Jan 14

CARA MEMILIH WARALABA YANG TEPAT UNTUK ANDA

Jika Anda ingin memulai bisnis baru, waralaba bisa menjadi pilihan yang baik. Dengan waralaba, Anda mendapatkan manfaat dari produk atau layanan yang telah terbukti sambil tetap menjadi bos Anda sendiri. Namun, Anda tetap harus berusaha, jadi penting untuk menemukan yang cocok dengan hasrat dan keahlian Anda. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti biaya waralaba dan dukungan yang ditawarkan oleh kantor pusat perusahaan.

PERTANYAAN TERATAS UNTUK DITANYAKAN SAAT MEMILIH WARALABA
Jika Anda tidak tahu harus mulai waralaba dari mana, mulailah dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Apa tujuan pribadi saya?
Setiap orang memiliki motivasi yang berbeda-beda untuk ingin menjadi seorang wirausaha. Pertama, tanyakan pada diri Anda apa tujuan Anda. Apakah Anda ingin menghasilkan uang, menghabiskan lebih banyak waktu di rumah atau mengambil langkah wirausaha dalam karier Anda?
Dengan mengetahui tujuan Anda yang sebenarnya, Anda akan dapat menentukan waralaba apa yang cocok untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

2. Jenis industri apa yang saya inginkan untuk menjalankan bisnis?
Waralaba tidak terbatas pada restoran cepat saji dan kedai kopi. Struktur bisnis ini ada di hampir setiap kategori produk atau layanan. Anda dapat menjalankan waralaba dalam bimbingan belajar atau persiapan kuliah, layanan kebersihan atau kebersihan, restoran dan ritel, kesehatan dan kebugaran, dan banyak kategori lainnya.

3. Apa kekuatan saya?
Pemilik waralaba yang paling sukses melakukan pekerjaan yang sesuai untuk mereka dan mencari cara untuk mendelegasikan atau mengalihdayakan fungsi yang mungkin tidak mereka kuasai atau miliki waktu untuk melakukannya.
Temukan peluang untuk mengalihdayakan fungsi-fungsi yang membutuhkan keahlian, untuk memungkinkan diri Anda fokus pada orang-orang Anda.
Misalnya, Saya bukan akuntan atau pembukuan, jadi saya tidak mencoba mengelolanya sendiri. Sebaliknya, saya melakukan outsourcing ke perusahaan bernama Ceterus yang mengkhususkan diri dalam pembukuan outsourcing dan akuntansi untuk waralaba.

4. Peran apa yang ingin saya mainkan dalam bisnis ini?
Ada dua jenis pewaralaba: pemilik yang tidak terlibat, yang mempekerjakan staf untuk mengelola bisnis sehari-hari, dan pemilik yang terlibat langsung dalam menjalankan bisnis.

5. Komitmen seperti apa yang ingin saya buat?
Banyak perjanjian waralaba adalah kontrak multiyear. Sementara beberapa hanya lima tahun atau selama 25 tahun, rata-rata panjang perjanjian waralaba adalah 10 tahun. Ini berarti Anda berkomitmen pada peluang ini untuk jangka panjang, karena mungkin sulit untuk keluar dari perjanjian waralaba.

6. Berapa anggaran investasi saya?
Biaya waralaba sangat bervariasi tergantung pada industri dan model bisnis tertentu. Agar berhasil dalam bisnis waralaba, calon pewaralaba harus mempertimbangkan investasi awal terhadap pengembalian yang diharapkan, bersama dengan tujuan pendapatan, gaya hidup, kekayaan, dan ekuitas mereka.

Sebelum terjun ke peluang waralaba, tanyakan pada diri Anda pertanyaan spesifik tentang tujuan, kekuatan, area bisnis yang Anda inginkan, seberapa besar keterlibatan Anda dalam operasi sehari-hari dan berapa banyak uang yang ingin Anda investasikan untuk peluang tersebut.

APA YANG HARUS DICARI KETIKA MEMILIH WARALABA?
Setelah Anda mempersempit bidang dan model bisnis yang Anda minati, inilah saatnya untuk memilih waralaba tertentu. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam keputusan Anda:

1. Sistem pendukung yang kuat untuk franchise
Salah satu keuntungan terbesar membeli waralaba adalah mereknya sudah mapan, jadi pastikan pemilik waralaba tersedia untuk memandu Anda dengan upaya seperti pemasaran.
Karena Anda membeli merek mapan yang bekerja paling baik ketika model diikuti, harus ada banyak dukungan melalui setiap tahap waralaba Anda, karena mereka harus tahu bagaimana membimbing Anda.

2. Investasikan potensi Anda
Pastikan Anda memahami bahwa pemilik waralaba peduli dengan kesuksesan dan pertumbuhan profesional Anda di dalam perusahaan.

3. Profesionalisme franchisor
Saat Anda mengajukan pertanyaan awal kepada pemilik waralaba (franchisor), perhatikan bagaimana mereka menangani permintaan Anda. Apakah mereka menjawab pertanyaan dengan cepat dan menyeluruh? Kontak pertama awal ini sangat penting untuk memahami bagaimana pemilik waralaba menjalankan bisnis.

4. Ulasan online
Carilah informasi di papan pesan, grup Facebook atau LinkedIn, atau artikel di mana pewaralaba berbicara tentang pengalaman mereka dengan pemilik waralaba. Jika sebagian besar ulasan konsisten atau positif, Anda dapat memahami praktik bisnis perusahaan dengan baik.

5. Umpan balik dari franchise saat ini
Cara terbaik untuk belajar tentang waralaba adalah berbicara langsung dengan orang-orang yang bekerja dengan mereka. Pastikan untuk mengajukan pertanyaan spesifik tentang sistem pendukung pemilik waralaba, biaya lisensi, dan segala eksklusivitas yang mungkin ditawarkan pemilik waralaba dalam kode pos atau radius tertentu dari lokasi tertentu.

Carilah franchisor yang akan menjadi partner sejati dalam mendukung franchise Anda yang sedang berkembang. Ajukan pertanyaan spesifik kepada perwakilan franchisor, dan bicaralah dengan franchise saat ini untuk memahami bagaimana franchisor mendukung mitranya.

Baca juga artikel tentang : Tips untuk Pengalaman Waralaba yang Sukses

APA KEUNTUNGAN MEMBELI WARALABA?
Membeli waralaba memotong beberapa tugas pengembangan bisnis signifikan yang Anda perlukan untuk berinvestasi jika Anda membangun bisnis dari bawah ke atas. Ini menawarkan keuntungan besar bagi mereka yang tidak memiliki banyak pengalaman memulai bisnis. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Anda membeli rencana bisnis yang sudah terbukti.
Saat Anda membeli waralaba, kemungkinan Anda akan menerima rencana bisnis play-by-play tentang bagaimana melakukan setiap proses yang diperlukan untuk menjalankan bisnis. Ini bisa mencakup semuanya, mulai dari cara membuat kentang goreng hingga cara mencuci lantai. Manual yang telah terbukti ini telah mengatasi kekusutan yang mungkin harus Anda temukan sendiri jika Anda ingin memulai bisnis baru.

2. Banyak pemasaran dilakukan untuk Anda.
Sebagai pewaralaba, Anda mendapat manfaat dari pengenalan nama yang menyertai pemberian lisensi merek regional, nasional, atau internasional. Selain itu, beberapa pemilik waralaba mungkin menyediakan dana tambahan untuk kegiatan pemasaran atau materi pemasaran, seperti poster, yang dapat Anda gunakan.

3. Rantai pasokan dan sistem pendukung Anda telah dibangun.
Pemilik waralaba Anda telah melakukan kerja keras untuk mengidentifikasi pemasok dan penyedia layanan yang andal dan hemat biaya yang membuat bisnis Anda berjalan.

Membeli waralaba memotong banyak pekerjaan dasar yang dibutuhkan bisnis baru, seperti membangun merek, mengembangkan rencana bisnis, dan membuat prosedur operasi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi nomor whatsapp kami di 0812-5298-2900, untuk dapat langsung terhubung dengan kami. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi