang, Anda akan dapat mengurangi biaya pemrosesan pembayaran dan menyiapkan faktur secepat kilat. Anda akan membebaskan tim Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu menganalisis data keuangan dan merampingkan proses AR, yang mengarah pada arus kas yang dipercepat dalam perusahaan Anda, sesuatu yang diupayakan oleh setiap organisasi.
Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan pelatihan mengenai pengelolaan piutang penjualan. Silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Atau cek info brosurnya dengan cara klik ini.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi