Sep 01

KIAT EFEKTIF MENINGKATKAN KONERJA DISTRIBUTOR AGAR LEBIH PRODUKTIF DAN LOYAL

Menjual melalui distributor akan sangat menguntungkan produsen dengan menambahkan skala, jangkauan, dan spesialisasi pada upaya penjualan mereka. Produsen dapat fokus pada inovasi, teknik, dan kualitas produk sambil mengandalkan distributor mereka untuk membawa produk tersebut ke pasar. Seringkali produsen akan membantu upaya penjualan dan pemasaran, termasuk aktivitas promosi bersama, program insentif yang disesuaikan, dan petunjuk penjualan bersama untuk ditindaklanjuti oleh distributor. Distributor sendiri merupakan perusahaan independen yang dapat menjual banyak produk berbeda dari perusahaan berbeda, yang berarti sangat diperlukan keterlibatan dan pelatihan berkelanjutan diperlukan untuk memastikan bahwa produk tetap menjadi prioritas utama.
Kurangnya informasi dan visibilitas merupakan masalah nyata bagi produsen. Memahami kinerja penjualan distributor sulit dan wawasan tentang tingkat tindak lanjut dan waktu respons pada prospek penjualan bersama hampir tidak mungkin didapat. Membuat dan memperbarui tampilan peluang penjualan yang terintegrasi untuk memahami kinerja aktual di seluruh distributor menjadi tugas yang sangat berat, membutuhkan banyak spreadsheet dan bahkan lebih banyak jam kerja. Hasil akhirnya masih dipertanyakan, karena tidak mencerminkan pandangan waktu nyata tentang apa yang sedang terjadi dan bagaimana peluang berkembang. Dengan tidak adanya pemahaman yang nyata tentang hasil pengeluaran perolehan prospek dan bagaimana pengaruhnya terhadap jalur penjualan, mengukur laba atas investasi dalam pengeluaran pemasaran ini hampir tidak mungkin. Untuk mengatasi tantangan ini dan mendapatkan hasil maksimal dari hubungan distributor yang sudah ada dan yang baru, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. SEDERHANA UMPAN BALIK
Terus memberikan petunjuk penjualan secara membabi buta kepada distributor, tanpa pemahaman atau indikasi nilai mereka bagi mereka, membuang-buang uang dan membuat semua orang frustrasi. Terapkan cara yang mudah dan dapat diandalkan agar distributor memberikan umpan balik tentang prospek yang mereka terima — termasuk kualitas dan nilai. Ini dapat dilakukan melalui sistem otomatis yang membagikan dan melacak prospek, serta menangkap umpan balik untuk pelaporan dan analisis oleh produsen.

2. GUNAKAN TEKNOLOGI UNTUK KEUNTUNGAN ANDA
Teknologi paling baik digunakan untuk memungkinkan proses yang ditentukan dan dioptimalkan, jadi mulailah dengan proses, tetapi wujudkan dengan teknologi. Aktifkan umpan balik yang cepat dan mudah dari distributor dari mana dan bagaimana mereka bekerja. Ini berarti memilih solusi yang berfungsi dengan ponsel cerdas, tablet, dan komputer, memastikan bahwa pengalaman pengguna akhir sudah familiar dan mudah dipahami. Di LeadMethod, kami memanfaatkan keakraban dengan spreadsheet dan email dalam desain produk kami, membuat penggunaan pengguna menjadi sering dan cepat adopsi.

3. PRIORITASKAN LEADS ANDA
Tidak semua prospek sama, dan terkadang tidak sama sekali. Memiliki seperangkat kriteria kualifikasi yang ditentukan dan disetujui menciptakan pemahaman bersama antara pabrikan dan distributor. Untuk melangkah lebih jauh, buat daftar prospek yang diprioritaskan untuk tindakan distributor. Ini akan memastikan bahwa daripada hanya daftar prospek berdasarkan tanggal yang dihasilkan, distributor akan mengetahui prospek mana yang memerlukan perhatian segera dan prospek mana yang menyajikan probabilitas konversi tertinggi.

4. MANAJEMEN PEMIMPIN OTOMATIS
Daripada hanya mengumpulkan prospek dan mengirimkannya sebagai spreadsheet yang dilampirkan ke email, otomatiskan distribusi prospek untuk meningkatkan pelacakan dan tindak lanjut. Misalnya, di LeadMethod, kami menggunakan email untuk membagikan prospek baru, karena itu adalah cara yang dikenal dan familier untuk menerima informasi, tetapi kami juga menautkan ke halaman web yang berisi semua informasi yang relevan juga. Halaman web tersebut adalah bagian dari sistem yang lebih luas, sehingga semua pembaruan informasi dan tindakan dilakukan di satu tempat yang bertentangan dengan berbagai spreadsheet, dokumen, atau di dalam kotak.

5. MEMBUAT KEPUTUSAN DATA DRIVEN
Manfaat menyatukan semua pengumpulan, pembagian, dan pelacakan dalam satu sistem adalah kemampuan untuk membuat keputusan berdasarkan data nyata. Kualitas prospek dilacak dari waktu ke waktu berdasarkan umpan balik distributor yang sebenarnya, membuat tren dan kinerja historis diketahui. Tingkat prospek ke peluang juga diketahui dan dilacak untuk memberikan pelaporan yang lebih tepat dan untuk memungkinkan program berkinerja terbaik menerima lebih banyak investasi saat keputusan anggaran pemasaran dibuat. Tampilan “putaran tertutup” ini hanya mungkin karena satu sistem mengelola proses prospek hingga pendapatan di semua distributor.

KESIMPULAN
Mendapatkan kinerja maksimum dari distributor membutuhkan pendekatan terpadu berbasis sistem. Dengan mengikuti lima langkah di atas, Anda dapat meningkatkan komunikasi dan kolaborasi dengan distributor, yang akan meningkatkan pendapatan dan memperkuat manfaat model penjualan berbasis distributor.

Jika akan start up Distributor atau mem-franchiskan distributor, silahkan hubung kami di wa https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi