Mei 07

FAKTOR-FAKTOR PENENTU UTAMA DARI KESUKSESAN ENTREPRENEUR (KEWIRAUSAHAAN)

Belakangan ini sudah mulai banyak orang-orang yang merasa lebih tertarik dengan dunia entrepreneur (kewirausahaan), terlebih lagi setelah melihat secara langsung bagaimana para pengusaha-pengusaha yang sebelumnya telah sukses dalam menjalankan usahanya, bahkan sampai mampu memperoleh omset yang luar biasa besar dari usaha yang sampai saat ini sudah dijalankannya. Hal semacam itu bahkan sempat menginspirasi banyak para pekerja kantoran yang pada akhirnya memutuskan untuk resign dari pekerjaannya dan memulai untuk banting setir masuk ke dalam dunia entrepreneur atau kewirausahaan ini.

Tentu saja peluang-peluang tersebut sangat menggiurkan ketika kita sudah pernah melihat sendiri secara nyata bagaimana contoh-contoh dari pengusaha-pengusaha yang sudah sukses dalam menjalankan usahanya, namun jangan lupa untuk melihat akan adanya sebuah cerita-cerita khusus tentang perjuangan dan kerja keras di balik kesuksesan yang sudah mereka dapatkan saat ini. Terdapat banyak sekali hal-hal yang harus dipelajari, karena faktanya beberapa dari mereka juga harus mengalami jatuh bangun dalam membangun usahanya dan juga merasakan kepahitan yang sangat mendalam dari kegagalan terlebih dahulu sebelum akhirnya usaha mereka bisa sesukses seperti sekarang ini.

Berikut ini merupakan beberapa faktor-faktor penting yang juga cukup berpengaruh besar terhadap kesuskesan dari seorang entrepreneur (wirausahawan) yang setidaknya masih bisa Anda pelajari dengan lebih seksama.

1. Memiliki tekad kuat dan kemauan yang keras seperti baja.

Sebuah usaha hanya akan bisa berhasil dan sukses jika dijalankan ketika orang yang menjalankannya memang memiliki tekad yang kuat, semangat yang besar, pantang menyerah, tidak takut dengan resiko dan kemauan yang keras. Ketika ke lima hal tersebut sudah dimiliki, maka itu sudah lebih dari cukup untuk menjadi modal awal bagi seorang entrepreneur agar bisa tetap bisa optimis, meskipun usahanya sedang berada pada posisi di ujung tanduk sekalipun. Anda akan selalu bersemangat dan tetap termotivasi untuk mengejar kesuksesan, sehingga tetap mau untuk terus belajar sekali lagi, lagi dan lagi. Dan hal seperti ini merupakan bekal yang terpenting untuk mencapai kesuksesan dalam berwirausaha.

2. Mengetahui dan paham secara pasti akan target pasar yang ingin dituju.

Pastikan bahwa Anda juga sudah mengetahui tentang siapa saja yang nantinya akan menjadi target pasar Anda. Dalam hal seperti ini, target pasar yang paling tepat merupakan faktor yang juga akan mampu dalam menentukan sukses atau tidaknya seorang wirausahawan tersebut. Ketika Anda sudah mampu membangun usaha di tempat dan waktu yang tepat, maka kemungkinan terbesarnya adalah usaha Anda tersebutpun akan menjadi semakin lebih berkembang lagi dari sebelumnya. Lain halnya ketika Anda malah membangun usaha dengan target pasar yang salah, maka kemungkinan untuk bisa berkembang dan suksespun masih terlalu kecil.

3. Memiliki permodalan yang cukup dan sudah terencana dengan baik.

Meskipun Anda sudah memiliki semangat dan tekad yang kuat, namun Anda juga masih perlu untuk memiliki modal agar mampu menjalankan dan mengembangkan usaha milik Anda tersebut. Modal merupakan komponen utama dan juga termasuk sebagai salah satu yang terpenting dalam berwirausaha yang tidak mungkin akan bisa tergantikan oleh apapun juga. Jadi sebelum memutuskan akan memulai suatu usaha, maka sebaiknya Anda sudah harus menyiapkan modal yang cukup dan merencanakannya dengan lebih efektif untuk bidang usaha yang ingin Anda jalankan tersebut agar untuk kedepannya bisa berjalan dengan lebih lancar dan optimal.

4. Terus mengasah kemampuan untuk berinovasi dan kreativitas.

Faktor lainnya yang juga cukup mempengaruhi sukses atau tidaknya seorang wirausahawan adalah dari adanya kemampuan untuk berinovasi dan juga kreativitas dalam membuat dan mengembangkan usahanya. Dalam menjalankan sebuah usaha, maka tentu saja akan selalu ada saja banyak pesaing yang juga menjalankan usaha dalam bidang yang sama dengan Anda, untuk alasan itulah maka menjadi sangat penting bagi Anda untuk terus mengasah kemampuan dalam berinovasi dan kreativitas Anda agar produk Anda bisa menjadi lebih berbeda daripada milik para pesaing Anda. Semakin kreatif Anda dalam berwirausaha, maka peluang untuk bisa mengembangkan usaha dan suksespun akan menjadi semakin besar bagi Anda.

5. Jaringan/Networking yang lebih luas.

Yang juga tidak kalah pentingnya dan jangan sampai terabaikan karena Anda harus memiliki jaringan/networking dengan seluas-luasnya. Networking inilah yang nantinya akan menjadikan usaha Anda semakin lebih dikenal oleh banyak orang, masyarakat, bahkan diseluruh dunia. Networking juga semakin lebih memudahkan Anda dalam hal menjalankan usaha, dan karena alasan itulah maka mulai dari awal bangunlah jaringan/networking Anda dengan seluas mungkin agar menjadi semakin memudahkan Anda dalam menjalankan usaha.

6. Menjalankan strategi pemasaran yang lebih efektif.

Pemasaran yang baik dan efekif juga akan sangat mempengaruhi kesuksesan dari sebuah usaha. Tentu saja dibutuhkan adanya satu teknik marketing yang jauh lebih tepat sasaran untuk menjangkau pasar seperti yang Anda inginkan, oleh karena itulah maka pastikan bahwa teknik pemasaran sudah benar-benar Anda kuasai pada saat awal memulai sebuah usaha. Atau setidaknya, Anda sudah memiliki beberapa tenaga pemasar yang terlatih dan handal untuk memasarkan produk dan layanan dari perusahaan Anda.

7. Pelayanan yang terbaik.

Sebuah usaha yang sejak dari awal sudah sangat siap untuk bisa berkembang adalah sebuah usaha yang selalu melakukan perbaikan-perbaikan secara terus-menerus dari sisi pelayanannya agar menjadi semakin lebih baik. Ketika Anda sering bersikap ramah dan sopan terhadap para pelanggan, maka Anda akan menjadi lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan yang setia terhadap usaha Anda. Dan dalam menjalankan usaha. Anda juga perlu untuk mencari pelanggan, bukan hanya sekedar pembeli biasa saja yang hanya akan membeli produk Anda sekali lalu pergi dan tidak akan pernah akan kembali lagi. Setidaknya Anda membutuhkan pelanggan yang artinya masih tetap konsisten untuk menggunakan produk yang sudah dihasilkan oleh perusahaan Anda.

Itulah beberapa faktor yang cukup berpengaruh besar terhadap kesuksesan dari sebuah entrepreneur (kewirausahaan). Semoga Anda mampu menerapkannya dalam usaha yang saat ini sedang Anda jalankan. Bapak /Ibu sedang merencanakan untuk pengembangan usaha, dan membutuhkan pendampingan dalam start up bisnis, mulai dari Marketing, pembuatan sistem manajemen dan kebutuhan software akuntansi, silahkan hubungi 081-252-982900 atau 081-8521172. Kami siap membantu. Terima kasih.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi