Jun 09

KIAT MENJADI TIM CUSTOMER SERVICE YANG PRODUKTIF

Apa hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan Anda? Mungkin kebanyakan anda sudah mengetahui jawabannya yaitu meningkatkan layanan pelanggan. Tidak peduli seberapa hebat produk Anda atau seberapa berbakat staf Anda, salah satu hal yang paling mungkin diingat pelanggan adalah interaksi langsung yang mereka miliki dengan perusahaan Anda. Intinya, tim customer service memiliki peran penting sebagai wajah perusahaan Anda, dan pengalaman pelanggan akan ditentukan oleh keterampilan dan kualitas dukungan yang mereka terima. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa kiat customer service untuk mengidentifikasi cara melayani pelanggan dengan lebih baik.

#1 Perkuat Keterampilan Layanan Pelanggan
Pertama, penting untuk memastikan bahwa tim customer service Anda memiliki keterampilan yang tepat untuk mengelola kebutuhan pelanggan Anda. berikut beberapa keterampilan yang bisa anda terapkan pada tim customer service anda.
• Empati, kesabaran, dan konsistensi. Tidak dipungkiri bahwa mungkin saja beberapa pelanggan akan marah. Orang lain akan penuh dengan pertanyaan. Dan yang lainnya hanya akan mengobrol. Anda harus tahu cara menangani semuanya dan memberikan tingkat layanan yang sama setiap saat.
• Kemampuan beradaptasi. Setiap pelanggan memiliki perbedaan masing-masing, dan beberapa bahkan mungkin tampak berubah dari minggu ke minggu. Anda harus dapat menangani kejutan, merasakan suasana hati pelanggan dan menyesuaikannya. Ini juga termasuk keinginan untuk belajar – menyediakan layanan pelanggan yang baik adalah proses pembelajaran yang berkelanjutan.
• Komunikasi yang jelas. Pastikan Anda menyampaikan kepada pelanggan apa yang Anda maksud. Gunakan bahasa positif yang otentik, tetap ceria, apa pun yang terjadi, dan jangan pernah mengakhiri percakapan tanpa memastikan pelanggan puas.
• Etos kerja. Pelanggan menghargai cs yang akan mengatasi masalah mereka hingga penyelesaiannya. Pada saat yang sama, Anda harus memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik dan tidak menghabiskan terlalu banyak waktu menangani satu pelanggan sementara yang lain sedang menunggu. Tetap fokus pada tujuan Anda untuk mencapai keseimbangan yang tepat.
• Pengetahuan. Pada akhirnya pelanggan Anda akan sangat mengandalkan Anda terkait pengetahuan mereka tentang produk Anda. Tetap terinformasi cukup untuk menjawab sebagian besar pertanyaan dan tahu ke mana harus berpaling jika pertanyaan menjadi terlalu rinci atau teknis bagi Anda untuk menjawab. Tetapi jangan takut untuk mengatakan “Saya juga tidak tahu”. Pelanggan akan menghargai kejujuran dan upaya Anda untuk menemukan jawaban yang tepat.

#2 Tingkatkan Interaksi Pelanggan
Jika staf Anda memiliki keahlian yang diperlukan, itu awal yang baik. Tetapi mereka masih harus berhubungan dengan pelanggan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan layanan pelanggan menyeluruh dan diterima dengan baik:
• Mintalah pada cs Anda untuk mencoba mengidentifikasi kesamaan, seperti minat bersama dengan orang yang mereka bantu. Memiliki titik pemahaman ini membuat konflik lebih mudah diatasi dengan memanusiakan hubungan, dan hal itu membuat pelanggan merasa nyaman dengan perwakilan Anda (dan akhirnya perusahaan Anda).
• Berlatihlah mendengarkan secara aktif sehingga pelanggan Anda merasa didengar. Klarifikasi dan ulangi apa yang dikatakan pelanggan untuk memastikan Anda memahaminya.
• Akui kesalahan Anda, bahkan jika Anda menemukannya sebelum pelanggan Anda melakukannya. Ini membangun kepercayaan dan mengembalikan kepercayaan. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengontrol situasi, memfokuskan kembali perhatian pelanggan dan menyelesaikan masalah.
• Tindak lanjut setelah masalah terpecahkan. Pastikan masalah tetap dan bahwa pelanggan Anda puas dengan layanan. Mengirim email, atau bahkan survei umpan balik adalah cara terbaik untuk memberi tahu pelanggan bahwa Anda masih berada di pihak mereka.

#3 Tingkatkan Strategi
Staf Anda mungkin memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda. Tetapi strategi organisasi apa yang dapat Anda terapkan untuk menyenangkan pelanggan? Berlatih layanan pelanggan proaktif dengan membuat pelanggan Anda senang sebelum mereka menemui Anda dengan masalah. Begini caranya:
• Bersikap pribadi. Pelanggan Anda ingin merasa seperti mereka memiliki akses ke orang sungguhan. Manfaatkan sepenuhnya media sosial (seperti Facebook, Twitter, dan Instagram) dan tulis tanggapan ketika pelanggan Anda memposting di halaman Anda. Posting foto dan bios di situs web Anda. Ini menunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda adalah orang-orang nyata yang bekerja atas nama mereka.
• Siap siaga. Bagian dari sentuhan pribadi adalah memastikan pelanggan Anda dapat menghubungi Anda. Misalnya, jika bisnis Anda sebagian besar online, bertemu secara pribadi sesekali dengan pelanggan lokal dan menawarkan panggilan video untuk mereka yang lebih jauh. Bekerja lebih awal dan terlambat saat dibutuhkan, terutama jika pelanggan Anda berada di zona waktu yang berbeda. Bahkan memberikan alamat fisik Anda kepada pelanggan membantu membangun kepercayaan mereka dan mengingatkan mereka bahwa perusahaan Anda juga ada di internet.
• Melayani pelanggan Anda. Pastikan Anda sepenuhnya memenuhi kebutuhan pelanggan Anda. Pertimbangkan menugaskan perwakilan untuk pelanggan tertentu sehingga mereka dapat membangun hubungan. Tawarkan perawatan VIP untuk pelanggan terbaik Anda agar mereka tahu bahwa mereka dihargai. Layanan khusus apa yang mungkin disukai pelanggan Anda? Buat kelompok fokus, wawancarai pelanggan, atau jalankan survei untuk mendapatkan ide.
• Buat komunitas. Pelanggan Anda akan merasa lebih dihargai jika Anda memperlakukan mereka sebagai anggota penting komunitas. Anda dapat menyatukan berbagai pelanggan dengan berbagai cara, termasuk webinar, situs web interaktif, media sosial, pameran dagang, dan konvensi.

Demikian beberapa kiat yang bisa Anda terapkan dalam tim cs anda agar bisa menjadi tim cs yang lebih baik dan produktif. Dan jika dari Anda memiliki pertanyaan terkait strategi cs atau ingin mengetahui lebih detail terkait kiat menjadi cs yang handal. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 081-8521172. Kami siap membantu anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi