Apr 22

Feasible Study untuk Perusahaan baru

Kebutuhan Feasible study yang sering disebut pula sebagai studi kelayakan diawal usaha sangat penting dibuat. Apabila hal ini diabaikan, kemungkinan yang terjadi ada dua : perusahaan bisa berjalan dan kemungkinan berikutnya adalah perusahaan bangkrut. Pihak pengucur dana rata-rata tidak mau berspekulasi untuk memberikan pinjaman pada pengusaha yang tidak jelas dalam membuka usaha. Pada umumnya setiap meminta pinjaman ke bank, seperti pembukaan pabrik, atau usaha lainnya yang padat modal Feasible study sangat dibutuhkan bahkan hal ini mutlak dibutuhkan. Oleh karena itu pengusaha diminta untuk memberikan Feasible study yang isinya kurang lebih adalah analisa pasar dan pangsa pasar produk atau jasa yang akan dijalankan oleh pengusaha. Estimasi modal yang dibutuhkan serta perkiraan volume penjualan. Terlebih re-payment yang bisa dimunculkan dalam usaha tersebut.

Betapa sulitnya mengikuti persyaratan ini, serta tidak sedikit pengusaha merasa kesulitan dalam membuat dokumen ini. Peran konsultan atau lembaga yang membuat dokumen ini sangat membantu. Harap maklum pengusaha rata-rata sangat sibuk dan tidak mungkin memiliki waktu dalam membuat dokumen ini. Dokumen ini cukup tebal dan mesti ditulis oleh seorang profesional yang melibatkan ahli dibidang riset pasar, pembuat Studi kelayakan dan tim analisis lainnya dalam pembuatan dokumen ini.

Apabila mengikuti saran dari lembaga keuangan sebenarnya Study kelayakan memiliki manfaat untuk pengusaha itu sendiri. Secara riil akan mengetahui potensi pasar dan pengembalian pinjaman dalam masa berapa tahun. Dalam perhitungan keuangan sering istilahnya disebut dengan ROI ( Return on investement).  Nah, tentu saja agar bisnis berjalan dengan baik dan pebgusaha tidak terjebak dengan pinjaman bunga berbunga, maka bantuan lembaga atau konsultan yang menyusun Feasible study ini sangat penting. Apabila masih kesulitan dalam pencarian bantuan pembuatan Feasible Study dapat menghubungi : 0818521172.

GD Star Rating
loading...

2 comments

    • Budi Waluyo on Februari 15, 2018 at 7:56 am
    • Balas

    Saya berencana membuat feasibility study untuk proyek perumahan di Samarinda yang nantinya total 10 Ha. Tapi sekarang dalam tahap pertama akan kami kerjakan dulu seluas 2 Ha.

    Untuk merencanakan anggaran, kalau boleh tahu, berapa biaya untuk membuat feasibility study tersebut. Mohon bisa direspon, agar bisa dipersiapkan sesuatu nya.

    Terima kasih.

    Budi

    GD Star Rating
    loading...
      • admin on Februari 25, 2018 at 1:20 pm
        Author
      • Balas

      YTh. Pak Budi
      Mohon info Feasible Study akan dipakai kapan ya? Serta mohon kontak bapak agar bisa berkomunikasi. Terima kasih.

      Salam

      Frans M. Royan, SE,MM

      GD Star Rating
      loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi