Okt 19

CARA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRESENTASI ANDA

Keterampilan presentasi dan keterampilan berbicara di depan umum sangat berguna dalam banyak aspek pekerjaan dan kehidupan. Presentasi yang efektif dan keterampilan berbicara di depan umum penting dalam bisnis, penjualan, pelatihan, pengajaran, ceramah, dan secara umum merasa nyaman berbicara kepada sekelompok orang.
Mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk memberikan presentasi yang baik, dan untuk berdiri di depan audiens dan berbicara dengan baik, juga merupakan kompetensi yang sangat membantu untuk pengembangan diri dan situasi sosial.
Keterampilan presentasi dan kemampuan berbicara di depan umum tidak terbatas pada orang-orang khusus tertentu, siapa pun dapat memberikan presentasi yang baik, atau berbicara di depan umum dengan standar profesional dan mengesankan. Seperti kebanyakan spesialisasi, ini membutuhkan persiapan dan latihan.
Format dan tujuan presentasi bisa sangat berbeda, misalnya: lisan (lisan), multimedia (menggunakan berbagai media – visual, audio, dll), presentasi powerpoint, presentasi dadakan, presentasi terencana panjang, sesi pendidikan atau pelatihan, ceramah, dan hanya memberikan ceramah tentang suatu topik kepada kelompok secara sukarela untuk kesenangan. Semua itu adalah jenis presentasi.

Ini adalah kesempatan Anda untuk mendapatkan hati klien yang potensial, menguraikan rencana bisnis Anda kepada calon mitra bisnis, atau mempromosikan bisnis Anda di sebuah acara mungkin mengharuskan Anda memberikan presentasi. Apakah presentasi Anda mencapai hasil yang diinginkan atau tidak dapat dipengaruhi oleh keterampilan Anda sebagai pembicara, jadi penting untuk melangkah di depan audiens dengan langkah terbaik Anda. Dalam artikel kali ini akan kami sampaikan beberapa cara untuk presentasi yang luar biasa.

1) Teliti Audiens Anda.
Mengetahui kebutuhan audiens Anda dapat membantu Anda menyesuaikan presentasi untuk menargetkan minat mereka dan menjelaskan bagaimana perusahaan Anda dapat berguna dalam situasi spesifik mereka. Mike Aguilera, seorang ahli komunikasi yang telah memberikan lebih dari 1.000 presentasi tentang komunikasi yang efektif, mengatakan bahwa jika dia tidak memiliki waktu untuk melakukan penelitian sebelumnya, dia akan berbicara dengan audiens pada presentasinya atau bahkan akan menanyakan apa yang mereka minati dalam pidatonya.

2) Menata Presentasi Anda.
Format klasiknya adalah memberi tahu mereka apa yang akan Anda katakan, berikan, dan kemudian beri tahu mereka apa yang Anda katakan kepada mereka. Mike Aguilera berpesan, “Apa yang saya sarankan adalah memulai dengan manfaat dari apa yang akan Anda katakan, manfaat bagi penonton, lalu presentasi dan ulas.” Sebagian besar presentasi dapat memperoleh manfaat dari penggunaan struktur sederhana seperti berikut ini:
• Pembukaan. Pembukaan Anda haruslah sesuatu yang membuat hubungan emosional dengan penonton. Ini bisa berupa cerita, pertanyaan, atau statis yang mengejutkan. Ini tidak boleh berupa perkenalan diri atau ucapan terima kasih selama lima menit. David Parnell, pendiri firma penempatan pengacara yang baru-baru ini menyelesaikan buku setebal 850 halaman tentang psikologi komunikasi yang efektif, menyarankan bahwa cerita apa pun yang Anda gunakan harus mewakili posisi audiens Anda dalam kehidupan dan harus menggunakan karakter yang serupa dengan audiens Anda.
• Tubuh. Cobalah untuk tetap berpegang pada tiga poin terpenting Anda. Lebih penting untuk melibatkan penonton daripada memberi tahu mereka semua yang Anda ketahui. Anda perlu meninggalkan beberapa informasi, tetapi kemungkinan apa yang tidak Anda bahas dalam presentasi akan muncul saat Anda mengajukan pertanyaan. Ingatlah hasil Anda. Anda tidak perlu menulis presentasi Anda kata demi kata (atau lebih buruk, menghafalnya) jika Anda hanya ingat untuk terus kembali ke poin utama Anda dan bekerja menuju hasil yang Anda inginkan. Bersiaplah untuk mempresentasikan kedua sisi masalah. Anda akan tampak lebih kredibel jika Anda mengakui pesaing Anda atau argumen yang berlawanan. Setelah Anda menjelaskan sisi lain, Anda dapat menjelaskan dengan tepat mengapa perusahaan Anda lebih baik atau argumen Anda lebih kuat.
• Penutup. Penutupan presentasi Anda adalah kesempatan terakhir yang Anda miliki untuk memberi audiens Anda sesuatu yang akan melekat di benak mereka. Anda dapat kembali ke pembukaan atau mengakhiri dengan slogan cerdas atau ajakan bertindak. Parnell menyarankan bahwa ketika membuat proposal bisnis, Anda berakhir dengan ramalan yang positif. ‘Ramalan Anda akan memberikan umpan yang dapat berfungsi untuk memvalidasi optimisme yang dihasilkan secara tidak sadar,’ katanya.

3) Latihan, Tapi Jangan Menghafal.
Latihan adalah satu cara yang perlu anda persiapkan sebelumnya. Anda bisa mulai melatih presentasi Anda sekitar satu bulan sebelumnya. Anda dapat berbicara di cermin, berbicara ke dinding, atau meminta anggota keluarga untuk mendengarkan. Beberapa orang secara sukarela berbicara di gereja atau bergabung dengan klub toastmaster lokal mereka untuk berlatih berbicara di depan umum. Lakukan apa pun yang berhasil untuk Anda, tetapi pastikan itu termasuk berlatih dengan suara keras sehingga Anda bisa mengetahui waktu.
• Berlatih tidak berarti menghafal. Menghafalkan pidato Anda dapat membuat Anda terdengar mekanis dan berlebihan. Sungguh satu-satunya orang yang pandai menghafal adalah aktor. Jika Anda akan melakukannya dengan baik, Anda benar-benar harus memerankannya dan memainkan karakter, dan kebanyakan pembicara tidak pandai dalam hal itu. Bahkan jika Anda pandai berakting, Anda disarankan agar tidak menghafal pidato Anda dengan sempurna. Ketika seseorang terlalu dipoles, itu membuat mereka relatif tidak dapat diakses di benak penonton. Penonton pada akhirnya adalah manusia, dan orang ini sepertinya tidak seperti mereka. Itu benar-benar memperlambat proses membangun hubungan.
• Rekam video diri Anda sendiri. Anda tidak bisa tahu bagaimana Anda terlihat oleh orang lain sampai Anda melihatnya. Merekam diri sendiri adalah cara terbaik untuk menargetkan area yang dapat Anda tingkatkan.
• Tenangkan saraf Anda. Aguilera menyarankan untuk mengubah kata ‘presentasi’ menjadi ‘percakapan’ saat memikirkan hari besar Anda. Merasa lebih baik? Jika tidak, Anda juga bisa meredam kepanikan dengan mengondisikan diri Anda dalam mode presentasi. Aguilera membayangkan bahwa dia akan berdiri dan memberikan presentasi ketika dia berada di restoran, rapat, atau, suatu kali, bahkan di amfiteater luar ruangan. ‘Saya berjalan sampai ke depan panggung seolah-olah saya sedang mencari seseorang,’ katanya. ‘Kemudian saya berdiri di sana dan melihat ke arah penonton dan berkata pada diri saya sendiri,’ seperti inilah rasanya mempersembahkan kepada 25.000 orang. ”
• Berhenti mengerjakannya. Anda benar-benar perlu waktu untuk mulai masuk ke mode relaksasi. Anda tidak bisa dalam mode hyper rewriting, restrukturisasi hingga presentasi Anda. Luangkan beberapa hari untuk bersantai sebelum pidato Anda.

Menyajikan informasi dengan jelas dan efektif adalah keterampilan kunci dalam menyampaikan pesan Anda. Saat ini, keterampilan presentasi dibutuhkan hampir di setiap bidang, dan kebanyakan dari kita diminta untuk memberikan presentasi pada kesempatan tertentu. Sementara beberapa orang menerima ini dengan tenang, yang lain menganggapnya jauh lebih menantang.
Bagi Anda yang masih merasa sulit untuk meyajikan presentasi didepan banyak orang dan menginginkan latihan intensif yang mampu meningkatkan skill presentasi Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp https://62812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi