Agu 17

CARA MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI DISTRIBUTORSHIP MANAGEMENT

Pada saat ini beberapa perusahaan mengalami penurunan tingkat penjualan. Menurunnya penjualan ini ada beberapa sebab, sebab pertama kondisi ekonomi yang daya belinya menurun, yang kedua karena tim internal perusahaan belum menemukan metode penjualan yang tepat dalam meningkatkan penjualan. Bagaimana kita bisa meningkatkan penjualan diera disrupsi ini? Tentunya memilih metode yang tepat.
Bagi start up umumnya memilih penjualan dilakukan secara on line, namun secara on line ini memiliki keterbatasan. Selain penjualan dilakukan adalah eceran, tidak sampai ke tempat-tempat dimana internetnya tidak begitu baik. Tidak semua wilayah di Indonesia ini memiliki jaringan internet yang cukup baik, sehingga penjualan online tidak bisa menjangkau. Yang bisa dijangkau adalah wilayah dimana penjualan bisa dilakukan melalui on line. Tentu saja ini tidak maksimal. Kalau ingin maksimal, maka sebaiknya menggunakan distributor sebagai channel atau penyalur produk kepada konsumen akhir.


Bagaimana menyalurkan produk secara off line menggunakan distributor ini? Pertama tentunya kita mestinya memetakan wilayah penjualan. Alasan ini dilakukan karena Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas, dari Sabang sampai Merauke. Jika kita bisa masuk semua wilayah ini maka penjualan produk pasti meningkat. Diketahui angka penyalur mulai dari minimarket, toko tradisional, sampai horeka tumpah ruah jumlahnya jutaan. Jika kita menggunakan penyalur yang pembeliannya cukup banyak, maka penjualan on line akan terkalahkan. Industri seperti Unilever, Mayora, Aqua ataupun popok bayi dan lainnya secara detail melakukan penjualan diseluruh pelosok negeri.  Penjualan on line tidak bisa melakukan ini melalui penyaluran yang begitu detail. Jadi penjualan off line melalui penyalur seperti distributor masih tetap menguntungkan jika kita mau membangun infrastruktur Distribusinya. Oleh sebab itu penggabungan penjualan off line dan on line merupakan suatu kekuatan yang sangat luar biasa.

Jadi apa yang mesti dilakukan untuk meningkatkan penjualan melalui distributor ini ? Ya tentu saja kita mulai membangun infrastrukturnya. Memetakan wilayah, mencari distributornya, mencari SDM yang mengelola distributor dan memberikan program-program penjualan kepada distributor. Nah, sistem ini akan berhasil dengan baik apabila pemilik usaha memiliki data base yang cukup baik, khususnya Distributor daerah yang jumlahnya cukup banyak. Serta meningkatkan penjualan ini tergantung SDM, Distributor yang dipilih, sistem program promosi yang dipilih, serta pengetahuan pembaca bagaimana mengelola distributor dengan baik.

Semoga artikel di atas menambah wawasan pembaca. Apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai cara meningkatkan penjualan melalui distributor, training distributorship management, digital marketing, dan membutuhkan data distributor seluruh Indonesia. Silahkan kontak kami di groedu@gmail.com atau kontak wa 081-252982900. kami siap membantu. Terima kasih.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi