Mei 03

CARA EFEKTIF MENDAPATKAN MITRA DISTRIBUTOR SECARA NASIONAL

Perusahaan baru seringkali kesulitan untuk memasarkan produk secara Nasional. Kendala utama kesulitan adalah produk perusahaan yang masih baru sehingga membutuhkan effort dalam menawarkan dan mempromosikan barang baru tersebut. Selain itu kesulitan lainnya adalah sumberdaya manusia yang dapat mengelola penjualan ke penjuru pelosok Negeri sangat terbatas. Pada akhirnya perusahaan tidak bisa berkembang banyak karena kesulitan dalam memasarkan produk barunya.

Cara efektif untuk melakukan pemasaran yang meluas sebenarnya tergantung strategi perusahaan itu sendiri. Metode yang ampuh biasanya dilakukan dengan membuka kantor cabang pemasaran produk, dan bekerja sama dengan distributor. Nah, untuk metode pertama sangat besar sekali investasinya karena perusahaan harus membangun kantor dan gudang, meski awalnya sewa. Sewapun jika perluasannya secara nasional tetap saja invetasinya cukup tinggi. Lalu, cara kedua bisa dilakukan dengan kerja sama dengan distributor. Namun cara kedua ini tidak semudah yang kita bayangkan. Masih sedikit sekali perusahaan distributor yang mau bersusah paya mengembangkan produk perusahaan yang baru, pada umumnya mereka mencari yang produknya sudah laku di pasar. Oleh sebab itu agar tidak kejebak dalam kesulitan, sebenarnya terdapat kiat yang ampuh dalam membina kerja sama dengan distributor yang ada di Nusantara. Kiat-kiat itu antara lain:

  1. Siapkan skema kerja sama yang detail antara lain :  TOP ( Term of payment), allowance return (khusus produk yang ber ED), Insentif dan bonus capai target, dan wilayah penjualan.
  2. Rencana awal dalam kerja sama apa saja yang akan di-support oleh perusahaan seperti : Subsidi SDM, insentif untuk sales force, program promosi, POS ( point of sales) dalam bentuk katalog, stiker, wobbler dan lain-lainnya.
  3. Perjanjian kerja sama dengan pihak mitra Distributor dan umur kerja sama.
  4. Penyediaan SDM dari principal yang berlevel sales supervisor untuk memantau perkembangan dan bantuan operasional distributor.
  5. Kunjungan berkala pihak pejabat perusahaan untuk awal kerja sama.

Beberapa poin diatas mesti diperhatikan agar kerja sama antara perusahaan dengan principal bisa berjalan dengan baik.  Serta perusahaan bisa mendapatkan mitra distributor dengan cepat. Apabila dengan cara-cara di atas masih mengalami kesulitan, bapak /ibu pembaca dapat menghubungi kami di 0818521172 atau 031-33311179 atau email ke groedu@gmail.com. Kami siap membantu !

 

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi