Feb 10

KIAT MENINGKATKAN EFISIENSI KINERJA APOTEK MANDIRI

Menjalankan apotek independen atau mandiri adalah tindakan penyeimbangan tanpa henti. Antara memenuhi pesanan, bertemu dengan pasien, dan mengelola staf Anda, dan biasanya mudah untuk merasa kewalahan. Itulah mengapa sangat penting untuk memaksimalkan efisiensi di semua area apotek Anda.
Baik Anda memanfaatkan teknologi apotek atau waktu staf Anda dengan lebih baik, beberapa penyesuaian dapat membuat dampak besar pada operasi sehari-hari. Berikut ini beberapa tip untuk membantu Anda meningkatkan efisiensi dan kinerja.

1. Beralih ke sinkronisasi medis
Begitu Anda mulai merampingkan operasi, pasien Anda akan melihat manfaat langsungnya. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi yang secara langsung menguntungkan pasien adalah dengan membuat program sinkronisasi pengobatan (med sync). Sinkronisasi medis berarti pasien tidak lagi harus mengunjungi apotek Anda beberapa kali sebulan untuk mengambil resep yang berbeda. Sebagai gantinya, mereka dapat mengambil semua obat mereka sebulan sekali pada waktu yang dijadwalkan.
Mike Mills membahas sinkronisasi medis dalam “Mendorong Kepatuhan Obat di Apotek Mandiri Anda”. Mills adalah direktur operasi waralaba regional untuk Health Mart. Dia menjelaskan bahwa sinkronisasi medis tidak hanya meningkatkan kepatuhan, tetapi juga efisiensi. Berikut tiga cara beralih ke sinkronisasi medis dapat merampingkan operasi di apotek independen Anda:
• Jadwal Anda menjadi lebih dapat diprediksi, karena Anda tahu kapan pasien datang untuk mengambil obat mereka. Sinkronisasi medis membantu Anda membuat lebih banyak “janji” bagi pasien untuk mengambil obat mereka, yang berarti Anda dapat memprediksi dengan lebih baik seberapa sibuk Anda pada waktu tertentu dan bagaimana menjadi staf setiap hari.
• Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menasihati pasien. Anda dapat membahas semua kekhawatiran tentang efek samping pengobatan, pertanyaan kesehatan, atau masalah lain saat pasien datang untuk mengambil obat mereka. Alih-alih seorang pasien mengambil obat mereka pada suatu hari, memiliki pertanyaan pada hari berikutnya dan datang pada minggu berikutnya untuk menanyakannya, semua langkah tersebut dilakukan pada saat yang bersamaan.
• Pasien Anda lebih patuh pada obat mereka. Ini membantu hasil klinis dan finansial di apotek Anda, tetapi juga memudahkan untuk melacak hasil pasien. Anda menghabiskan lebih sedikit waktu untuk bertanya-tanya apakah seorang pasien meminum obatnya, karena Anda mendapat konfirmasi bulanan bahwa seorang pasien mengambil obatnya.
• Saat Anda beralih ke sinkronisasi medis, Anda merampingkan proses pengambilan resep dan konseling, dan Anda juga membuat seluruh pengalaman lebih nyaman bagi pasien Anda.

2. Gunakan staf Anda dengan bijak
Tidaklah cukup untuk memikirkan bagaimana program dan penawaran farmasi tertentu dapat dimaksimalkan. Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana memaksimalkan waktu staf Anda. Apakah setiap orang memiliki peran dan tanggung jawab yang jelas? Apakah tugas apoteker Anda memanfaatkan waktu mereka sebaik mungkin, atau dapatkah tugas ini didelegasikan atau diotomatiskan? Steven Oh membahas hal ini dalam “Mengapa Efisiensi Sangat Penting bagi Kesuksesan Apotek Mandiri Anda”. Oh adalah direktur kinerja farmasi regional untuk Health Mart Atlas. Dia mencatat tiga cara menggunakan staf untuk memaksimalkan efisiensi:
• Standarisasi proses kerja untuk semua anggota staf. Setiap orang harus memiliki peran dan tanggung jawab khusus dan mengikuti proses Anda setiap hari. Itu akan mengurangi waktu dan tenaga yang terbuang.
• Maksimalkan bakat Anda dengan menggunakan staf Anda dengan cara yang benar. Ada banyak tugas yang dilakukan apoteker Anda yang bisa dilakukan oleh teknisi Anda. Resep mengisi adalah contoh yang bagus; teknisi Anda harus melakukan itu.
• Pastikan staf Anda memanfaatkan fungsionalitas penuh PMS Anda. PMS Anda kemungkinan besar memiliki banyak fungsi yang tidak Anda gunakan. Misalnya, apakah Anda menggunakannya untuk mengotomatiskan semua tugas rutin Anda? Jika Anda melakukannya, staf Anda dapat berfokus pada tugas yang lebih penting, seperti menghabiskan waktu berdua dengan pasien.
Ketika setiap orang telah mengidentifikasi peran dengan jelas, operasi harian berjalan jauh lebih lancar. Selain itu, ketika Anda mendelegasikan atau mengotomatiskan tugas yang membutuhkan banyak waktu, apoteker Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk perawatan pasien.

3. Mengotomatiskan fungsi manajemen klaim
Apa pun yang menyita banyak waktu apoteker Anda dan mengganggu alur kerja normalnya dapat membuat operasi menjadi kurang efisien. Terlalu banyak mulai dan berhenti sepanjang hari akan memperlambat proses yang memengaruhi pasien dan keuntungan apotek Anda. Satu tugas yang semakin memakan waktu untuk dilakukan secara manual adalah manajemen klaim. Catherine Romanick membahas hal ini dalam “Meningkatkan Penggantian Klaim Apotek untuk Apotek Komunitas”. Romanick adalah direktur manajemen produk untuk RelayHealth Pharmacy Solutions. Dia mencatat bahwa manajemen klaim semakin kompleks. Untungnya, Anda dapat menggunakan teknologi untuk mengotomatiskan proses manajemen klaim sehingga kecepatan dan efisiensi meningkat.
Dengan membuat beberapa penyesuaian di apotek independen Anda, Anda dapat mulai meningkatkan efisiensi. Operasi harian akan memakan waktu lebih sedikit. Staf Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada pasien. Dan pasien Anda akan mendapatkan keuntungan dari kenyamanan alur kerja yang ditingkatkan dan lebih banyak perawatan tatap muka.
Semoga artikel di atas bermanfaat. Jika anda membutuhkan bantuan dalam mendirikan apotik atau manajemen apotik, silahkan hubungi https://wa.me/6281252982900. Kami siap membantu anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi