Jul 30

INILAH CARA MENGGAPAI TARGET PASAR ONLINE SECARA EFEKTIF

Saat ini, masyarakat mulai memiliki ketertarikan yang lebih untuk melakukan belanja online. Belanja dengan metode ini dianggap sebagai salah satu tindakan yang efisien, karena konsumen tidak perlu menghabiskan waktu untuk sekedar datang ke toko. Bagi Anda yang memiliki bisnis online, keterlibatan audience sangat penting untuk berhubungan dengan target pasar online. Keunggulan kompetitif merek Anda adalah kemampuannya untuk tampil menonjol dalam membentuk keaslian dan hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan. Dibutuhkan lebih dari sekadar situs web yang cantik dan konten yang persuasif untuk benar-benar berhubungan dengan audience secara online. Untuk itu, di sini kami akan memberikan pengetahuan kepada anda mengenai cara efektif menggapai target pasar online.

Masuk Kedalam Pengaruh Sosial
Pengaruh sosial sangatlah kuat. Sebagai seorang pemasar, menyelaraskan kanal sosial yang dipakai pelanggan adalah kepentingan Anda. Jika mereka memakai LinkedIn, pastikan Anda juga memiliki akun di platform tersebut. Meskipun Anda tidak siap untuk berpartisipasi secara aktif, setidaknya Anda bisa memantau dan melihat bagaimana komunitas pelanggan Anda berinteraksi.

Evaluasi Kembali Target Pasar
Mengevaluasi kembali kebutuhan serta ketertarikan target pasar online yang Anda sasar terhadap produk yang Anda tawarkan. Hal ini penting dilakukan untuk menentukan langkah Anda ke depan, apakah melanjutkan bisnis atau tidak. Bisnis online di Indonesia perlu melakukan demikian, untuk mengetahui ketertarikan konsumen. Jangan sampai, ketika Anda telah memulai bisnis tetapi penentuan target pasar Anda salah. Akibatnya bisnis yang Anda bangun mati di tengah jalan. Padahal sudah banyak biaya yang telah dikeluarkan tetapi tidak ada pemasukan yang didapatkan.

Promosikan Produk anda
Langkah selanjutnya adalah mempromosikan produk Anda yang berupa ebook, video tutorial dan lain-lain dengan cara berbayar ataupun cara gratisan. Dalam hal mendapatkan pengunjung dari berbagai media tersebut alangkan lebih baiknya Anda menggunakan iklan berbayar jika memang dana Anda tersedia. Mengapa disarankan traffik berbayar? Karena traffik berbayar bisa dengan mudah diketahui hasilnya, pengukurannya lengkap dan Anda hanya membutuhkan waktu yangrelatif sebentar (hitungan jam/hari) untuk mengetahui kinerja promosi Anda.

Uraikan Calon Pelanggan Anda
Target pasar secara online sangat mudah, uraikan calon pelanggan Anda dengan identifikasi produk anda untuk rentang usia berapa, jenis kelamin, gaya hidup, menyukai aktivitas di mana saja dan semakin spesifik semakin bagus. Setelah Anda menemukan demografi mereka maka tugas Anda riset apa-apa saja yang sering digunakan ketika beraktivitas di dunia online. Misalnya mereka sering menggunakan internet untuk mencari sesuatu di search engine, maka lebih baik Anda mendapatkan mereka di google search ataupun yahoo.

Bekerja sama dengan merek-merek yang sejenis.
Ada banyak merek yang mencoba menggapai audience seperti yang merek Anda sedang lakukan. Cari tahu apa saja merek-merek tersebut dan alih-alih bersaing, begabung lah dalam usaha konsolidasi atau tim. Ketika Anda menemukan mitra pelengkap, buat posting tamu di setiap blog setiap beberapa minggu, berbagi post media sosial masing-masing, atau adakan seminar melalui internet bersama-sama. Cari jalan agar usaha online Anda dapat bekerja sama tak hanya untuk memperluas jangkuan audience, tetapi juga menambahkan nilali bagi target pasar kolektif Anda.

Mulai sekarang deskripsikan produk Anda, siapa calon pelanggan Anda, di mana mereka berkumpul, kemudian buatlah materi promosi semenarik mungkin di mata calon pelanggan, buatlah halaman penjualan (sales letter) yang bisa membantu mendeskripiskan kebutuhan mereka, maka Anda hanya tinggal menunggu waktu kapan terjadi penjualan ketika faktor rezeki berpihak kepada Anda.
Adanya target pasar membuat promosi bisnis/produk Anda lebih terarah dan biaya yang Anda keluarkan tidak sia-sia, karena benar-benar mengarah ke calon pelanggan potensial. Jadi tinggal seni bagaimana Anda membuat materi promosi yang menarik dan juga halaman penjualan yang benar-benar menjawab kebutuhan pelanggan Anda.
Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan jika anda memiliki pertanyaan untuk mengetahui informasi tersebut lebih detail. Jangan ragu-ragu silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900. Kami siap membantu. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi berharga untuk Anda. Terima kasih dan selamat mencoba.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi