Jun 13

KIAT MENULIS STUDI KELAYAKAN BISNIS DENGAN TEPAT

Jika Anda pikir telah menemukan ide bagus untuk meluncurkan sebuah produk baru, Misal produk makanan, dan menurut anda makanan ini enak dan setelah beberapa teman anda yang ikut merasakan pun juga merasa produk makanan anda ini enak, maka sudah saatnya anda berpikir untuk memasarkannya secara luas. Meski memang terbukti dengan testi positif dari beberapa teman anda, bukan berarti anda tidak perlu lagi melakukan riset untuk mengetahui apakah ide produk makanan anda ini benar-benar bisa laku dipasaran dan mampu mendatangkan profit. Nah, pada tahap ini anda perlu melakukan proses studi kelayakan bisnis. Apa itu? Mari kita bahas lebih.
Studi kelayakan bisnis adalah proses yang berguna untuk menguji kelayakan ide Anda. Ini membantu Anda untuk mengetahui apakah ide Anda mampu bersaing dipasar dan sukses atau malah sebaliknya yaitu gagal. Studi kelayakan juga dapat berfungsi sebagai dasar untuk membuat rencana bisnis kecil dan rencana pemasaran, yang keduanya juga perlu Anda teruskan. Selanjutnya bagaimana langkah-langkah untuk menulis studi kelayakan bisnis? Jika anda ingin tahu, ikuti artikel ini hingga akhir ya. Karena di artikel kali ini kami akan menyampaikan step-step bagaimana menulis studi kelayakan bisnis.

1. Melakukan Analisis Pendahuluan
Mulailah dengan menjabarkan rencana Anda. Anda harus fokus pada kebutuhan-kebutuhan atau niche yang masih belum banyak terlayani, pasar di mana permintaan lebih besar daripada penawaran, dan apakah produk atau layanan memiliki keunggulan yang berbeda. Hal ini akan menentukan seberapa berhasilnya produk atau layanan anda.

2. Menyiapkan Proyeksi Penghasilan
Langkah ini mengharuskan Anda untuk bekerja mundur. Mulailah dengan apa yang Anda harapkan dari pendapatan proyek dan kemudian investasi apa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan itu. Ini adalah dasar dari laporan laba rugi. Hal-hal yang harus dipertimbangkan di sini termasuk layanan apa yang diperlukan dan berapa biayanya, berbagai penyesuaian terhadap pendapatan, seperti penggantian, dll.

3. Melakukan Survei Pasar
Langkah ini adalah kunci keberhasilan studi kelayakan Anda, jadi lakukan dengan serius. Jika Anda tidak memiliki sumber daya untuk melakukan hal ini dengan benar, maka akan sangat menguntungkan bagi Anda untuk menyewa perusahaan luar dalam penunaian proses ini. Riset pasar akan memberi Anda gambaran paling jelas tentang pendapatan yang secara realistis dapat Anda harapkan dari proyek tersebut. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah pengaruh geografis di pasar, demografi, menganalisis pesaing, nilai pasar, dan seperti apa pangsa pasar Anda.

4. Rencanakan Organisasi dan Operasi Bisnis
Setelah dasar dari langkah-langkah sebelumnya telah Anda penuhi, maka saatnya Anda untuk mengatur organisasi dan operasi usaha bisnis yang direncanakan. Lakukan ini secara menyeluruh, termasuk biaya awal, investasi tetap dan biaya operasi. Biaya-biaya ini membahas hal-hal seperti peralatan, metode perdagangan, real estat, personel, ketersediaan pasokan, overhead, dll.

5. Siapkan Neraca Hari Pembukaan
Ini termasuk estimasi aset dan liabilitas, yang harus dilakukanseakurat mungkin. Untuk melakukan ini, buat daftar yang menyertakan item, sumber, biaya, dan pembiayaan yang tersedia. Kewajiban yang harus dipertimbangkan adalah hal-hal seperti penyewaan atau pembelian tanah, bangunan dan peralatan, pembiayaan untuk aset dan piutang.

6. Tinjau dan Analisis Semua Data
Semua langkah ini penting, tetapi tinjauan dan analisis sangat penting untuk memastikan bahwa semuanya sudah dilakukan dengan semestinya dan tidak ada yang perlu direvisi atau diubah lagi. Jadi, luangkan waktu sejenak untuk melihat-lihat pekerjaan Anda untuk terakhir kalinya. Periksa kembali langkah-langkah Anda sebelumnya, seperti laporan laba rugi, dan bandingkan dengan pengeluaran dan kewajiban Anda. Apakah masih realistis? Ini juga saatnya untuk memikirkan risiko, menganalisis dan mengelola, dan membuat rencana darurat apa pun.

7. Buat Keputusan
Anda sekarang berada di titik untuk membuat keputusan tentang apakah proyek tersebut layak atau tidak. Itu terdengar sederhana, tetapi semua langkah sebelumnya kita mengarah ke momen pengambilan keputusan ini. Beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat pilihan biner adalah apakah komitmen itu sepadan dengan waktu, tenaga dan uang dan apakah itu selaras dengan tujuan strategis organisasi dan aspirasi jangka panjang.

Nah, demikian beberapa langkah atau step yang bisa Anda praktikkan dalam memulai menulis stufi kelayakan bisnis untuk setiap ide bisnis Anda. Jika Anda masih bingung dan memiliki berbagai pertanyaan yang perlu anda temukan jawabannya dengan segera. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@hmail.com, atau bisa juga langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 atau telphon ke 081-8521172. Kami siap membantu anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi