Agu 13

CARA MENYULAP HOBI ANDA MENJADI BISNIS

Saat Anda mempertimbangkan untuk menghasilkan pendapatan dari proyek hobi atau gairah, pastikan ada pasar untuk bisnis Anda dan Anda siap untuk komitmen jangka panjang.
Harley Davidson, Spanx, dan Craigslist: Semua merek bernilai jutaan dolar ini dimulai sebagai proyek yang penuh gairah. Seringkali, perusahaan yang sukses dimulai dari hobi. Pengusaha yang memiliki minat dan keterampilan yang mendalam di bidang tertentu sudah memiliki dua bahan utama yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis. Hanya perlu beberapa langkah ekstra untuk mengubah hobi itu dari minat biasa menjadi perusahaan pribadi. Berikut cara memulai.

1. Lakukan tes pasar.
Sebelum Anda menginvestasikan waktu dan tenaga dalam membuat rencana bisnis, pastikan ada pelanggan yang tertarik dengan hobi Anda. Anda mungkin menyukai kerajinan Anda, tetapi apakah orang lain?
Salah satu cara untuk melihat apakah ada pasar untuk produk atau layanan Anda adalah dengan mengujinya pada kelompok yang lebih kecil, seperti teman dan keluarga. Bagikan hobi Anda dengan orang-orang yang dekat dengan Anda untuk mengukur minat. Lakukan riset online, di pasar petani, atau di pameran kerajinan lokal untuk melihat apakah orang lain menjual produk atau layanan serupa.
Kemudian, putuskan apakah tingkat minat tersebut sesuai dengan tujuan Anda.
Banyak orang memulai dari yang kecil dan mengubah hobi mereka menjadi pekerjaan sampingan atau paruh waktu. Kemudian, ketika minat tumbuh, Anda dapat mulai berpikir untuk memperluas komitmen Anda ke bisnis penuh waktu.

2. Tentukan model bisnis Anda.
Langkah selanjutnya adalah menentukan jenis bisnis apa yang ingin Anda jalankan. Untuk beberapa hobi, model yang Anda pilih mungkin terlihat jelas. Namun masih ada detail yang harus dipilah, seperti: Apakah Anda akan menjalankan bisnis sendiri, atau mendatangkan mitra? Apakah Anda perlu melakukan outsourcing bagian mana pun dari bisnis Anda? Apakah pelanggan akan menemukan Anda secara online, secara langsung, atau keduanya?
Menulis rencana bisnis dapat membantu Anda memikirkan beberapa pertanyaan kunci ini. Penelitian menunjukkan bahwa wirausahawan yang menulis rencana bisnis formal 16% lebih mungkin untuk menciptakan bisnis yang layak daripada mereka yang tidak. Dan, jika Anda memutuskan untuk meminta bantuan dana, bank atau investor akan ingin melihat rencana bisnis sebelum mereka memberi Anda uang.

3. Mulai ciptakan satu merek.
Branding adalah salah satu bagian paling menyenangkan dari mengubah hobi Anda menjadi bisnis. Pilih nama dan logo untuk mewakili bisnis unik Anda. Jika Anda menjual produk, Anda mungkin ingin bekerja sama dengan seorang desainer untuk menemukan ide pengemasan juga. Perusahaan layanan dapat membuat situs web menggunakan templat yang ada di situs seperti Squarespace, Wix, dan Shopify. Alat seperti Canva, Prezi, dan PicMonkey adalah beberapa cara yang terjangkau untuk menciptakan kepribadian visual yang berbeda untuk perusahaan baru Anda.

4. Temukan keseimbangan yang tepat.
Menjalankan bisnis kecil membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Hobi, bagaimanapun, seharusnya menyenangkan.
Hobi adalah sesuatu yang dilakukan orang karena mereka menikmati aktivitas tersebut. Dan salah satu bahaya terbesar dalam mengubah hobi menjadi bisnis adalah kehilangan kesenangan yang pernah dikaitkan dengan hobi.
Bagian penting dari mengubah gairah Anda menjadi bisnis jangka panjang yang layak adalah mengambil langkah-langkah kecil dan bertahap yang memungkinkan Anda untuk terus merasakan kegembiraan yang dibawa hobi ke dalam hidup Anda. Bersikaplah realistis tentang tujuan Anda untuk bisnis. Pertimbangkan untuk mem-bootstrap perusahaan Anda dengan penjualan yang Anda hasilkan, penskalaan secara perlahan daripada mendatangkan investor atau pinjaman dari luar.
Mengubah hobi menjadi bisnis yang layak tidak terjadi dalam semalam. Diperlukan waktu bertahun-tahun agar bisnis menjadi menguntungkan, apalagi menjadi sumber pendapatan yang berkelanjutan. Tetapi menemukan seorang mentor, menyeimbangkan komitmen Anda, dan terus-menerus mempelajari hal-hal baru tentang keahlian Anda dapat membuat proses ini menyenangkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi