Jan 20

KIAT MEMULAI BISNIS DROPSHIPPING

Dengan manufaktur dan situasi ritel di dua ujung planet ini, dropshipping sebagai saluran ritel mendapatkan popularitas dengan pengecer baru dan pemilik usaha kecil saat ini.
Anda mungkin seorang pengusaha baru dengan banyak kontak vendor, tetapi modal awal yang terbatas. Anda dapat memiliki ide untuk bisnis khusus, butik atau langganan, dan selera yang bagus, tetapi lokasi Anda terpencil. Atau, Anda mungkin tidak ingin berinvestasi di gudang dan menghindari kerumitan pengelolaan inventaris. Bahkan jika Anda kekurangan waktu, keahlian, atau investasi, jangan khawatir Anda dapat berhasil dropshipping hanya dengan pemasaran.

APA ITU DROPSHIPPING? BAGAIMANA CARA KERJANYA?
Dropshipping hanyalah sarana untuk mencapai tujuan: yaitu. pemenuhan pesanan secara eceran, di mana Anda tidak membeli atau menyimpan produk yang Anda jual. Anda bahkan tidak perlu menangani produk sendiri. Dalam model dropshipping, Anda “mengumpulkan” produk dan memasarkannya ke audiens khusus di platform online tempat mereka dapat melakukan pemesanan. Mitra Anda mengirimkan pesanan langsung ke pelanggan. Mitra Anda dapat berupa produsen produk, grosir, atau pengecer. Mereka sebenarnya menyimpan inventaris. Dalam banyak kasus, mereka juga merupakan produsen produk yang ingin Anda jual. Yang perlu Anda lakukan, kemudian, adalah menemukan pemasok yang andal dengan rekam jejak penjualan produk yang bagus. Setelah Anda menerima pesanan, Anda dapat mengarahkannya ke pemasok dan menyerahkannya kepada mereka untuk memenuhinya.
Jika Anda berencana untuk menjual barang-barang berharga tinggi, Anda harus memiliki beberapa bentuk dukungan pelanggan yang tersedia untuk meyakinkan pembeli potensial tentang kredibilitas Anda serta kualitas produk. Bentuk dukungan pra-penjualan ini harus ditutupi melalui margin keuntungan Anda.

PEMENUHAN ORDER DI DROPSHIPPING
Ini dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut:
• Merutekan semua pesanan ke pemasok tepercaya pilihan. Ini berfungsi jika Anda memiliki satu pemasok tertentu yang terus-menerus menawarkan layanan dan pilihan terbaik. Anda dapat mengatur sistem otomatis untuk semua pesanan agar diarahkan ke pemasok itu secara default.
• Arahkan pesanan berdasarkan lokasi. Jika Anda memiliki beberapa pemasok yang membawa produk Anda, Anda dapat mengirimkan pesanan paling cepat melalui pemasok terdekat dengan lokasi pelanggan Anda dan menghemat biaya pengiriman.
• Arahkan pesanan berdasarkan ketersediaan. Ini membutuhkan beberapa otomatisasi tambahan karena Anda perlu merutekan setiap pesanan berdasarkan pengirim barang mana yang memiliki stok barang. Anda juga dapat mencoba merutekan pesanan berdasarkan harga, tetapi itu membutuhkan banyak penyesuaian.

MANFAAT DAN KEUNGGULAN
• Keuntungan terbesar dari dropshipping adalah Anda tidak perlu membeli stok, memelihara gudang, atau bermitra dengan pengirim. Anda dapat menghemat modal dan memfokuskan perhatian Anda pada aspek lain dari bisnis ritel Anda seperti pencarian produk atau pemasaran.
• Ini juga membantu Anda menghindari risiko membeli produk yang mungkin tidak laku seperti yang Anda harapkan. Hanya ketika pesanan ditempatkan, proses pemenuhan pesanan dijalankan.Dropshipping menurunkan patokan untuk masuk ke bisnis niche baru.
• Selain, dropshipping adalah pilihan yang bagus jika Anda tinggal di luar jalur. Anda hanya perlu mencantumkan produk di situs web Anda, termasuk barang yang mudah rusak atau barang yang berat, dan selebihnya dilakukan oleh pemasok. Sortasi, pengepakan, pengiriman semuanya diurus. Selain itu, kemungkinan kerusakan saat transit berkurang.
• Dengan dropshipping, Anda bisa bereksperimen tanpa beban kewajiban. Anda dapat menambahkan produk baru dan menjelajahi tren baru dalam perbendaharaan tanpa benar-benar menginvestasikan uang Anda di saham baru.
• Anda dapat meningkatkan skala dengan cepat dengan memanfaatkan file pemasok dropshipping. Saat pesanan Anda bertambah, sebagian besar pekerjaan untuk memprosesnya akan ditanggung oleh mereka. Ini memungkinkan Anda untuk mengembangkan bisnis tanpa harus menangani sendiri pekerjaan tambahan ini.
• Last but not least, Anda Bisnis dropshipping menangani pesanan dalam jumlah yang cukup banyak, Anda mungkin dapat memperoleh tarif pengiriman yang lebih baik dibandingkan dengan kebanyakan pengecer kecil atau menengah.

HAL LAIN UNTUK DIPERTIMBANGKAN SEBELUM DROPSHUP
Sebagai dropshipper, terkadang Anda mungkin mendapatkan pesanan untuk, katakanlah, tiga item dari tiga lokasi atau pemasok berbeda. Ini berarti tiga biaya pengiriman terpisah. Biaya semacam itu bisa bertambah.
Misalkan seorang pelanggan memesan tiga item, yang semuanya hanya tersedia dari pemasok terpisah. Anda akan dikenai tiga biaya pengiriman terpisah untuk mengirimkan setiap item, tetapi mungkin tidak bijaksana untuk meneruskan biaya ini kepada pelanggan. Dan meskipun masuk akal untuk memasukkan biaya ini, mengotomatiskan penghitungan ini bisa jadi sulit.
Ada juga masalah tentang apa yang terjadi ketika Anda membagikan semua data pelanggan Anda dengan pemasok Anda. Apa yang menghentikan mereka untuk menjual kepada mereka secara langsung?
Namun, untuk pengecer baru yang tidak mau mengambil terlalu banyak risiko inventaris, dropshipping adalah cara yang bagus untuk menguji air sebelum memutuskan untuk menyimpan dan memenuhi pesanan sendiri. Jika Anda khawatir tentang mengelola inventaris dan tidak memiliki sumber daya untuk menjalankan gudang, pilih dropshipping!
Juga, cari vendor dengan ulasan bagus di situs web pemasok sehingga Anda tahu apa yang Anda hadapi.
Semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda, apabila membutuhkan informasi lebih lanjut atau membutuhkan pendampingan dalam manajemen bisnis silahkan hubungi kami di klik http://klikwa.net/groedu.limardi. Kami siap mendampingi anda.

 

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi