Feb 03

CARA PEMBUATAN DAN MANAJEMEN SOP UNTUK BISNIS ONLINE

Apakah anda seorang pemilik bisnis online yang ingin mengembangkan bisnis anda? Namun anda mengalami hambatan dalam pelaksanaannya? Maka tepat bagi anda untuk membaca artikel ini sampai akhir.  Ada dua hal utama yang perlu anda mulai lakukan untuk dapat menjalankan dan mengembangkan bisnis anda, yaitu Menerapkan proses dan Membangun sebuah tim. Anda mungkin sudah menyadari dua hal ini, namun anda menemukan hambatan didalamnya. Percaya atau tidak, satu resep untuk kesuksesan bisnis anda adalah Standart Operating Procedures (SOP). Mungkin bagi anda, hal ini terdengar biasa dan tidak terlalu menarik. Namun satu resep ini akan segera menjadi kunci utama sukses anda. Manual Operasional atau SOP adalah kumpulan semua instruksi yang harus diikuti dalam mengoperasikan sebuah bisnis. Pada dasarnya, ini adalah kumpulan dokumentasi di mana setiap orang dapat mengetahui bagaimana anda menyelesaikan pekerjaan di perusahaan anda. Berikut adalah beberapa langkah membuat SOP.

Langkah 1. Membuat daftar tugas dan mengelompokkan mereka.
Buat daftar semua tugas yang anda lakukan dalam bisnis anda dan selanjutnya kelompokkan. Daftar ini bisa anda buat secara acak, cukup telusuri semua yang harus anda lakukan dalam bisnis anda dan catat itu. Misal bulletin, manajemen media sosial, analisis, orientasi klien baru, posting blog baru, peluncuran produk, dan email pelanggan. Setelah anda memiliki daftar, kelompokkan berdasarkan wilayah. Misalnya, buletin, media sosial, analitik, dan posting blog akan termasuk dalam kategori Pemasaran.

Langkah 2. Kelola SOP anda.
Anda akan menyimpan SOP anda di tempat yang dapat diakses oleh tim anda. Pilihan terbaik adalah menyimpannya di cloud. Cara sederhana dan murah untuk melakukan ini adalah menggunakan Google Drive atau Dropbox. Buat folder untuk setiap kategori dan subfolder untuk semua tugas dan proses yang berbeda. Jadilah kelola sebaik mungkin untuk SOP yang sudah anda buat.

Langkah 3. Mulai dokumentasi.
Anda tidak harus mendokumentasikan semuanya sekaligus. Membuat SOP adalah tugas yang berkelanjutan. Setiap kali anda melakukan tugas, dokumentasikan. Itu berarti jika anda memiliki tim, maka tim tersebut dapat mengikuti SOP anda dan mencapai hasil yang sama dengan mudah. Jika anda memiliki tim, minta mereka untuk mulai mendokumentasikan semua yang mereka lakukan. Dengan begitu anda akan berjalan jauh lebih cepat daripada jika anda melakukannya sendiri.

Baca juga : Bagaimana cara memodernkan bisnis online kita dengan sistem manajemen tersistematis?

Struktur dokumentasi SOP setidaknya harus seperti ini:

• Buat satu dokumen per tugas dan berikan judul yang jelas.
• Jelaskan proses langkah demi langkah secara tertulis. Gunakan daftar bernomor dan poin-poin. Tulislah kalimat yang jelas dan singkat yang dapat dipahami oleh siapa pun. Anda tidak menulis novel tetapi instruksi.
• Gunakan gambar dan video. Tambahkan tangkapan layar untuk meningkatkan pemahaman dan kapan pun memungkinkan, buat video layar anda dan pastikan anda merekam diri sendiri menjelaskan apa yang anda lakukan. Visual jauh lebih efektif daripada kata-kata.
• Putuskan siapa yang akan memiliki tugas ini, siapa yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas ini.
• Tentukan sistem atau alat apa yang anda butuhkan untuk melakukan tugas ini.

Demikian cara membuat dan mengorganisasikan SOP. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Dan jika anda membutuhkan informasi yang lebih detil tentang artikel diatas, atau ingin konsultasi terkait SOP bisnis. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami Konsultan Bisnis Surabaya siap mendampingi anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi