Mei 28

BEBERAPA JENIS BISNIS DGN MODAL MINIMAL DAN KEBAL TERHADAP KRISIS EKONOMI

Jika sekarang kita seringkali melihat disekeliling kita yang begitu banyak sekali jenis dan macam dari sebuah bisnis yang banyak beroperasi dan bisa dijadikan sebagai sebuah tumpuan pendapatan. Namun untuk kondisi perekonomian yang sedang tidak menentu seperti sekarang ini, nilai rupiah yang kian hari kian melemah semakin banyak mengakibatkan sedikit demi sedikit tumbangnya dari bisnis-bisnis tersebut.

Kondisi semacam ini seringkali malah menjadikan kita yang berkeinginan untuk membuka bisnis sendiri merasa lebih khawatir dan ketakutan jika suatu saat bisnis yang ingin kita dirikan tersebut akan perlahan-lahan menjadi tumbang ditengah jalan, Bisnis Anti Tumbang, ya seperti itulah pastinya yang ingin sekali kita dirikan bukan?

Agar tidak sampai terjadi hal-hal terburuk bagi bisnis tersebut, maka kita harus tetap mempertimbangkan tingkat ketahanan yang lebih tinggi dari sebuah bisnis terhadap berbagai macam gejolak perekonomian saat ini. Atau bisa dibilang ingin mencari dan memilih untuk menjalankan sebuah bisnis yang lebih anti/tahan terhadap berbagai macam gempuran dan serangan dari krisis keuangan (pengaruh nilai Rupiah). Beberapa jenis bisnis yang memiliki pasar yang lebih luas dan produknya akan selalu dibutuhkan biasanya sama sekali tidak akan mudah terpengaruh oleh kuatnya gejolak perekonomian saat ini.

Memilih Beberapa Jenis Bisnis yang Anti Tumbang Dengan Permodalan yang Lebih Minimalis

Dan sekarang coba Anda pikirkan, bagaimana jika modal yang saat ini Anda miliki terbilang masih pas-pasan? Faktor permodalan memang sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah bisnis. Namun juga tidak semua jenis bisnis membutuhkan adanya modal yang terlalu besar. Ada juga diantara beberapa jenis bisnis tersebut yang bisa dimulai hanya dengan bermodalkan minimalis (pas-pasan) serta sebuah bisnis yang bisa dibilang sebagai bisnis yang lebih anti tumbang, seperti beberapa jenis bisnis berikut, yaitu:

1. Membuat les privat sendiri.

Apakah Anda sangat jago dalam bidang matematika? Cukup mahir dalam berbahasa Inggris atau memiliki kelebihan-kelebihan akademis lainnya? Maka jangan biarkan ilmu tersebut hilang begitu saja dari pikiran Anda karena tidak bisa dimanfaatkan dengan lebih efektif. Anda bisa menyalurkannya kembali dengan cara membuka kursus privat sendiri untuk anak-anak sekolah. Anda juga masih bisa membuka kelas dari rumah atau dengan mendatangi rumah-rumah setiap murid les privat Anda. Mencoba untuk berbisnis bimbel seperti ini bisa dikatakan sangat tahan terhadap berbagai macam gempuran krisis perekonomian, karena pasar yang setiap saat selalu ramai dan banyak sekali tersedia (murid) dan mereka juga sangat membutuhkan adanya tambahan pelajaran dari luar jam sekolahnya.

2. Membuka loket pembayaran online.

Setiap bulannya kita harus membayar berbagai macam jenis tagihan-tagihan seperti: tagihan listrik, air, telepon, PAM dan lain sebagainya. Dengan cara memanfaatkan smartphone milik Anda bisa saja memulai bisnis jenis ini sendiri. Bisnis ini juga masih bisa diintegrasikan dengan bisnis toko sembako.

3. Membuka toko sembako sendiri atau kebutuhan sehari-hari

Setiap orang pastinya membutuhkan sembako untuk bisa memenuhi kebutuhan hariannya, tidak terlepas dari dimanapun dan kapanpun mereka berada. Beberapa diantara produk-produk sembako mulai dari beras, gula, kopi, mie instan dan lain sebagainya. Karena dengan menjual berbagai macam jenis kebutuhan hidup sehari-hari dimanapun Anda berada bisa dipastikan bahwa bisnis toko sembako Anda ini akan tetap laku dan tidak akan mudah terpengaruh oleh berbagai gejolak perekonomian.

4. Berjualan makanan atau kuliner

Memiliki ketrampilan dalam hal memasak masih bisa Anda manfaatkan untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak perlu membuka warung secara permanen untuk bisa memulai bisnis seperti ini. Menjual gorengan di depan rumah sendiripun masih bisa tetap berjalan, bahkan dengan membuat aneka jenis nasi bungkus yang seringkali dijual di pagi hari pada saat menjelang jam-jam berangkat kerja.

5. Berdagang buku-buku bekas.

Buku-buku pelajaran, majalah, atau bahan-bahan bacaan memiliki pangsa pasar yang begitu besar sebagai sebuah bacaan (sebelum era media e-book seperti sekarang). Meskipun dengan begitu menjamurnya e-book-e-book online saat ini, namun untuk jenis pangsa pasar dari penjualan buku-buku bekas masih tetap stabil. Karena masih tetap dibutuhkan mulai dari tingkatan anak-anak sekolah, kuliah, bahkan umum yang memang memiliki hobi membaca yang begitu besar. Jika Anda memang memiliki buku-buku lama yang sudah tidak pernah digunakan lagi dengan kondisi yang masih layak untuk dibaca, maka Anda sudah bisa memulai untuk menjalankan jenis bisnis seperti ini.

Tanyalah kepada para tetangga, teman atau saudara Anda jika masih ada buku-buku atau majalah bekas yang memang sudah tidak digunakan lagi namun masih layak baca maka bisa Anda ambil. Buku sudah ada, terus mau dijual kemana? mau sewa lapak tapi modal juga ngepas. Maka solusinya adalah dengan memanfaatkan event seperti car free day, bazar atau pasar-pasar kaget untuk menggelar lapak buku bekas Anda. Dengan cara menggelar lapak-lapak seperti ini, maka Anda bisa mengetahui jenis-jenis buku seperti apa saja yang paling banyak dicari oleh para konsumen. Selain dari menggelar lapak Anda juga bisa menawarkan secara online melalui medsos pribadi Anda.

Menjalankan sebuah bisnis sebenarnya tidak cukup hanya dengan memiliki modal saja. Tanpa adanya suatu kerja keras, ketekunan, dan kesabaran, maka bisnis Anda sama sekali tidak akan bisa berkembang. Meskipun bisnis yang saat ini sedang Anda rintis terbilang masih sangat kecil, namun jika Anda cukup ulet, aktif dan memiliki sifat pantang menyerah, maka tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis Anda kelak suatu saat akan menjadi semakin berkembang lebih besar dari apa yang pernah Anda banyangkan sebelumnya.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang beberapa jenis bisnis dengan tingkat permodalan yang lebih minimalis (tidak terlalu besar) dan lebih tahan terhadap berbagai macam jenis gempuran-gempuran krisis perekonomian negara. Semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda sekalian, terimakasih dan salam sukses.

Apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas atau membutuhkan pembimbingan star up ritel modern (supermarket & minimarket), mulai dari persiapan data base barang-barang yang dijual, software accounting +POS yang dipilih, SOP finance & accounting, SOP penjualan atau operasional, SOP Gudang dan Logistik, SOP Marketing dan Delivery service, rekrut karyawan sampai dengan perusahaan anda operasional, Silahkan hubungi 081-252-982900, atau kontak ke 081-8521172. Kami siap membantu!

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi