Jun 02

CARA MENGUKUR ROI UNTUK PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL

Kini Media sosial telah membuktikan dirinya sebagai andalan bisnis modern, jadi Anda harus memiliki keberadaan online yang kuat dan aktif berinteraksi dengan pelanggan secara teratur.
Dan meskipun tidak ada satu cara untuk mengetahui apakah Anda “sukses”, ada banyak cara untuk melacak tingkat keterlibatan Anda, mengidentifikasi dan memenuhi tujuan Anda, dan mendapatkan gambaran umum tentang posisi Anda di antara pesaing Anda. Inilah cara Anda menentukan apakah Anda berhasil.
ROI adalah singkatan dari return on investment. ROI media sosial perusahaan Anda berarti bahwa waktu dan modal yang Anda investasikan ke dalamnya menciptakan nilai yang Anda butuhkan untuk tumbuh. Pekerjaan yang dimasukkan ke media sosial termasuk waktu personel, jam yang dihabiskan untuk membuat konten, menghabiskan iklan, dan waktu yang dihabiskan untuk mengelola iklan tersebut dan membangun kehadiran media sosial. Jika jumlah waktu dan sumber daya yang Anda masukkan ke media sosial melebihi prospek baru atau penjualan yang Anda buat, Anda mungkin tidak cukup membenarkan ROI untuk melanjutkan. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat merumuskan, menyiapkan, dan melacak ROI media sosial.

1. Punya rencana.
Langkah pertama dalam menentukan kesuksesan Anda dalam pemasaran media sosial adalah mengembangkan rencana terperinci yang membahas hal-hal berikut:
• Apa yang Anda ingin media sosial lakukan untuk Anda
• Bagaimana Anda berencana untuk mencapai tujuan Anda
• Bagaimana Anda berencana untuk melacak keterlibatan, yaitu, metrik mana yang Anda rencanakan untuk digunakan
• Bagaimana Anda berencana untuk menganalisis hasil Anda
Setelah Anda mengetahui tujuannya, selanjutnya, Anda ingin menentukan metrik yang ingin Anda lacak – seperti keterlibatan, audiens, jangkauan, atau sentimen – dan kemudian bagaimana Anda akan menerapkan informasi tersebut ke strategi Anda. Dari sana, ada beberapa alat manajemen media dan analisis sentimen yang tersedia untuk membantu, seperti Google Analytics dan Hootsuite Insights.

2. Tentukan tujuan Anda.
Banyak organisasi yang melaporkan kesulitan mengukur ROI media sosial belum menentukan tujuan yang nyata dan spesifik. Kunci untuk mengukur ROI dengan sukses adalah menetapkan tujuan spesifik dan kemudian membangun strategi Anda untuk mencapai tujuan tersebut secara khusus. Cobalah Metode SMART yang bertujuan untuk menetapkan tujuan Anda dan memutuskan bagaimana Anda akan mencapainya. Anda harus mencari cara untuk meningkatkan keterlibatan (suka, berbagi, komentar), lalu lintas situs web, kesadaran merek atau lalu lintas di dalam toko, misalnya. Anda juga dapat melihat kembali apa yang telah dilakukan perusahaan Anda sebelumnya untuk membantu menentukan tujuan Anda.

3. Memiliki visi yang jelas.
Salah satu kesalahan paling umum yang saya lihat adalah bisnis kecil tidak memiliki visi yang jelas tentang bagaimana mengukur keberhasilan upaya pemasaran media sosial mereka. Miliki visi atau tujuan akhir yang ingin Anda capai atau capai. Ini menyatukan upaya media sosial Anda. Cobalah untuk memastikan bahwa tujuan akhir Anda sesuai dengan pedoman branding dan komunikasi bisnis Anda sehingga semuanya seragam.

Baca juga artikel tentang : 8 Cara Jitu agar Bisnis Anda Bisa Berkembang

4. Bangun hubungan dengan pengikut Anda.
Ketika berbicara tentang strategi organik, ini tentang membangun citra merek Anda, membina hubungan dengan audiens Anda dan membuktikan diri Anda dapat dipercaya. Audiens Anda harus merasa cukup nyaman untuk menyukai, berkomentar, dan mengirim DM Anda tanpa terkesan dengan promosi penjualan.
Ketika pengikut Anda merasa bahwa mereka memiliki hubungan denganmu, mereka lebih cenderung terlibat dengan konten Anda dan menindaklanjutinya dengan pembelian atau komitmen terhadap bisnis Anda.
Di era konsumen yang menyukai konten otentik ini, hubungan sangat penting untuk strategi media sosial Anda. Menanggapi komentar dan pesan, dan sering menawarkan kesempatan bagi pengikut untuk terlibat, seperti hadiah, meminta tanggapan di komentar atau menampilkan pengikut di posting Anda.

5. Fokus pada kualitas, bukan kuantitas.
Banyak bisnis kecil menggunakan media sosial untuk membangun kehadiran online. Dan meskipun itu alasan yang valid untuk menggunakannya, jangan hanya memposting untuk kepentingan pengeposan. Pos berkualitas rendah menyebabkan jangkauan yang rendah dan keterlibatan yang buruk. Alih-alih, fokuslah pada pembuatan konten yang menarik, meskipun itu berarti Anda hanya memposting sekali seminggu.
Jadikanlah sebagai bagian dari strategi media sosial Anda untuk memikirkan dengan baik dan memiliki alasan untuk setiap kiriman. Media sosial Anda ada untuk melayani bisnis Anda dan mencapai tujuan, bukan hanya untuk eksis. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan foto, keterangan, dan tagar Anda yang sesuai untuk setiap platform. Alat penerbitan seperti Hootsuite akan membantu Anda mengatur dan mempratinjau posting sebelum ditayangkan.
Meskipun mungkin tergoda untuk mengambil kesimpulan tentang keberhasilan kampanye Anda sejak dini, kesabaran sangat penting. Roma tidak dibangun dalam sehari, dan begitu pula dengan strategi pemasaran media sosial yang kuat.

6. Analisis pengeluaran terhadap tingkat keberhasilan Anda.
Saat Anda menganalisis keberhasilan kampanye Anda, pastikan untuk mempertimbangkan semua uang yang dibelanjakan dan bagaimana dibelanjakan. Area utama yang dapat Anda gunakan untuk kampanye media sosial meliputi:
• Berapa banyak uang yang dihabiskan untuk kampanye? Apakah jumlah yang dibelanjakan per klik berhasil dibandingkan dengan jumlah konversi yang dihasilkan dari belanja iklan?
• Berapa jam yang dapat ditagih yang dihabiskan untuk mengembangkan dan melaksanakan kampanye, termasuk waktu untuk mengelola setiap komponen dan membuat konten? Bagaimana pembelanjaan tersebut dibandingkan dengan upaya yang dikeluarkan untuk kampanye?
• Apakah Anda membayar influencer untuk membuat konten untuk merek Anda? Jika ya, seberapa baik pengaruh influencer tersebut? Apakah mereka menghasilkan kesadaran merek, pendaftaran email, konversi, atau hasil lain yang diinginkan sebagai hasil kampanye?

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kami melalui Whatsaap 0812-5298-2900. Tim kami akan siap membantu anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi