Apr 24

BEBERAPA HAL YANG HARUS LEBIH DIPERHATIKAN SEBELUM MEMULAI DAN MENJALANKAN BISNIS FRANCHISE (WARALABA)

Banyak orang yang memiliki cita-cita untuk memulai dan menjalankan bisnisnya sendiri. Namun, banyak juga diantara mereka yang merasa masih bingung untuk menentukan jenis bisnis seperti apa yang sekiranya bisa mereka jalankan agar bisa sukses. Jika memang demikian, maka mungkin menjalankan jenis bisnis franchise adalah salah satu pilihan bisnis yang paling tepat untuk Anda jalankan. Menjalankan bisnis franchise (waralaba) untuk saat ini telah menjadi sebuah solusi bisnis yang cukup populer untuk dijalankan di Indonesia. Jenis bisnis yang satu ini selain cukup menguntungkan, kenaikannya pun cukup cepat, karena lebih mengandalkan sebuah brand yang sudah lebih terlebih dahulu dikenal luas oleh masyarakat.

Melalui bisnis franchise ini, Andapun tidak perlu lagi harus memikirkan sistem bisnis seperti apa yang harus Anda jalankan karena terdapat nama brand dari franchise yang sudah Anda pilih tersebut. Mereka sudah memiliki standar bisnisnya sendiri yang hanya tinggal Anda ikuti saja, sehingga Anda akan menjadi lebih mudah dalam mengelolanya.

Menjalankan sistem franchise sendiri memiliki banyak sekali manfaat, baik untuk para franchisee maupun dari pihak franchisor. Adanya sistem franchise fee maupun royalty fee dapat menambah keuntungan untuk mereka. Karena itulah sebelum Anda memutuskan untuk mulai menjalankan bisnis franchise ini, maka berikut adalah beberapa hal penting yang setidaknya harus tatap lebih Anda perhatikan.

1. Pelajari jenis bisnis franchise seperti apa yang ingin Anda jalankan.

Sangat penting artinya bagi Anda untuk mempelajari tentang bagaimana seluk-beluk dari sebuah bisnis franchise yang nantinya ingin Anda jalankan. Untuk itulah, maka kenali terlebih dahulu brand asal-nya serta bagaimana ketentuan-ketentuan dalam hal pembayaran serta sistem bisnis seperti apa yang selama ini sudah mereka jalankan. Tentunya, bagi setiap perusahaan sudah memiliki standar operasionalnya masing-masing yang berbeda-beda. Maka wajar saja, jika mereka ingin menjaga kualitas terbaiknya agar selalu mendapatkan pelanggan yang lebih setia. Semakin baik dan ketat sistemnya, maka akan semakin layak pula jenis bisnis franchise tersebut untuk Anda pilih.

2. Mempersiapkan modalnya.

Menjalankan bisnis franchise juga tetap membutuhkan modal yang bervariasi nilainya. Namun yang masih perlu untuk Anda pahami adalah bahwa dari besar kecilnya modal juga tidak akan menentukan kesuksesan Anda dalam menjalankan bisnis franchise. Faktor terpenting yang bisa menjadikan bisnis franchise milik Anda agar bisa sukses adalah dalam hal inovasi dan kreativitas dari para franchisor. Untuk itulah, maka persiapkan modal yang cukup dan sesuaikan kemampuan finansial Anda dengan jenis bisnis franchise seperti apa yang ingin Anda jalankan.

3. Menyesuaikannya dengan passion yang Anda sendiri.

Bisnis franchise tersedia dalam banyak bidang, mulai dari menjalankan bisnis kuliner barbershop, mini market, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan untuk itulah, maka pastikan bahwa pemilihan jenis bisnis franchise yang nantinya akan Anda jalankan harus benar benar sesuai dengan minat dan bakat Anda. Tentunya menjalankan bisnis agar bisa sesuai dengan passion akan terasa jauh lebih menyenangkan dan menjadikan Anda jauh lebih bersemangat dalam menjalankannya.

4. Mencari lokasi yang cukup strategis untuk menjalankannya.

Lokasi yang cukup strategis adalah pintu terakhir untuk bisa menuju kesuksesan dari menjalankan bisnis franchise Anda. Karena itulah, maka pastikan jika lingkungan lokasi yang telah Anda pilih tersebut adalah berupa lingkungan yang harus dipenuhi oleh orang-orang yang memenuhi target market Anda. Misalnya saja, target dari bisnis Anda adalah para mahasiswa, maka sebaiknya Anda memilih lokasi yang berada di dekat atau di sekitar kampus atau kos-kosan yang biasanya paling banyak dihuni oleh para mahasiswa.

5. Sistem pembayaran franchise.

Hal penting lainnya yang perlu untuk menjadi bahan perhatian untuk Anda adalah dalam hal pembayarannya. Setiap franchisor memiliki aturannya sendiri yang berbeda antara satu franchisor dengan franchisor lainnya, dalam hal menentukan pembagian keuntungan pada setiap masing-masing cabangnya. Jangan sampai Anda tidak mengetahui tentang hal ini yang bisa saja akan merugikan Anda dikemudian hari karena tidak mempelajarinya terlebih dahulu bagaimana sistem pembayarannya.

Nah, setelah Anda sudah mengetahui beberapa hal penting seputar menjalankan bisnis franchise (waralaba) di atas, maka kini saatnya bagi Anda untuk melihat dan memilih diantara sekian banyak jenis bisnis franchise tentang potensi seperti apa yang dimiliki oleh setiap masing-masing pilihan dari jenis bisnis waralaba tersebut. Semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda sekalian, terimakasih dan salam sukses.

Catatan redaksi : apabila bapak/ibu mitra bisnis sedang mempersiapkan bisnis anda untuk di-Franchise dan membutuhkan pembimbingan dalam pembuatan SOP operasional, SOP finance & accounting, SOP produksi, SOP marketing, dapat menghubungi kami di 081-252982900 atau kontak 081-8521172. Kami siap membantu.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi