Des 24

BAMBANG HARTONO, BOS DJARUM ORANG TERKAYA MAKAN TAHU PONG

Beberapa waktu lalu seorang Bos Djarum orang terkaya dengan kekayaan kurang lebih 500 triliun seperti dirilis oleh Forbes sempat viral karena makan sangat sederhana di warung tahu Pong. Pria berusia 80an ini memang punya pelanggan dan kebiasaan di tempat itu untuk makan. Keseharian orang terkaya ini sangat simpel, katanya sambil makan sederhana. Sementara orang-orang yang sok kaya makan mewah dengan bayar kartu kredit, dan Bos Djarum ini menanti mereka bayar ke BCA bank miliknya untuk melunasi makanan yang dibelinya dengan Kartu kredit. Ini memang kebalikan dengan financial intelegence kebanyakan orang-orang yang tidak kaya mengaku-ngaku kaya.  Bos Djarum ini memiliki financial intellegence cukup baik, sehingga tentu saja ia menjadi orang kaya dengan asset yang luar biasa.

Apa hubungan dengan bisnis anda? Tentu saja ada yang mesti dipikirkan dengan bisnis yang sedang kita kelola agar kita bisa lebih kaya seperti yang diinfokan Forbes tentang orang kaya. Orang kaya lebih banyak berinvestasi dan mementingkan membangun pasif income dari pada memboroskan uangnya untuk gaya hidup mewah. Membangun bisnis-binisnya dengan manajemen autopilot agar bisnisnya semakin banyak dan tetap memelihara hidup sederhana.

Sekarang apa yang dimaksud dengan manajemen autopilot? Manajemen autopilot adalah manajemen dimana sangat membantu perusahaan secara baik dalam semua prosedur dari hulu sampai hilir berjalan dengan teratur dan rapi tanpa keterlibatan oleh pemiliknya. Jika pemiliknya masih banyak terlibat dalam urusan bisnis, maka pemilik bisnis belum menjadikan perusahaan bermanajemen autopilot. Apabila ingin mengkloning bisnis sebagai mesin uang, tentunya pemilik bisnis memiliki jiwa yang berorientasi investor. Menanam uang, menghasilkan uang dan menikmati uangnya tanpa banyak terlibat dalam bisnis yang didirikan.

Bagaimana membuat manajemen Autopilot? Groedu banyak membantu perusahaan keluarga yang beralih ke perusahaan profesional dan modern dengan desain sistem manajemen yang baru. Desain sistem manajemen ini membantu proses bisnis berjalan sesuai dengan aturan baku dan standard sehingga semua karyawan yang bekerja sudah mengetahui apa yang mesti dilakukan dan dilaporkan. Oleh sebab itu membangun manajemen autopilot sangat penting apabila saat ini perusahaan masih dalam kondisi ditangani oleh pemilik dan carut marut sebagai perusahaan tidak standar.

Langkah-langkah yang dilakukan : desain struktur organisasi baru, tulis pekerjaan mereka supaya mereka bekerja seperti yang mereka tulis, buat tata cara pengelolaan perusahan dengan reward & punishment serta lainnya.  Upaya-upaya ini tentunya untuk membantu agar perusahaan memiliki sistem, dan mengurangi keterlibatan pemilik, sehingga pemilik bisa meraih kekayaannya dengan bisnis-bisnis baru lainnya yang diberdayakan dengan manajemen autopilot.

Semoga artikel di atas berguna bagi pembaca, dan apabila pembaca membutuhkan bimbingan dan pelatihan dan mendesain ulang sistem manajemen di perusahaan mulai dari departemen Penjualan, Finance & accounting, operasional termasuk logistik dan departemen lainnya. Silahkan hubungi kami konsultan bisnis surabaya untuk kota-kota lainnya Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Denpasar, Mataram, Banjarmasin, Palangka raya, Palembang, Makassar dan Medan ke email : groedu@gmail.com atau kontak kami di 081-252982900. Kami siap mendampingi anda. (Frans M. Royan)

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi